Comscore Tracker

Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023

Tsunoda akan menjalani musim ketiga bersama AlphaTauri

Kepastian masa depan Yuki Tsunoda di Formula 1 musim depan akhirnya terjawab. Pembalap asal Jepang itu masih akan berada di skuad AlphaTauri dan bakal melakoni musim ketiga tahun depan.

Lantas, seperti apa tanggapan Yuki Tsunoda perihal perpanjangan kontrak yang baru saja diteken untuk musim depan? Apa saja pencapaian yang sudah didapat Tsunoda selama dua musim bersama AlphaTauri?

1. Tsunoda mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan

Setelah resmi tetap memperkuat AlphaTauri musim depan, Yuki Tsunoda mengucapkan terima kasih kepada timnya dan Red Bull atas kesempatan yang diberikan. Ia mengaku akan tetap berusaha memberikan performa terbaik dalam beberapa balapan yang tersisa pada musim 2022 ini.

"Aku sangat berterima kasih kepada Red Bull, Honda, dan Scuderia AlphaTauri untuk terus memberikanku kesempatan membalap di Formula 1. Setelah pindah ke Italia tahun lalu agar lebih dekat dengan tim, aku benar-benar merasa menjadi bagian dari tim.

Aku senang bisa membalap dengan mereka pada musim 2023. Tentu saja, musim 2022 belum berakhir dan kami masih bekerja keras di papan tengah. Jadi, aku sangat fokus untuk menuntaskannya. Kemudian, kami akan menantikan musim depan," kata Tsunoda dilansir Formula 1.

2. Franz Tost sambut gembira perpanjangan kontrak Tsunoda bersama AlphaTauri

Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda (formula1.com)

Franz Tost selaku kepala tim AlphaTauri menyambut gembira perpanjangan kontrak Tsunoda. Menurutnya, Tsunoda adalah pembalap yang sangat bertalenta dan telah mengalami banyak peningkatan pada musim ini. Tost pun berharap Tsunoda bisa memberikan penampilan terbaik dalam enam balapan pada penghujung musim 2022. 

"Seperti yang kami lihat sejak bergabung tahun lalu, Tsunoda adalah pembalap yang sangat berbakat dan telah berkembang banyak musim ini. Kecepatan yang dia tunjukkan baru-baru ini adalah bukti nyata dari kurva pembelajaran yang membuktikan bahwa dia layak untuk kursi di Formula 1.

Aku masih mengharapkan hasil yang kuat darinya dalam enam balapan terakhir musim 2022. Seperti yang selalu aku katakan, seorang pembalap butuh setidaknya tiga tahun untuk benar-benar mendapat daya cengkeram di Formula 1. Jadi, aku senang dia diberi waktu untuk menunjukkan potensi penuhnya," jelas Tost.

Baca Juga: Helmut Marko Nilai Tak Ada Opsi Lain untuk Gasly selain AlphaTauri

3. Franz Tost beri apresiasi kepada Helmut Marko terkait program pembalap muda Red Bull

Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023Franz Tost dan Yuki Tsunoda (formula1.com)

Selain itu, Tost juga memberi apresiasi kepada Helmut Marko selaku penasihat Red Bull Motorsport. Program pembalap muda yang dijalankan oleh Red Bull menjadi pembuka jalan bagi AlphaTauri memboyong pembalap muda bertalenta seperti Yuki Tsunoda untuk bisa berkiprah di ajang Formula 1.

"Ini adalah bukti Helmut Marko dan program pembalapnya bahwa kami dapat membawa talenta muda untuk naik dari kelas junior dan mengembangkannya. Aku ingin bergabung dengan Tsunoda untuk mengucapkan terima kasih kepada Red Bull dan Alpha Tauri serta Honda untuk dukungan berkelanjutan dan mengizinkannya bertahan bersama kami," ucap Tost.

4. Masih belum jelas siapa yang bakal jadi rekan setim Tsunoda musim depan

Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda (formula1.com)

Hingga saat ini masih belum jelas siapa yang akan bertandem dengan Yuki Tsunoda musim depan. Sejatinya, Pierre Gasly masih punya kontrak dengan AlphaTauri hingga musim depan.

Sebelumnya, Red Bull berencana memboyong pembalap IndyCar, yaitu Colton Herta, untuk mengisi kursi di AlphaTauri. Akan tetapi, upaya itu gagal karena Colton Herta terganjal masalah superlicence. Red Bull sempat bernegosiasi dengan FIA dan Formula 1 terkait hal tersebut, tapi usaha itu tak menemui hasil yang baik.

5. Pencapaian Tsunoda selama dua musim memperkuat AlphaTauri

Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda (formula1.com)

Berdasarkan data StatsF1, Tsunoda tercatat sudah melakoni 36 start balapan hingga GP Italia pada 11 September 2022 lalu. Adapun posisi finis terbaik yang berhasil dibukukan pembalap berusia 22 tahun itu adalah posisi keempat pada GP Abu Dhabi 2021.

Saat ini, Tsunoda menduduki posisi ke-16 lewat perolehan 11 poin. Pada musim sebelumnya, Tsunoda bertengger di peringkat ke-14 setelah mengumpulkan 32 poin. Akan finis di posisi mana Tsunoda pada akhir musim 2022? Menarik untuk dinantika bersama-sama!

Baca Juga: Tsunoda Ungkap Alasan Kurang Tampil Maksimal pada Musim Debut di F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya