Comscore Tracker

Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Alibaba Luncurkan Galeri Seni Digital

Memamerkan karya seniman terkemuka Jepang

Jakarta, IDN Times – Sebagai mitra global resmi Olimpiade Tokyo 2020, Alibaba Group meluncurkan galeri seni digital, yakni Alibaba Cloud Gallery, di Bandara Narita, Jepang. Pembukaan galeri ini bertujuan untuk memberikan kesan pertama yang mendalam bagi pengunjung saat pertama kali tiba di Tokyo.  

Berkolaborasi dengan Bandara Narita dan sejumlah seniman Jepang, Alibaba Cloud Gallery akan memamerkan kreasi seni di layar-layar digital pada jalur pejalan kaki Terminal 1 dan 2, area kedatangan Bandara Internasional Narita, mulai bulan Maret 2020 hingga akhir Maret 2021.

“Alibaba Cloud Gallery di Bandara Narita yang terdiri dari karya seni digital yang dihadirkan sejumlah seniman terkemuka Jepang, adalah inisiatif pertama dari berbagai upaya kami untuk meningkatkan pengalaman para penonton dari seluruh dunia yang datang untuk menyaksikan Olimpiade Tokyo,” ujar Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

1. Menghadirkan karya seniman terkemuka Jepang

Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Alibaba Luncurkan Galeri Seni DigitalIDN Times / Dok. Istimewa

Di Alibaba Cloud Gallery, para pengunjung dapat melihat beragam karya kreatif yang merupakan perpaduan antara seni, budaya dan sejarah Jepang, dengan olah raga dan teknologi komputasi awan.

Bagi para seniman di Jepang sendiri, galeri ini merupakan platform untuk menunjukkan kreativitas, passion tentang kearifan lokal, dan ekspresi diri, melalui karya seni digital. Beberapa seniman Jepang yang turut berpartisipasi dalam galeri ini ialah Noriko Kinouchi dan Shoichi Okumura.

Baca Juga: Alibaba Cloud Sabet Sertifikasi Penyedia Cloud Publik Pertama di Dunia

2. Noriko Kinouchi dan Shoichi Okumura turut andil dalam Alibaba Cloud Gallery

Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Alibaba Luncurkan Galeri Seni DigitalIDN Times / Dok. Istimewa

Noriko Kinouchi dengan ciri khas menggunakan teknik-teknik cetak tradisional ala Jepang akan memamerkan karyanya, yakni The Sound of The Ocean dan Butterflies di Alibaba Cloud Gallery. Sementara Shoichi Okumura yang terkenal dengan karya seni lukisan di atas batu khas Jepang akan memamerkan karyanya yang berjudul "Sailing Across the Sea".

3. Logo baru Alibaba Group

Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Alibaba Luncurkan Galeri Seni DigitalIDN Times / Dok. Istimewa

Sebelumnya, Alibaba Group juga telah meluncurkan logo baru kemitraannya dengan IOC. Logo ini sejalan dengan fokus Alibaba untuk menggunakan teknologi dalam mendukung generasi muda dan menjadikan Olimpiade lebih relevan dan menarik bagi generasi baru.

Tahun 2020 menjadi tahun ketiga kemitraan Alibaba Group di ajang olahraga terbesar ini. Sebelumnya, Alibaba mengumumkan dukungan teknologi komputasi awan untuk sebuah proyek dari Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 yang memadukan suara, teknologi dan media sosial untuk memungkinkan para fans di dunia mendukung para tim dan atlet favoritnya.

Baca Juga: Atlet Olimpiade 2020 akan Tidur di Atas Kardus

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya