Comscore Tracker

MotoGP Jadi Magnet Baru Dunia Pariwisata Thailand

Kini wisata di Thailand gak hanya kuliner dan kuil

Bangkok, IDN Times - Banyak yang bisa kamu lakukan di Thailand. Mulai dari berburu kuliner, shopping, berwisata alam, mengunjungi kuil-kuil yang eksotis, hingga menonton balapan MotoGP.

Yup, MotoGP memang telah digelar di Thailand, persisnya di Buriram International Circuit, sejak 2018. Ajang adu cepat para pembalap dunia ini menjadi salah satu magnet baru dalam dunia pariwisata Thailand.

"Kami barharap lebih banyak turis akan datang ke Thailand karena MotoGP," kata Deputy Governor for Marketing Communication Tourism Authority of Thailand, Tanes Petsuwan, Kamis (3/10).

1. Tahun kedua MotoGP digelar di Thailand

MotoGP Jadi Magnet Baru Dunia Pariwisata ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Tanes Petsuwan mengatakan MotoGP Thailand tahun ini akan kembali digelar di Buriram International Circuit pada Minggu (6/10). Ini akan menjadi tahun kedua Thailand menjadi tuan rumah MotoGP.

"Kami berharap kalian akan mendapatkan tontonan yang menarik seperti yang terjadi pada tahun lalu," kata Tanes Petsuwan.

Seperti diketahui, pertarungan sengit terjadi antara pembalap dari Tim Repsol Honda Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso dari Ducati pada MotoGP Thailand 2018.

Saat itu kedua pembalap tersebut saling menyalip hingga tikungan terakhir. Marc Marquez akhirnya finis pertama. Ia hanya lebih cepat 0.115 detik dari Dovizioso!

Baca Juga: Menelusuri 5 Permata Tersembunyi di Ubon Ratchathani Thailand

2. MotoGP mendongkrak pariwisata Thailand

MotoGP Jadi Magnet Baru Dunia Pariwisata ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Tanes Petsuwan menilai kehadiran MotoGP telah mendongkrak dunia pariwisata Thailand. Sebab, menurut riset Tourism Authority of Thailand, para turis kini tak hanya sekadar ingin menikmati alam atau mencicipi kuliner, tapi mereka juga ingin melihat apa yang menjadi passion mereka.

"Ada turis yang datang karena ingin belajar Muay Thai dan sekarang banyak turis yang datang ke Thailand karena ingin menonton MotoGP secara langsung," kata Tanes Petsuwan.

Situs Crash.net mencatat tak kurang dari 222,535 penonton datang langsung ke Buriram untuk menyaksikan laga kualifikasi dan balapan MotoGP pada 2018. 

3. Buriram hanya satu jam penerbangan dari Bangkok

MotoGP Jadi Magnet Baru Dunia Pariwisata ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Buriram International Circuit, tempat hajatan MotoGP Thailand digelar, berlokasi di Provinsi Buriram. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan dengan pesawat dari Bangkok.

Dibuka pertama kali pada 2014, Buriram International Circuit menjadi sirkuit pertama di Thailand yang mendapatkan FIA Grade 1 dan FIM Grade A. Namun sirkuit ini baru dipakai untuk hajatan MotoGP pada 2018.

Baca Juga: Lindungi Pembalap Saat Kecelakaan, Ini Kecanggihan Wearpack MotoGP

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You