Zhou Guanyu Senang Bisa Persembahkan Poin untuk Para Penggemarnya

Zhou mampu finis di posisi ke-8 pada GP Kanada

Zhou Guanyu kembali finis zona poin pada GP Kanada 2022 akhir pekan lalu. Pembalap Alfa Romeo itu mampu menuntaskan balapan dengan finis di posisi ke-9. Akan tetapi, hasil finisnya naik ke posisi ke-8 lantaran Alonso yang dikenai penalti 5 detik.

Zhou menyambut gembira keberhasilannya mendulang poin di Formula 1 musim ini. Ia pun mendedikasikan kesukesan tersebut untuk para penggemarnya, khusunya yang berasal dari negaranya sendiri, China.

1. Zhou Guanyu berhasil masuk Q3 untuk pertama kali, amankan posisi start ke-10

Zhou Guanyu Senang Bisa Persembahkan Poin untuk Para PenggemarnyaZhou Guanyu pada GP Kanada 2022 (twitter.com/OsOfficialF1)

Zhou Guanyu memulai akhir pekan GP Kanada dengan hasil bagus. Pembalap bernomor mobil 24 itu mampu lolos ke Q3 untuk pertama kalinya pada tahun debutnya di Formula 1. Zhou berhasil mengamankan posisi start ke-10 usai mencatatkan waktu 1 menit 24,030 detik.

Bahkan, Zhou berhasil meraih posisi start di depan Valtteri Bottas yang notabene senior sekaligus rekan setimnya di Alfa Romeo. Ini menjadi dua kali beruntun Bottas memulai balapan di belakang Zhou setelah sebelumnya terjadi pada GP Azerbaijan.

2. Finis di posisi ke-9, tetapi hasilnya direvisi menjadi naik satu posisi

Zhou Guanyu Senang Bisa Persembahkan Poin untuk Para PenggemarnyaZhou Guanyu pada balapan GP Kanada 2022 (twitter.com/alfaromeoorlen)

Hasil apik saat sesi kualifikasi rupanya berlanjut pada balapan yang berlangsung Senin (20/6/2022) dini hari WIB. Meski finis di belakang Bottas, Zhou berhasil menyelesaikan balapan sepanjang tujuh puluh lap tersebut di posisi ke-9.

Nasib baik Zhou tak berhenti sampai di situ. Hasil balapnya mengalami revisi dan ia dinyatakan finis ke-8 karena Alonso dapat penalti akibat melakukan manuver lebih dari satu gaya saat berusaha mempertahankan posisi dari kejaran pembalap lain.

Alhasil, Zhou berhak membawa pulang empat poin dari Circuit Gilles-Villeneuve. Posisinya di klasemen sementara pun naik menjadi peringkat ke-16 dengan lima poin. Sebelumnya, Zhou mendulang sebiji poin pada balapan pembuka di Bahrain.

Baca Juga: Puja-puji Alfa Romeo untuk Performa Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu

3. Senang finis zona poin setelah 3 kali gagal finis dalam 5 balapan terakhir

Zhou Guanyu Senang Bisa Persembahkan Poin untuk Para Penggemarnyapembalap Alfa Romeo Zhou Guanyu (twitter.com/aciortv)

Menuntaskan balapan tanpa masalah ditambah kembali masuk zona poin pastinya membuat Zhou Guanyu semringah. Pasalnya, dari 5 balapan terakhir, Zhou 3 kali gagal finis lantaran sejumlah masalah yang terjadi pada mobil C42 yang dikemudikannya.

"Saya merasa bahwa hal ini adalah sesuatu yang hilang selama beberapa balapan terakhir dan kami akhirnya bisa finis di zona poin. Jadi, menurutku tim telah melakukan segalanya dengan benar baik di trek maupun saat pit stop," kata Zhou dilansir Racing News 365.

4. Zhou Guanyu sempat kesulitan menyalip Stroll selama beberapa lap

Zhou Guanyu Senang Bisa Persembahkan Poin untuk Para PenggemarnyaZhou Guanyu pada GP Kanada 2022 (twitter.com/TilkeTracks)

Zhou Guanyu menceritakan salah satu momen pada balapan GP Kanada yang menyebabkan dirinya merasa sedikit kesal. Itu karena ia sempat kesulitan menyalip Lance Stroll untuk berebut posisi yang lebih baik.

"Balapannya sangat bagus, tetapi satu-satunya bagian yang sedikit frustrasi adalah ketika di belakang Stroll. Tidak mungkin untuk menyalip, jadi kami tertahan di sana selama beberapa waktu.

Akan tetapi, kami semua senang dengan akhir pekan di sini dan kami bisa menjaga fokus. Ini tempat yang bagus," jelas Zhou.

5. Persembahkan poin yang didapat untuk para penggemar yang telah mendukungnya

Kesuksesan finis di zona poin Zhou Guanyu persembahkan untuk para pendukungnya, khususnya yang berasal dari China. Ia merasa senang bisa memberikan hasil terbaik kepada penggemar yang tanpa henti menyemangatinya pada tiap pekan balap.

"Tiap pekan balap adalah momen spesial, terutama saat berada di Montreal. Kami melihat banyak bendera China di grandstand dan suporter di seluruh dunia.

Jadi, aku sangat senang bahwa aku akhirnya bisa memberi mereka beberapa poin. Aku merasa semua orang di tempat asalku akan merasa cukup bangga juga," pungkas Zhou dikutip F1i.

Formula 1 akan kembali mengaspal pada 2 pekan mendatang. Sirkuit Silverstone, Inggris, akan menjadi tuan rumah seri ke-10 gelaran Formula 1 2022 pada 1—3 Juli mendatang. Bisakah tren positif Zhou Guanyu berlanjut di Inggris?

Baca Juga: Zhou Guanyu Tak Menyangka Raih Poin Perdana pada Debut di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya