5 Fakta Menarik Babak Semifinal Canada Open 2018

Dua sektor ini ciptakan final ideal!

Turnamen Yonex Canada Open 2018 telah memasuki babak semifinal yang berlangsung pada hari Sabtu (23/6/2018) atau Minggu (24/6/2018) dini hari. Bertempat di vanue Markin MacPhail Centre, turnamen ini juga termasuk dalam rangkaian BWF World Tour Super 100.

Sama seperti turnamen sebelumnya (US Open), di turnamen Canada Open ini juga tak ada pemain pelatnas Indonesia yang ikut serta.

Dari hasil babak semifinal yang telah berlangsung, memunculkan sejumlah fakta menarik yang layak kamu simak sebagai berikut, dilansir dari Tournamentsoftware.com.

1. Ganda putra ciptakan final ideal

5 Fakta Menarik Babak Semifinal Canada Open 2018bwfbadminton.com

Sektor ganda putra di turnamen Canada Open 2018 akan terjadi final yang ideal lantaran unggulan pertama akan bertemu dengan unggulan kedua. Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris) yang menjadi unggulan pertama akan berjumpa dengan Mark Lamsfuss/Marvin Emil Seidel (German) yang menjadi unggulan kedua.

Marcus/Chris berhasil melaju ke babak final setelah menang melalui pertandingan yang sengit dengan Inkarat Apisuk/Tanupat Viriyangkura (Thailand). Unggulan pertama ini harus berjuang selama 1 jam 16 menit untuk memenangkan pertandingan dengan skor akhir 21-23, 22-20, 21-14.

Sementara itu, Mark Lamsfuss/Marvin Emil Seidel yang menjadi unggulan kedua menang relatif lebih mudah. Mark/Marvin hanya butuh waktu 30 menit saja untuk memastikan diri melaju ke babak final setelah mengalahkan Di Zijian/Wang Chang (China) dengan skor 21-14, 21-16.

2. Jepang gagal ciptakan all Japanese final di sektor ganda putri

5 Fakta Menarik Babak Semifinal Canada Open 2018nzbadmintonopen.com

Keinginan Jepang untuk menciptakan all Japanese final di sektor ganda putri harus pupus sebab salah satu wakilnya yang bermain di babak semifinal harus mengalami kekalahan. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) harus takluk di tangan ganda German, Isabel Herttrich/Carla Nelte. Nami/Chiharu kalah dengan skor tipis 21-18, 13-21,19-21.

Sementara itu wakil ganda putri Jepang yang berhasil melaju ke babak final adalah Ayako Sakuramoto/Yukiko Tahakata. Ganda putri Jepang ini juga menjadi unggulan pertama di turnamen ini. Ayako/Yukiko berhasil melaju ke babak final usai tundukkan unggulan tiga asal Perancis, Emilie Lefel/Anne Tran dengan skor 21-11, 21-9.

Ayako/Yukiko tampil luar biasa pada tahun 2018 ini. Sejauh ini mereka sudah mengantongi 3 gelar juara yaitu Swiss Open 2018, New Zealand Open 2018, dan Australia Open 2018. Di Canada Open 2018 ini, mereka akan mengincar gelar keempatnya tahun ini, dilansir dari Bwfbadminton.com.

3. Tak ada pemain unggulan di sektor tunggal putra

5 Fakta Menarik Babak Semifinal Canada Open 2018AP

Para pemain unggulan sektor tunggal putra sudah berguguran di babak-babak awal sebelum semifinal. Sehingga, babak semifinal ini diisi oleh pemain non unggulan. Pemain Jepang, Minoru Koga, berhasil mengalahkan pemain Denmark, Kim Bruun secara straight game dengan skor 21-16, 21-8.

China juga berhasil mengirimkan wakilnya di sektor tunggal putra melalui Lu Guangzu. Lu harus berjuang selama 1 jam untuk merebut tiket babak final Canada Open 2018 setelah menang atas Thomas Rouxel dengan pertandingan rubber game 21-18, 19-21, 21-16.

4. Li Xuerui kembali tembus babak final secara beruntun

5 Fakta Menarik Babak Semifinal Canada Open 2018bwfbadminton.com

Pemain tunggal putri China, Li Xuerui menunjukkan permainan yang baik di Canada Open 2018. Bahkan, pemain yang pernah meraih medali emas Olimpiade London 2012 ini berhasil maju ke babak final secara beruntun, setelah pekan lalu juga berhasil menjadi juara di US Open.

Nah, di babak semifinal ini Li berhasil merebut tiket final Canada Open 2018 usai tundukkan pemain Jepang Asuka Takahashi secara rubber game dengan skor 21-11, 9-21, 21-12. Kemangan Li ini sekaligus memupuskan harapan Jepang untuk menciptakan all Japanese final di sektor tunggal putri.

Li juga berpeluang besar untuk meraih gelar ketiganya di tahun ini setelah sebelumnya dia berhasil mengantongi gelar juara China Masters 2018, dan US Open 2018.

Sedangkan pada pertandingan semifinal lainnya, Sayaka Takahashi (Jepang) yang menjadi unggulan kedua berhasil menundukkan pemain muda China, Cai Yanyan secara straight game dengan skor 21-17, 21-16. Maka pada babak final tunggal putri akan mempertemukan Li Xuerui dengan Sayaka Takahashi.

5. Marcus Ellis dan Mark Lamsfuss akan berjumpa dua kali di babak final dengan pasangan yang berbeda

5 Fakta Menarik Babak Semifinal Canada Open 2018badmintonengland.co.uk

Ada hal menarik lainnya yang akan terjadi di babak final Canada Open 2018. Marcus Ellis (Inggris) dan Mark Lamsfuss (German) akan berjumpa dua kali di babak final. Marcus/Mark yang bermain rangkap di sektor ganda putra dan ganda campuran, semuanya berhasil melaju ke babak final.

Di sektor ganda campuran, Marcus Ellis yang berpasangan dengan Lauren Smith menempati unggulan pertama. Di babak semifinal, Marcus/Lauren mengalahkan pemain German yakni Marvin Emil Seidel/Linda Efler yang juga unggulan keempat. Marcus/Lauren menang straight game dengan skor 21-15, 21-11.

Sementara itu, Mark Lamsfuss yang berpasangan dengan Isabel Herttrich di sektor ganda campuran berhasil mengalahkan unggulan tiga asal Perancis, Jacco Arends/Selena Piek dengan straight game 21-19, 21-19.

Sektor ganda campuran juga akan menciptakan final yang ideal sebab akan mempertemukan unggulan pertama, yakni Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) dengan unggulan kedua Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich (German).

Dwi Yuliati Photo Verified Writer Dwi Yuliati

Reading | Writing | Badminton Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya