Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan

Banyak orang yang menghindari aktivitas olahraga selama berpuasa dengan alasan khawatir jika tubuh mereka semakin lemah dan juga haus. Padahal berolahraga selama Ramadan merupakan hal yang perlu dilakukan. Asalkan dilakukan dengan intensitas yang cukup, olahraga selama bulan Ramadan bisa bikin tubuhmu makin bugar dan gak mudah lemas. Supaya makin fit, yuk simak 6 pilihan olahraga yang cocok selama Ramadan.

1. Yoga

Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasaverywellmind.com

Yoga merupakan salah satu olahraga yang memiliki intensitas rendah sehingga cocok dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa. Walaupun olahraga ini memfokuskan pada teknik pernapasan dan konsentrasi. Akan tetapi, yoga sangat efektif membuat diri kamu tetap bugar selama bulan Ramadan, sebab yoga terbukti mampu melancarkan sirkulasi dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak.

2. Bersepeda

Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasabicycling.com

Untuk menjaga badan tetap fit dan semangat walaupun sedang berpuasa. Cobalah rutin bersepeda selama 30 menit setiap hari pada pagi hari setelah subuh atau sore hari menjelang berbuka puasa. Selain bikin badan gak mudah lemes, bersepeda juga dapat mengurangi kalori yang artinya bisa membuat kamu jadi lebih langsing saat lebaran nanti.

3. Naik turun tangga

Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasabuildingmaterials.com.my

Terbiasa naik lift? Yuk ganti kebiasaan naik lift dengan jalan kaki menggunakan tangga saat hendak menuju lantai lain. Membiasakan hal seperti ini pas banget untuk kamu yang gak sempat olahraga karena terlalu sibuk. Sehingga, walaupun kamu gak punya waktu untuk olahraga kamu tetap bisa melakukan kegiatan fisik yang pastinya bermanfaat untuk kesehatanmu dan bikin kamu gak gampang lemas selama Ramadan.

Baca Juga: 5 Motivasi Sederhana Ini Bikin Kamu Jadi Semangat Olahraga

4. Pilates

Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat PuasaFitnessnetwork.com.au

Pilates merupakan jenis olahraga yang lebih dinamis daripada yoga tetapi kurang dinamis jika dibandingkan olahraga lain seperti aerobik atau zumba. Olahraga ini biasanya memfokuskan gerakan pada bagian yang ingin diperbaiki saja seperti kaki, perut, lengan dan sebagainya. Olahraga ini cocok dilakukan selama sedang berpuasa karena intensitasnya yang rendah dan juga bisa dilakukan sambil duduk ataupun berbaring.

5. Jogging

Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat PuasaUnsplash.com/Curtis MacNewton

Kalau kamu gemar melakukan olahraga lari setiap hari. Kamu tetap bisa melakukan olahraga ini selama bulan Ramadan, hanya saja kamu perlu menurunkan intensitasnya, baik dari segi kecepatan maupun waktu. Nah, supaya aktivitas ini gak mengganggu aktivitas puasa, kamu bisa melakukan jogging 20 menit sebelum berbuka supaya gak terlalu lama menahan haus akibat jogging.

6. Menari

Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat PuasaUnsplash.com/Danielle Cerullo

Menari adalah salah satu bentuk olahraga yang paling asyik. Selain menyehatkan dan bikin langsing, menari bisa jadi aktivitas ngabuburit karena dijamin bikin kamu lupa waktu karena keasyikan menari. Sehingga, tanpa sadar waktu maghrib telah tiba dan badan juga sudah berkeringat.

Berpuasa bukan berarti bisa kamu jadikan alasan untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, biar momen puasa kamu makin bermakna, isi Ramadan-mu dengan hal-hal produktif.

Baca Juga: 5 Olahraga Menyenangkan Ini Cocok Buat Kamu yang Malas ke Gym

Eka Ami Photo Verified Writer Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya