Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol setelah Pecundangi Shakhtar di UCL

Tim debutan yang tampil mengejutkan!

Sheriff Tiraspol berhasil membuat kejutan di pekan pertama babak penyisihan grup Liga Champions Eropa musim ini. Klub yang menjadi wakil Moldova tersebut sukses mempecundangi Shakhtar Donetsk dengan skor 2-0 lewat gol Adama Traore dan Momo Yasane, yang membuat mereka bercokol di puncak klasemen sementara Grup D, unggul selisih gol dari Real Madrid.

Selain menjadi kemenangan pertama bagi The Yellow-Black di Liga Champions Eropa, ada beberapa fakta serta catatan menarik dari setelah laga tersebut. Apa saja fakta yang dimaksud? Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Tak terkalahkan dalam 9 pertandingan terakhir di kompetisi Eropa

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol setelah Pecundangi Shakhtar di UCLpotret Sheriff Tiraspol (twitter.com/realfutebolnews)

Bukan jalan yang mudah bagi Sheriff Tiraspol untuk sampai ke fase grup Liga Champions. Juara 19 kali liga Moldova itu harus melewati berbagai hadangan dengan bermain dari babak pertama kualifikasi menghadapi wakil Albania, KF Teuta yang kala itu dikalahkan Sheriff dengan agregat 5-0.

Total dalam 9 pertandingan di Kompetisi Eropa yang mereka lalui, Sheriff belum pernah kalah sekalipun. Dengan hanya dua kali bermain imbang, yaitu ketika melawat ke markas Red Star Belgrade dengan skor 1-1 pada babak ketiga Kualifikasi Liga Champions, dan saat menghadapi Dinamo Zagreb pada leg kedua babak kualifikasi terakhir dengan skor kacamata.

2. Starting line up belum pernah ada yang bermain di Liga Champions

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol setelah Pecundangi Shakhtar di UCLpotret Sheriff Tiraspol (twitter.com/ChampionsLeague)

Bisa di katakan bahwa Sheriff Tiraspol memang full debut untuk Liga Champions musim ini, pasalnya para pemain yang mengisi skuad klub berjuluk The Yellow-Black tersebut bahkan sama sekali belum memiliki jam terbang untuk bermain di kompetisi sekelas Liga Champions.

Namun, berkat kekompakan yang ada dalam skuad asuhan Yuriy Vernydub, mereka berhasil mengalahkan raksasa Ukraina yang sudah lebih berpengalaman tentunya dalam Liga Champions. Bukan hanya satu, melainkan 2 gol tanpa balas sekaligus yang menandai debut manis Sheriff Tiraspol dalam kompetisi antar klub terbaik di Benua biru.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Tampil Gemilang di Pekan Pertama Liga Champions

3. Adama Traore menjadi pemain Mali pertama yang mencetak gol di pertandingan debut UCL

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol setelah Pecundangi Shakhtar di UCLpotret gol Adama Traore (twitter.com/ChampionsLeague)

Adama Traore menjadi petmbuka keran gol bagi Sheriff Tiraspol setelah menyelesaikan umpan lambung dari bek kiri, Cristiano dengan sebuah tendang voli yang menghujam keras ke gawang Andry Pyatov pada menit ke-16 babak pertama.

Gol tersebut menjadi gol pertama yang dicetak pemain asal Mali di laga debut Liga Champions Eropa. Traore sendiri hingga kini masih aktif membela timnas Mali di Ajang Internasional sejak 2013. Total, pemain 26 tahun berhasil mencetak 6 gol dari 32 pertandingan yang dijalaninya.

4. Pencetak gol kedua Sheriff, musim lalu hanya bermain di Divisi Kedua Liga Rusia

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol setelah Pecundangi Shakhtar di UCLpotret Momo Yansane (twitter.com/MomoYansane)

Pencetak gol kedua Sheriff Tiraspol, Momo Yansane merupakan pemain asal Guinea yang direkrut The Yellow-Black pada bursa transfer musim ini dari klub kasta kedua liga Rusia yang berhasil promosi ke Liga Premier Rusia dengan menempati urutan ke-3 musim lalu, FK Nizhny Novgorod.

Momo Yansane sendiri juga belum pernah memperkuat Tim Nasional Guinea di ajang Internasional, striker 24 tahun tersebut bisa dikatakan cukup produktif, hingga kini Momo Yansane sudah mengemas 4 gol dari empat pertandingan di liga domestik Moldova.

5. Sheriff makin percaya diri

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol setelah Pecundangi Shakhtar di UCLpotret Sheriff Tiraspol (twitter.com/ChampionsLeague)

Sheriff kini sedang dalam kepercayaan diri yang kuat setelah kemenangan 2-0 atas Shakhtar Donetsk kemarin. Namun, mereka tidak boleh terlalu berlarut-larut, lantaran harus menghadapi tim dengan gelar juara Liga Champions terbanyak, yakni Real Madrid (13 gelar juara) pada matchday kedua Grup D yang akan berlangsung pada 28 September nanti.

Kesolidan yang mereka miliki akan menjadi kunci ketika menghadapi raksasa Spanyol itu. Tentunya, mereka hari bekerja lebih keras pada laga tersebut karena materi pemain yang dimiliki Real Madrid jelas lebih unggul dibanding Shakhtar. Namun, Sheriff tetaplah Sheriff, dan apapun bisa terjadi pada pertandingan nanti.

Tim debutan Liga Champions Eropa, Sheriff Tiraspol berhasil mebuat raksasa Ukraina, Shakhtar Donetsk bertekuk lutut. Ya, apapun memang bisa terjadi dalam sepakbola modern saat ini, tim yang kuat memang benar-benar ada, tetapi kita juga harus percaya bahwa bola itu bundar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diprediksi Menjadi Top Skor Liga Champions Musim 2021/22

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya