Preview MotoGP GP Valencia : Seremoni Penutup Musim Spektakuler

Perebutan posisi ketiga klasemen masih terbuka

Tujuh belas seri telah dilalui para pebalap MotoGP musim ini. Sepanjang itu pula banyak momen luar biasa terjadi dan menghasilkan tiga raja di setiap kelasnya. Marc Marquez kembali menambah koleksi juaranya di kelas MotoGP dengan total lima gelar. Ini menjadi gelar juara ketiga beruntun setelah sebelumnya disabet pada 2016 dan 2017 lalu.

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin menggenapi perjalanan musim ini menyusul kesuksesan mereka merengkuh gelar juara dunia di masing-masing kelas. Bagnaia merebut gelar di Moto2 sementara Jorge Martin berjaya di Moto3. Keduanya sama-sama mengunci mahkota di Sepang dua pekan lalu.

Kini, seri pamungkas di Valencia akan berlangsung mulai Jum'at (16/11). Sirkuit Ricardo Tormo akan jadi panggung seremoni untuk musim yang begitu spektakuler. Tapi, sebelum menyaksikan keseruan di atas lintasan ada baiknya kamu menyimak apa saja yang bakal terjadi di Valencia berikut ini.

1. Balapan terakhir Dani Pedrosa: Kesempatan menang di publik sendiri

Preview MotoGP GP Valencia : Seremoni Penutup Musim Spektakulermotogp.com

Musim ini jadi kali terakhir bagi Dani Pedrosa mentas di MotoGP. Kiprahnya selama 18 tahun di pentas balap motor bisa dibilang cukup mentereng. Tiga gelar juara dengan masing-masing dua di kelas 250cc dan satu di 125 cc jadi pembuktian bahwa sosoknya pantas masuk dalam jajaran legenda MotoGP. Meski begitu, Dani Pedrosa belum sekalipun mencecap gelar juara di kelas utama. Hasil terbaiknya ialah mengakhiri musim di posisi runner-up tiga kali (2007, 2010 dan 2012).

Walau tak dapat menjadi nomor satu di musim ini setidaknya ada harapan bagi pebalap berjuluk The Baby Samurai itu menyudahi musim dengan raihan baik. Itu bisa terjadi andai Pedrosa mampu meraih sukses menang di Valencia seperti musim lalu. Peluangnya untuk menang di publik sendiri terbuka lebar. Rekor empat kemenangan di sirkuit Ricardo Tormo ditambah performa apik di Sepang dua pekan lalu membuka jalan baginya menutup karir balap dengan senyum lebar. 

2. Keran poin Marquez berpeluang mengucur di seri terakhir

Preview MotoGP GP Valencia : Seremoni Penutup Musim Spektakulermotogp.com

Memastikan gelar juara di Motegi tak menghentikan langkah Marc Marquez mendulang lebih banyak kemenangan di sisa balap musim ini. Sepang jadi saksi betapa kuat ambisi Marquez melahap semua seri tersisa dengan finis posisi pertama meski gagal menuntaskan balapan di Phillip Island. Valencia kini jadi giliran selanjutnya bagi pebalap bernomor motor 93 itu untuk bercokol di posisi pertama.

Jika berhasil menaklukan seri terakhir maka poinnya di klasemen menjadi 346 poin. Itu akan menjadi raihan poin terbesar keduanya ketika juara MotoGP setelah sebelumnya didapat pada musim 2014. Rasanya bukan hal mustahil bagi Marquez mengkahiri musim dengan poin penuh. Penampilan yang konsisten ditunjang dengan performa apik RC213V sepanjang tahun 2018 ini jadi modal baginya membuka keran poin hingga seri akhir. 

Baca Juga: Rossi Terjatuh, Marc Marquez Lanjutkan Tren Menang di Sepang

3. Duel duo Yamaha demi posisi ketiga klasemen pebalap

Preview MotoGP GP Valencia : Seremoni Penutup Musim Spektakulermotogp.com

Tahun ini dewi fortuna tak berpihak bagi Yamaha. Digadang-gadang akan bersaing ketat dengan Honda dan Ducati, tim berlogo garpu tala ini ternyata tak mampu berbicara banyak di musim ini. Meski begitu, duo pebalapnya di tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales masih berpeluang menutup musim dengan finis tiga besar. 

Jarak dua poin antara Rossi dan Vinales membuat peluang satu dari keduanya bisa finis peringkat ketiga di klasemen pebalap terbuka luas. Keduanya punya kans yang sama meski peluang ada di tangan Rossi karena unggul poin. Namun, bukan berarti Vinales tak ada kans. Performa cukup konsisten di empat balapan terakhir dengan sekali menang di Phillips Island jadi nilai lebih baginya. 

Apalagi, statistik mencatat Vinales sudah naik podium tujuh kali, dua kali lebih banyak dari Rossi. Tak salah jika peluangnya masih besar untuk finis di depan Rossi dan merebut posisi ketiga klasemen dari seniornya di Yamaha itu. Patut dinanti siapa yang akan keluar sebagai 'pemenang' dalam perebutan posisi ketiga di antara duo Yamaha pekan ini. 

4. Jangan lupakan persaingan Rookie of The Year dan Independent Rider

Preview MotoGP GP Valencia : Seremoni Penutup Musim Spektakulermotogp.com

Jika musim ini sudah 'habis' sejak Marquez mengunci gelar juara di Motegi maka hal tersebut bukanlah sepenuhnya benar. Buktinya, keseruan demi keseruan masih dipertontonkan para pebalap di atas sirkuit. Terlebih, masih ada persaingan yang melibatkan beberapa pebalap untuk mendapat gelar Independent Rider dan juga Rookie of The Year.

Di kategori Independent Rider tiga pebalap saling bersaing ketat untuk gelar ini. Johann Zarco (Tech 3 Yamaha) saat ini memimpin dengan perolehan 149 poin. Pebalap asal Prancis itu hanya berjarak satu poin dengan Cal Cruthlow (LCR Honda) dan lima poin dari Danilo Petrucci (Pramac Ducati). 

Sementara itu, gelar Rookie of The Year masih diperebutkan oleh Franco Morbidelli (EG 0,0 MarcVDS) yang unggul 10 poin dari Hafizh Syahrin (Tech 3 Yamaha). Segalanya masih mungkin terjadi di seri terakhir. Jadi, layak bagi kamu untuk menyaksikan balapan di Valencia ini hingga tuntas.

5. Jadwal Raceweek MotoGP seri Valencia

Preview MotoGP GP Valencia : Seremoni Penutup Musim Spektakulermotogp.com

Pekan terakhir MotoGP musim ini di Valencia jadi satu hiburan akhir pekan yang tak boleh kamu lewatkan. Untuk itu IDN Times telah rangkum jadwal lengkapnya berikut ini. 

Jumat. 16 November 2018

- 15.00 – 15.40 WIB : Moto3 Free Practice 1

- 15.55 – 16.40 WIB : MotoGP Free Practice 1

- 16.55 – 17.40 WIB : Moto2 Free Practice 1

 

- 19.10 – 19.40 WIB : Moto3 Free Practice 2

- 20.05 – 20.50 WIB : MotoGP Free Practice 2

- 21.05 – 21.50 WIB : Moto2 Free Practice 2

 

Sabtu. 17 November 2018

- 15.00 – 15.40 WIB : Moto3 Free Practice 3

- 15.55 – 16.40 WIB : MotoGP Free Practice 3

- 16.55 – 17.40 WIB : Moto2 Free Practice 3


 

- 18.35 – 19.15 WIB : Moto3 Qualifying

- 19.30 – 20.00 WIB : MotoGP Free Practice 4

- 20.10 – 20.25 WIB : MotoGP Qualifying 1

- 20.35 – 20.50 WIB : MotoGP Qualifying 2

- 21.05 – 21.50 WIB : Moto2 Qualifying

 

Minggu, 18 November 2018

- 17.00 WIB : Moto3 Race

- 18.20 WIB : Moto2 Race

- 20.00 WIB : MotoGP Race


 

Baca Juga: Sirkuit MotoGP Bakal Dibangun di Mandalika, Berikut Spesifikasinya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya