Zhou Guanyu Tak Menyangka Raih Poin Perdana pada Debut di Formula 1

Zhou Guanyu mampu finis di posisi 10 besar GP Bahrain

Zhou Guanyu baru menapakkan kakinya pada ajang Formula 1 pada musim ini dengan bergabung bersama Alfa Romeo. Namun, pembalap asal Tiongkok itu mampu membuat torehan apik pada GP Bahrain.

Zhou sukses tembus 10 besar pada balapan yang berlangsung Minggu (20/3/2022) malam WIB. Ia pun tak menyangka bisa meraup hasil tersebut pada balapan pertamanya pada ajang Formula 1.

1. Zhou menjadi pembalap ke-66 dalam Formula 1 yang cetak sebuah poin saat debut

Zhou Guanyu Tak Menyangka Raih Poin Perdana pada Debut di Formula 1Zhou Guanyu pada GP Bahrain (twitter.com/alfaromeoorlen)

Zhou Guanyu tercatat sebagai pembalap ke-66 dalam sejarah Formula 1 yang berhasil meraih sebuah poin pada debutnya. Tentu, hal ini membuatnya tak bisa berkata-kata sebab dirinya berhasil melakukannya pada balapan yang berjalan ketat.

“Sangat luar biasa. Aku tak bisa berkata-kata. Itu sebuah balapan yang emosional, sangat intens secara fisik dan mental. Mencetak poin pertama pada debut adalah sesuatu yang aku hanya bisa mimpikan satu tahun lalu atau dua minggu sebelumnya,” kata Zhou dilansir Sup China.

2. Berterima kasih kepada Alfa Romeo dan Valtteri Bottas atas pencapaian pada GP Bahrain

Hasil apik pada GP Bahrain tak akan pernah dilupakan oleh pembalap bernomor mobil 24 tersebut. Ia pun berterima kasih kepada Alfa Romeo dan Valtteri Bottas yang notabene rekan setimnya saat ini.

“Semuanya datang sangat cepat. Aku sangat senang, sangat bangga terhadap tim dan rekan setimku (Bottas). Kami bekerja sangat keras bersama untuk memaksimalkan mobil dan hadir pencapaian besar kepada kita. Sebuah hari yang aku tidak akan pernah lupakan,” tutur Zhou.

Baca Juga: Guanyu Zhou Pilih Nomor Mobil 24 untuk Mengenang Kobe Bryant

3. Start dari posisi ke-15, Zhou Guanyu mampu finis di posisi 10 besar

Zhou Guanyu Tak Menyangka Raih Poin Perdana pada Debut di Formula 1Zhou Guanyu pada GP Bahrain (twitter.com/OsOfficialF1)

Pekan balap Zhou Guanyu pada GP Bahrain dimulai dengan cukup baik. Zhou mampu lolos ke sesi kualifikasi kedua (Q2) dan menempati posisi start ke-15. Sementara itu, Bottas menempati urutan start keenam.

Meski sempat mengalami masalah pada tikungan 1, Zhou menunjukkan kemampuannya untuk bertarung memperebutkan posisi 10 besar. Ia mampu menyalip beberapa pembalap dan sukses menuntaskan balapan perdananya di peringkat ke-10.

4. Zhou tak tahu dari mana muncul kepercayaan diri yang mendorongnya tampil apik

Zhou Guanyu Tak Menyangka Raih Poin Perdana pada Debut di Formula 1Zhou Guanyu pada GP Bahrain (twitter.com/alfa_romeo)

Mengenai kepercayaan diri yang muncul dan mendorongnya untuk tampil maksimal, Zhou mengaku tak tahu datangnya dari mana. Namun, dirinya menegaskan bahwa dirinya berupaya semaksimal mungkin finis di zona poin.

“Aku tak tahu bagaimana itu bisa muncul. Aku pikir itu adalah hasrat bahwa aku ingin finis di zona poin. Jadi, itu sangat berarti sebab semua ini terjadi saat aku diumumkan berada di Formula 1. 

Kemudian, ada banyak pembicaraan dan aku selalu bilang bahwa aku pantas berada di sini. Hari ini (Minggu) aku pikir aku menunjukkan segalanya dan itu sangat melegakan,” papar Zhou dikutip PlanetF1.

5. Alfa Romeo bertengger di posisi keempat, tertinggal 1 poin dari Haas

Zhou Guanyu Tak Menyangka Raih Poin Perdana pada Debut di Formula 1klasemen konstruktor usai GP Bahrain 2022 (twitter.com/F1)

Sumbangsih satu poin yang diperoleh Zhou dan 8 poin dari Bottas yang finis keenam membuat Alfa Romeo untuk sementara berada di posisi ke-4 klasemen konstruktor dengan perolehan 9 poin. Mereka terpaut 1 poin dari Haas yang berada di posisi ketiga.

 

Alfa Romeo dan Zhou Guanyu tak bisa berlama-lama larut dalam euforia. Sebab, GP Arab Saudi sudah menanti mereka akhir pekan ini pada 25-27 Maret 2022 mendatang. Mampukah Zhou tampil apik pada seri kedua Formula 1 2022?

Baca Juga: 10 Potret Guanyu Zhou, Pembalap asal China Pertama di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya