Lawan Berat Sudah Menunggu Pemain Indonesia di R1 Malaysia Open 2018

Baru babak pertama namun calon lawannya sudah berat nih

Malaysia Open 2018 akan menjadi salah satu turnamen yang paling ditunggu di bulan Juni ini. Indonesia mengirimkan pemain-pemain terbaiknya yang akan berlaga pada 26 Juni hingga 1 Juli 2018.

Turnamen yang termasuk dalam kategori HSBC BWF World Tour Super 750 ini akan memberikan total hadiah sebesar $700.000. Berdasarkan hasil drawing, ada sejumlah pemain Indonesia yang harus berhadapan dengan lawan yang sulit di babak pertama Malaysia Open 2018.

Dilansir dari tournamentsoftware.com, inilah para pemain Indonesia yang bakal menghadapi lawan berat di babak pertama.

1. Anthony Sinisuka Ginting tantang Kento Momota di babak pertama Malaysia Open 2018

Lawan Berat Sudah Menunggu Pemain Indonesia di R1 Malaysia Open 2018badmintonindonesia.org

Indonesia mengirimkan tiga pemain tunggal putra di turnamen Malaysia Open 2018. Mereka adalah Tommy Sugiarto, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi pemain andalan Jepang, Kento Momota. Pemain Jepang ini sukses membawa tim Thomas Jepang ke babak final Thomas Cup 2018.

Kento terus menunjukkan permainan yang apik usai comeback setelah mengalami pelarangan bertanding. Kini, Kento menempati peringkat 12 dunia, satu strip di atas Ginting yang menempati peringkat 13 dunia. Head to head antara Ginting dan Kento adalah 1-1, namun pertemuan tersebut terjadi di tahun 2015.

Pertemuan pertama mereka terjadi di turnamen Indonesia Open 2015, dimana Kento menang 13-21, 21-16, 21-15 atas Ginting. Di Hong Kong Open 2015, Ginting bisa membalas kekalahannya dan menang 21-7, 21-15.

Sementara itu Jonatan Christie bakal menghadapi pemain dari India, Prannoy H.S. Secara head to head, kedua pemain belum pernah bertemu, dan pertandingan di babak pertama Malaysia Open 2018 akan menjadi pertemuan pertama bagi mereka. Dari segi peringkat, Prannoy sedikit lebih tinggi dibanding Jonatan.

Prannoy kini menempati peringkat 8 dunia, sementara Jonatan berada di peringkat 11 dunia. Selain itu, Prannoy juga menempati unggulan delapan di turnamen ini. Sedangkan Tommy Sugiarto juga akan berhadapan dengan pemain India, Sameer Verma.

Tommy dan Sameer pernah bertemu di India Open 2018 dengan kemenangan Sameer Verma 21-18, 19-21, 21-17. Sehingga head to head antara mereka adalah 1-0 untuk keunggulan Sameer. Pertemuan mereka di Malaysia Open nanti akan menjadi kesempatan bagi Tommy untuk membalaskan kekalahannya di India Open 2018.

2. Gregoria Mariska Tunjung akan hadapi peraih emas Olimpiade Rio 2016

Lawan Berat Sudah Menunggu Pemain Indonesia di R1 Malaysia Open 2018badmintonindonesia.org

Di sektor tunggal putri, ada 2 pemain Indonesia yang akan berlaga di Malaysia Open 2018 yaitu Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung. Kedua tunggal putri Indonesia ini akan sama-sama menghadapi pemain unggulan di babak pertama. Fitri akan menantang unggulan 7 asal Korea, Sung Ji Hyun.

Dari catatan mereka pernah bertemu tiga kali, dan ketiganya dimenangkan oleh Sung. Pertemuan terakhir mereka terjadi di turnamen German Open 2018 dengan kemenangan Sung 21-12, 21-16.

Sementara, Gregoria Mariska Tunjung akan melawan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Carolina Marin. Di turnamen ini, Marin diunggulkan di tempat keenam. Pertemuan di babak awal Malaysia Open 2018 akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua pemain ini, pasalnya mereka belum pernah bertemu sebelumnya.

Untuk saat ini, Gregoria menempati peringkat 33 dunia sementara Marin di peringkat 6 dunia.

3. Hafiz Faisal/Gloria Emmanuelle Widjaja hadapi unggulan 6

Lawan Berat Sudah Menunggu Pemain Indonesia di R1 Malaysia Open 2018badmintonindonesia.org

Salah satu pasangan ganda campuran Indonesia yaitu Hafiz Faisal/Gloria Emmanuelle Widjaja sudah harus berhadapan dengan unggulan di babak pertama Malaysia Open 2018. Hafiz/Gloria akan menantang unggulan 6, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen (Denmark).

Head to head kedua pasangan ini masih 0-0. Hafiz/Gloria kini menempati peringkat 18 dunia, sementara Mathias/Christinna berada di peringkat 6 dunia. Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga akan menghadapi lawan sulit, yaitu pasangan suami istri dari Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Praveen/Melati yang belum lama dipasangkan ini kini berada di peringkat 47 dunia. Sementara pasangan Chris/Gabrielle berada di peringkat 9 dunia. Kedua pasangan belum pernah bertemu sebelumnya, sehingga head to headnya masih 0-0. Dan pertemuan di Malaysia Open akan menjadi pertemuan pertama bagi mereka.

Dwi Yuliati Photo Verified Writer Dwi Yuliati

Reading | Writing | Badminton Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya