9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani 

Upin dan Ipin di ranah olahraga, nih? #IDNTimesSport

Tidak melulu kompetisi, dalam olahraga kita juga kerap kali menyaksikan momen hangat persahabatan antar atlet. Kisah persahabatan antar atlet dalam berjuang meraih tujuannya sering menyajikan cerita haru yang inspirasional.

Seperti kita ketahui bersama, belakangan duet Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 menjadi sorotan publik berkat kekompakan mereka mengharumkan nama bangsa. Hal itu mengategorikan mereka dalam jajaran duo atlet paling ikonik dalam sejarah olahraga.

Selaras dengan Gresya Polii dan Apriyani Rahayu yang sedang naik daun itu, sederet duo atlet di bawah ini juga layak masuk kategori ikonik, lho. Siapa saja mereka?

1. Leo Bonucci dan Giorgio Chiellini

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani Potret Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini (instagram.com/433)

Sangking rekatnya persahabatan mereka, Chiellini dan Bonucci memang bagaikan saudara sedarah. Selain bermain bersama di timnas Italia, mereka juga membela klub yang sama, Juventus.

Chiellini bergabung dengan Juventus sejak tahun 2004. Sementara Bonucci menyusul enam tahun setelahnya. Keduanya saat ini menjadi duet lini belakang paling tangguh di sepak bola Eropa.

Telah banyak merengkuh trofi bersama, belakangan Bonucci dan Chiellini baru saja menambah koleksi gelar mereka setelah sukses mengantarkan Italia menjadi juara Euro 2020.

2. Gianmarco Tamberi dan Mutaz Barshim 

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Mutaz Barshim dan Gianmarco Tamberi (instagram.com/mutaz.barshim)

Persahabatan atlet tak selalu terjadi dengan rekan satu tim. Bahkan, persahabatan yang hangat juga bisa terjadi dengan sang rival.

Hal tersebut persis seperti yang ditunjukan oleh Mutaz Barshim dan Gianmarco Tamberi, atlet cabang olahraga lompat tinggi. Di laga puncak perebutan medali emas Olimpiade Tokyo 2020, pada lompatan ketiga keduanya memiliki catatan ketinggian yang sama. Pihak panitia menawarkan satu lompatan lagi untuk menentukan pemenang. Namun, keduanya menolak kesempatan itu dan memilih berbagi medali emas.

Barshim dan Tamberi memang telah bersahabat sejak lama. Keduanya bertemu di tahun 2010 dan sempat cedera di waktu yang bersamaan. Cedera berat tersebut menjadi momen yang mempererat persahabatan mereka.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo: Pedri Siap Torehkan Sejarah Baru Spanyol

3. Stephen Curry dan Klay Thompson

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Stephen Curry dan Klay Thompson (vbetnews.com)

Tak hanya jadi duo andalan di tim Golden State Warriors, Curry dan Thompson juga berkawan baik di luar lapangan. Berkat kepiawaian mereka menembak dari luar garis tiga angka, Steph Curry dan Klay Thompson memiiliki julukan The Splash Brothers.

4. Tom Daley dan Matty Lee 

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Tom Daley dan Matty Lee (instagram.com/mattydiver)

Duo ikonik lainnya datang dari cabang olahraga loncat indah, Tom Daley dan Matty Lee yang beberapa waktu lalu juga meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 untuk Inggris Raya. Tom dan Matty sudah dekat sejak beberapa tahun belakangan. Matty juga kerap menjadi cameo di konten vlog Tom Daley. Bahkan, Tom sampai menjuluki Matty sebagai "work husband"

Baca Juga: 9 Komentar Kocak Warga Twitter saat Live Score Olimpiade Bulu Tangkis

5. Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan (instagram.com/hendrasansan)

Dari tanah air, sebenarnya ada beberapa duo ikonik selain Gresya Polii dan Apriyani Rahayu. Ada The Daddies yang terdiri dari Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan serta The Minions yang merupakan julukan untuk Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon. Ahsan/Hendra sempat diunggulkan di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, sayang langkah mereka terhenti di semi final. 

Meski begitu duet yang telah bersama cukup lama ini sudah banyak memberikan prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

6. Megan Rapinoe dan Sue Bird

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Sue Bird dan Megan Rapinoe (instagram.com/mrapinoe)

Menampilkan kehangatan antar atlet tak selalu harus dari cabang olahraga yang sama. Megan Rapinoe dan Sue Bird ini contohnya. Megan Rapinoe merupakan pemain andalan timnas sepak bola putri Amerika Serikat. Sementara Sue Bird bermain di cabang olahraga basket.

Tak hanya bersahabat, keduanya menjadi duo atlet ikonik yang ramai diperbincangkan lantaran hubungan asmara yang tengah mereka jalin. Saat ini sepasang kekasih tersebut sedang berjuang untuk negaranya di Olimpiade Tokyo 2020 melalui cabang olahraga masing-masing. 

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Undang Atlet Olimpiade Indonesia ke Istana

7. Misty May-Treanor dan Kerri Walsh Jennings

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Misty May-Treanor dan Kerri Walsh Jennings (instagram.com/kerrileewalsh)

Masih dari Amerika Serikat, nama Misty May-Treanor dan Kerri Walsh Jennings mungkin tak asing untuk para penggemar cabang olahraga voli pantai. Mereka adalah rekan setim yang membawa AS menjuarai Olimpiade selama tiga periode yaitu, 2004, 2008, dan 2012.

Tak heran jika mereka sampai dijuluki duo maut saat di lapangan. Bahkan, setelah mereka tak lagi aktif bermain, keduanya masih menjadi nama penting di cabang olahraga voli pantai Amerika Serikat. 

8. Rafael Nadal dan Roger Federer

9 Duo Atlet Olahraga Paling Ikonik Selain Greysia-Apriyani potret Rafael Nadal dan Roger Federer (instagram.com/courtsmag)

Duo berikutnya yang tak kalah ikonik adalah Rafael Nadal dan Roger Federer. Dengan talenta yang setara, Nadal dan Federer adalah potret rivalitas tertinggi yang berhasil tercipta di dunia olahraga tenis. Buah persaingan ketat mereka memperebutkan trofi-trofi bergengsi turnamen tenis membuat Rafael Nadel dan Roger Federer menjadi duo atlet tenis paling ikonik meskipun sebenarnya mereka tak pernah bermain di satu kubu yang sama.

Di luar segala rivalitas di atas lapangan, persahabatan yang mereka jalin di luar lapangan menunjukan sportivitas dan kehangatan antar atlet.

Duo ikonik mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 10 Meme Kocak Olahraga Voli Ini Mood Banget, Ngakak Berjemaah!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya