14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020

Prestasi mereka patut dibanggakan dunia #Tokyo2020

Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 baru saja usai, namun ada banyak peristiwa hebat yang tak bisa dilupakan begitu saja, di antaranya berbagai rekor dunia yang dipecahkan para atlet sepanjang Olimpiade Tokyo 2020.

Selama periode perhelatan acara olahraga terbesar di dunia tersebut, ada banyak atlet mampu memecahkan rekor dunia yang sebelumnya tercipta. Bahkan, di antaranya memecahkan rekornya sendiri. Dilansir Insider, ini 14 rekor dunia yang dicetak selama Olimpiade Tokyo 2020 yang perlu kamu tahu!

1. Yulimar Rojar dari Venezuela mencetak rekor baru lompat jauh putri

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Yulimar Rojar, atlet dari Venezuela cetak rekor baru lompat jauh putri (instagram.com/olympics)

Pada 1 Agustus lalu, Rojas mencetak rekor baru dalam nomor lompat jauh putri, yakni 15,67 meter. Ia memecahkan rekor lama yang sebelumnya dibuat oleh Inessa Kravets dari Ukraina, yakni 15,50 meter pada tahun 1995.

2. Karsten Warholm dari Norwegia pecahkan rekor dunianya sendiri dalam lari gawang 400 meter

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Karsten Warholm, Atlet dari Norwegia dalam lari gawang 400 meter (instagram.com/sportblog1997)

Atlet lari gawang asal Norwegia, Karsten Warholm, berhasil mengalahkan rekornya sendiri dalam perlombaan lari gawang 400 meter dalam waktu lebih cepat yakni 45,94 detik dari sebelumnya 46,70 detik.

3. Tiga rekor dunia dicetak dalam balap sepeda trek beregu putri

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Franziska Brausse, Lisa Brennauer, Lisa Klein, dan Mieke Kroger atlet dari Jerman (instagram.com/franzibrausse)

Pada 3 Agustus lalu, Jerman dan Inggris saling bertarung dalam balap sepeda trek beregu putri di dalam kualifikasi dan putaran pertama. Masing-masing dari mereka mengalahkan rekor dunia sampai akhirnya Jerman meraih medali emas dengan waktu 4 menit 4 detik.

4. Atlet balap sepeda sprint beregu putri asal Tiongkok memecahkan rekor dunia

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Atlet balap sepeda sprint beregu putri asal China, Zhong Tianshi dan Bao Shanju (instagram.com/zgdjshq)

Atlet balap sepeda sprint beregu putri asal Tiongkok, Zhong Tianshi dan Bao Shanju, berhasil mengalahkan Jerman dengan catatan waktu 0,085 detik dan berhasil membawa pulang emas.

Baca Juga: Ternyata Ini Beda Ban Motor Harian dan Balap, Sudah Tahu? 

5. Tim Italia memecahkan rekor dunia baru dalam balap sepeda sprint beregu putra

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Tim Atlet balap sepeda sprint beregu putra dari Italia sukses pecahkan rekor dunia baru (instagram.com/christian.puggioni)

Atlet balap sepeda sprint beregu putra dari Italia sukses memecahkan rekor dunia baru dalam nomor tersebut dalam mencatat waktu 3 menit 42 detik dalam kualifikasi.

6. Tatjana Schoenmaker dari Afrika Selatan memecahkan rekor renang individu pertama gaya dada 200 meter putri

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Tatjana Schoenmaker, atlet dari Afrika Selatan pecahkan rekor renang individu pertama gaya dada (instagram.com/mylocalheroesbk)

Schoenmaker mampu memecahkan rekor renang individu putri gaya dada 200 meter dengan waktu 2 menit 18 detik yang sebelumnya dipegang Rikke Moller Pedesen dari Denmark pada tahun 2013.

7. Atlet renang putra asal Amerika Serikat memecahkan rekor dunianya sendiri di final gaya kupu-kupu 100 meter putra

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Atlet renang asal Amerika Serikat, Caeleb Dressel meraih medali emas (instagram.com/olympianses)

Atlet renang asal Amerika Serikat, Caeleb Dressel, meraih medali emas dan memecahkan rekornya sendiri dengan catatan waktu 49,45 detik dalam final gaya kupu-kupu 100 meter.

8. Tim Amerika Serikat pertahankan rekor dunia renang estafet 100 meter beregu putra

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Atlet tim dari Amerika Serikat (instagram.com/lockeroomdebates)

Atlet tim dari Amerika Serikat tetap pertahankan rekor sempurna renang gaya estafet beregu 4 x 100 meter putra.

Baca Juga: Tatjana Schoenmaker Catat Rekor Dunia Renang di Olimpiade Tokyo 2020

9. Atlet renang estafet 100 meter beregu putri asal Australia mencetak rekor dunia baru

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Emma Mckeon, Meg Harris, dan Bronte dan Cate Campbell bersaudara, atlet renang estafet beregu putri asal Austalia(instagram.com/harriismeg)

Emma Mckeon, Meg Harris, dan Bronte, dan Cate Campbell bersaudara, atlet renang estafet beregu putri asal Austalia, berhasil lebih cepat 0,36 detik dari rekor dunia sebelumnya. Mereka berhasil menjadi atlet pemegang rekor baru, yakni 3 menit 29 detik dalam nomor cabang tersebut.

10. Atlet asal Tiongkok mencetak rekor dunia baru dalam renang estafet 200 meter beregu putri

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Tim atlet renang estafet 200 meter beregu putri, Junxuan Yang, Muhan Tang, Yufei Zhang, dan Bingjie Li (instagram.com/_wearechina_)

Tim atlet renang estafet 200 meter beregu putri, Junxuan Yang, Muhan Tang, Yufei Zhang, dan Bingjie Li berhasil mencetak rekor baru dengan waktu 7 menit 40 detik, mengalahkan Amerika Serikat dan Australia.

11. Shi Zhiyong, atlet asal Tiongkok, memecahkan rekor dunianya sendiri dalam cabang angkat besi 73 kg

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Shi Zhiyong, atlet angkat besi asal China (instagram.com/olympianses)

Zhiyong berhasil memecahkan rekor dunianya sendiri, yakni 1 kilogram lebih berat daripada sebelumnya. Total ia sudah mengangkat 364 kilogram dalam pertandingan tersebut.

12. Lasha Talakhadze dari Georgia mencetak rekor dunia baru dalam cabang angkat besi Olimpiade

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Lasha Talakhadze, atlet angkat besi asal Georgia pecahkan rekor dunia (instagram.com/georgianembassy)

Atlet angkat besi 109 kilogram asal Georgia, Lasha Talakhadze, berhasil mengangkat 488 kilogram dalam pertandingan tersebut dan membuatnya mencetak rekor dunia baru.

13. Atlet lari gawang 400 putri asal Amerika Serikat kalahkan rekor dunianya sendiri

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Atlet lari gawang 400 meter putri asal Amerika Serikat, Sydney McLaughlin (instagram.com/sydneymclaughlin16)

Dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020, atlet lari gawang 400 meter putri asal Amerika Serikat, Sydney McLaughlin, berhasil mengalahkan rekor dunianya sendiri yang sebelumnya, yakni 51,90 detik dalam kualifikasi Olimpiade di AS dan mencetak rekor terbaru dengan waktu 51,46 detik.

14. Aleksandra Miroslaw asal Polandia memecahkan rekor dunia panjat tebing putri

14 Rekor Dunia yang Dipecahkan Para Atlet di Olimpiade Tokyo 2020Aleksandra Miroslaw asal Polandia pecahkan rekor dunia panjat tebing putri (instagram.com/skoczkowietvpl)

Miroslaw memecahkan rekor panjat tebing setinggi 15 meter dalam waktu 6,84 detik, 0,12 detik lebih cepat dari rekor sebelumnya.

 

Nah, itulah rekor-rekor dunia baru yang telah dicetak oleh para atlet hebat dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Meski Indonesia belum termasuk di dalamnya saat ini, semoga di masa depan kita menjadi salah satu di antara mereka.

Baca Juga: Karsten Warholm Pecahkan Rekor Dunia Lari Gawang 400 Meter

Dian Rosalina Photo Writer Dian Rosalina

Trying to be creative again. Follow my IG @rozelinne

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya