Daftar Juara Singapore Open 2019, Indonesia Tanpa Gelar!

Sayang sekali tak ada pemain Indonesia

Turnamen Singapore Open 2019 telah usai digelar pada Minggu (14/4). Indonesia mengirimkan 2 wakil yang berlaga di babak puncak alias babak final. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sayangnya harapan Indonesia untuk meraih gelar tersebut harus pupus. Baik Ginting maupun Hendra/Ahsan belum berhasil mengatasi lawannya masing-masing. Hendra/Ahsan juga gagal mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu.

Adapun hasil di babak final Singapore Open 2019 ini, Jepang keluar sebagai juara umum dengan meraih 3 gelar. Sementara China Taipe dan Thailand masing-masing meraih 1 gelar. Berikut ini adalah daftar lengkap juara Singapore Open 2019.

1. Tai Tzu Ying (China Taipe)

Daftar Juara Singapore Open 2019, Indonesia Tanpa Gelar!instagram.com/tai_tzuying

Partai final Singapore Open 2019 diawali dengan pertandingan sektor tunggal putri. Final ini bisa dibilang final yang ideal, sebab unggulan pertama bertemu dengan unggulan kedua di babak puncak.

Peringkat satu dunia, Tai Tzu Ying berhasil merebut gelar juara Singapore Open 2019 setelah melewati pertandingan melawan unggulan 2, Nozomi Okuhara. Berlangsung selama 41 menit, Tai Tzu Ying menang straight game 21-19, 21-15.

Pertandingan di final ini merupakan pertemuan ke-9 diantara keduanya. Sebelumnya rekor pertemuannya adalah 4-4. Maka dengan kemenangan Tai Tzu Ying di final Singapore Open 2019 ini, dirinya memimpin kemenangan 5-4 atas Nozomi Okuhara.

Di tahun 2017, Tai Tzu Ying juga berhasil merebut gelar juara Singapore Open 2017 setelah mengalahkan Carolina Marin. Kini di tahun 2019, Tai Tzu Ying berhasil meraih gelar juara kembali setelah menaklukkan Nozomi Okuhara.

Pencapaian Tai Tzu Ying dalam dua pekan terakhir patut diacungi jempol. Pasalnya dirinya berhasil meraih 2 gelar berturut-turut. Pekan lalu di Malaysia Open 2019, ia meraih gelar juara dengan menumbangkan Akane Yamaguchi. Sepekan kemudian, Tai Tzu Ying merebut gelar juara Singapore Open 2019 setelah menundukkan Nozomi Okuhara.

2. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

Daftar Juara Singapore Open 2019, Indonesia Tanpa Gelar!bwfworldtour.bwfbadminton.com

Unggulan tiga ganda campuran Dechapol Puavaranukroh/Sapairee Taerattanachai (Thailand) berhasil merebut gelar Singapore Open 2019. Di babak final mereka mengalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing secara straight game 21-14, 21-6 dalam waktu 33 menit.

Pertandingan di final ini merupakan pertemuan kelima diantara mereka. Sebelumnya di Japan Open 2018, Tan/Lai lah yang memenangkan pertandingan. Namun di Singapore Open 2019 ini, Dechapol/Sapsiree berhasil membalaskan kekalahannya. Atas hasil ini, Dechapol/Sapsiree memimpin rekor pertemuannya 3-2 atas Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Kemenangan Dechapol/Sapsiree di babak final sekaligus memastikan Thailand membawa pulang satu gelar dari Singapore Open 2019.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Babak Final Singapore Open 2019, Catat!

3. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)

Daftar Juara Singapore Open 2019, Indonesia Tanpa Gelar!bwfbadminton.com

Jepang berhasil merebut gelar pertama Singapore Open 2019 melalui sektor ganda putri Mayu Matsumoto/Wanaka Nagahara. Unggulan tiga ini bersua dengan Kim Hye Jeong/Kong Hee Yong (Korea) di babak final. Mayu/Wakana berhasil mengatasi perwakilan dari ganda putri Korea tersebut dan menang straight game 21-17, 22-20 dalam tempo 47 menit.

4. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)

Daftar Juara Singapore Open 2019, Indonesia Tanpa Gelar!bwfbadmintkn.com

Jepang menambah perolehan gelar Singapore Open 2019 melalui ganda putra Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Di babak final ini, mereka menumbangkan harapan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Kamura/Sonoda menang setelah melewati pertandingan sengit tiga game 21-13, 19-21, 21-17.

The Daddies sapaan akrab Hendra/Ahsan harus mengakui keunggulan lawan. Padahal di dua turnamen sebelumnya yakni di China Open 2018 dan All England 2019 Hendra/Ahsan berhasil menang atas Kamura/Sonoda. Dengan hasil ini mereka gagal mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu.

Keberhasilan Kamura/Sonoda di Singapore Open 2019 semakin mempertipis jarak head to headnya dengan Hendra/Ahsan menjadi 2-3. Gelar juara Singapore Open 2019 sekaligus menjadi gelar pertama yang mereka raih di tahun ini.

5. Kento Momota (Jepang)

Daftar Juara Singapore Open 2019, Indonesia Tanpa Gelar!bwfbadminton.com

Partai penutup final Singapore Open 2019 menyajikan laga menarik antara peringkat satu dunia Kento Momota dengan andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Ini merupakan pertemuan ke-10 diantara kedua pemain. Rekor pertemuannya pun masih dipegang oleh Kento Momota.

Di babak final Singapore Open 2019 ini, Ginting harus mengakui keunggulan Kento Momota. Di pertandingan yang berlangsung selama 1 jam 13 menit, Ginting menyerah 21-10, 19-21, 13-21.

Kemenangan Kento Momota sekaligus menambah koleksi gelar juara yang diraih Jepang di turnamen Singapore Open 2019. Atas hasil ini pula, Indonesia nihil gelar.

Baca Juga: Inilah Jumlah Perwakilan Tiap Negara di Final Singapore Open 2019

Dwi Yuliati Photo Verified Writer Dwi Yuliati

Reading | Writing | Badminton Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya