Comscore Tracker

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masa

Di antara ke-12 nama ini, siapa jadi idolamu?

Citayam, IDN Times - Pertama kali digelar, MotoGP atau dulu sering disebut dengan Grand Prix, selalu melahirkan juara dan legenda baru.

Hingga kini pebalap yang berhasil mencetak kemenangan terus bertambah meski ada juga yang susah untuk dilewati catatan rekornya. Di tahun modern ini banyak sekali pebalap MotoGP yang bakal menjadi legenda baru seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez misalnya.

Tapi tahukah kamu, sejak digulirkan pertama pada era awal awal 1940-an, Grand Prix merupakan tontonan olahraga yang paling diminati di Eropa? Namun sejak pecah Perang Dunia II, balapan sempat terhenti beberapa tahun sebelum digelar setelah perang berakhir.

Pahlawan-pahlawan balap ini selalu menjadi catatan sejarah di ajang MotoGP dan akan terus menjadi panutan bagi pebalap di masa mendatang. Fenomena lahirnya pebalap baru akan terus terjadi, regenerasi akan berlanjut hingga format balap sekarang mulai ke arah motor listrik.

Berikut ini 12 pebalap terbaik MotoGP sepanjang masa.

1. Jorge Lorenzo 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masaidntimes.com

Meski pun umurnya yang masih tergolong muda, namun nama Jorge Lorenzo dibilang cukup pantas untuk disejajarkan dengan sederet pebalap MotoGP terbaik sepanjang masa. Pebalap yang lahir di Spanyol 4 Mei 1987 ini sudah meraih beberapa gelar juara ketika dirinya bermain di kelas 250cc.

Sebanyak 2 kali dirinya menjuarai kelas 250cc yakni di tahun 2006 dan 2007. Di tahun 2007 itulah Lorenzo menjadi pembalap yang paling dominan di mana 9 kali pole position-nya berujung dengan 9 kali kemenangan.

Sederet prestasi yang diraihnya tersebut membuat dirinya naik ke kelas MotoGP di tahun 2008 dan menjadi rekan sat tim dari pembalap MotoGP hebat lainnya, Valentino Rossi. Di tahun 2015 kemarin, dirinya berhasil mencuri titel juara dunia dari tangan Valentino Rossi yang merupakan pesaing terberatnya.

2. Wayne Railey

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masasatujam.co

Wayne Railey merupakan mantan pebalap American Grand Prix Motorcycle Road Racer. Kehadiran namanya dalam deretan pebalap terbaik MotoGP sepanjang masa ini bukanlah tanpa alasan. Selama di akhir tahun 1980-an sampai awal 1990-an, dirinya sudah mengantongi gelar juara di kelas 500cc sebanyak 3 kali dan Daytona 200 sebanyak 1 kali.

Banyak orang yang mengatakan bahwa Railey merupakan salah satu pebalap hebat yang genius. Railey tak hanya dikenal sebagai pebalap yang cepat, tapi teknik yang dimilikinya juga spesial di mana dia mampu menunggangi motornya dengan sangat mulus. Selain itu dirinya juga sangat pandai dalam mengatur strategi untuk mendahului lawan-lawannya.

Baca Juga: 10 Potret Clara Rossi, Adik Pebalap Valentino Rossi yang Memesona

3. Kenny Roberts 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masahttps://juara.bolasport.com/

Kenny Roberts merupakan satu-satunya pebalap Amerika yang berhasil membawa pulang gelar juara Grand Prix Motorcycle Racing World Championship di tahun 1978. Roberts juga merupakan orang yang sudah 2 kali memenangkan A.M.A . Grand National Championship. Dengan kemenangannya itu, membuat Roberts masuk ke dalam jajaran 4 pembalap American Motorcyclist Association (AMA) yang sudah memenangkan AMA Grand Slam.

Pebalap MotoGP hebat sepanjang sejarah ini memiliki nama panjang Kenneth Leroy Roberts, yang lahir pada 31 Desember 1951 di California. Selain menjadi seorang pebalap, ternyata Roberts juga merupakan seorang pemilik dari sebuah tim balap motor.

4. Barry Sheene 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masawww.satujam.com

Barry Sheene merupakan pebalap MotoGP kelahiran tanggal 11 September 1950 di London, Inggris. Barry Sheene yang sering disapa Bazza ini mendapatkan gelar MotoGP 500cc pertamanya di tahun 1976 mengalahkan Giacomo Agostini.

Pada tahun 1977, Bazza mengulangi prestasinya menjadi juara MotoGP 500cc. Kariernya sebagai pebalap berakhir pada tahun 1984 dan pada tanggal 9 Maret 2003 Bazza meninggal dunia.

5. Eddie Lawson 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masahttps://www.crash.net/

Pebalap MotoGP hebat satu ini dikenal dengan julukan "Steady Eddie". Julukan itu diberikan padanya karena Lawson selalu berusaha keras untuk bisa menyelesaikan setiap balapan yang dilakukannya tanpa menabrak sedikit pun. Prestasi yang diraihnya di dunia balap motor sudah membuatnya diakui dunia balap sebagai salah satu pebalap terbaik.

Eddie Lawson tercatat sudah memenangi 4 kali gelar juara Grand Prix Motorcycle Racing World Champion. Gelar tersebut dimenanginya pada tahun 1984, 1986, 1988, dan yang terakhir tahun 1989.

Baca Juga: 5 Rider Top MotoGP yang Belum Mendapatkan Tim, Rossi Milih Pensiun? 

6. Carlo Ubbiali 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masawww.satujam.com

Carlo Ubbiali adalah pebalap motoGP yang dilahirkan di Bergamo, Lombardy, Italy. Ubbiali mendapatkan juara dunia pertama kali di tahun 1951. Selama kariernya di MotoGP, Ubbiali sudah mengumpulkan 9 gelar juara dunia, juara di kelas 125cc enam kali dan 250cc tiga kali. Tak hanya itu, Ubbiali sudah memenangkan 39 kali di semua kelas.

7. Mike Hailwood 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masaindependent.co.uk

Setelah sekian banyak pebalap Amerika yang dianggap sebagai pebalap MotoGP terbaik sepanjang masa, kali ini giliran Inggris yang menunjukkan salah satu pebalap terbaik yang mereka miliki.

Pebalap asal Inggris tersebut bernama Stanley Michael Bailey Hailwood. Lahir di Inggris pada 2 April 1940, Hailwood diberi penghargaan oleh banyak orang sebagai salah satu pebalap motor terbaik sepanjang masa.

Bagi orang yang melihat cara uniknya dalam mengendarai, pasti tak merasa heran dengan sebutan "Mike The Bike" yang diberikan padanya. Sangat tak beruntung bagi dirinya dan juga penggemarnya, karena Hailwood meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan yang terjadi di Warwickshire, Inggris.

8. John Surtees 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masawww.tahupedia.com

Masih berasal dari Inggris, John Surtees merupakan salah satu pebalap MotoGP terbaik yang merupakan mantan pebalap Grand Prix Motorcycle World Champion. Sepanjang karier sebagai pebalap motor, Surtess sudah 4 kali menjuarai perlombaan Motorcycle World Champion di kelas 500cc. Gelar juaranya itu diraih pada tahun 1956, 1958, 1959, dan 1960. 

Surtees mendirikan organisasi balap yang bernama Surtess Racing Organitation Team, di mana dalam organisasi itu, Surtess berperan sebagai konstruktor Formula 1, Formula 2, dan Formula 5000 dari tahun 1970 sampai 1978.

Baca Juga: Raih Podium, Valentino Rossi Sempat Frustrasi dengan Mekanik Yamaha

9. Geoff Duke 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masawikipedia.org

Geoffrey Ernest Duke, begitulah nama panjang dari pebalap MotoGP terbaik dunia satu ini. Lahir di Lancashire, Inggris pada 29 Maret 1923, pria ini sudah beberapa kali memenangkan juara Motorcycle Grand Prix Road Racing World Champion.

Duke mengawali karier sebagai pembalap motor di tahun 1950 dan memulai dari kelas 350cc. Walau pun sempat turun kelas ke 250cc Namun sepanjang karier, dirinya cukup sering mondar-mandir di kelas 350cc dan 500cc.

Setelah 6 kali merengkuh gelar juara dunia, Duke akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia balap motor. Setelah pensiun, Duke diketahui beralih profesi menjadi seorang pebisnis di salah satu pulau milik Inggris, Isle of Man.  

10. Michael Doohan 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masacrash.net

Michael Doohan merupakan seorang mantan pebalap Grand Prix Motorcycle Road Racing World Championships yang berhasil memenangi 5 kali turnamen di kelas 500cc secara berturut-turut. Dirinya hanya kalah dari Valentino Rossi yang sudah memenangi 7 gelar dan Giacomo Agustini 8 gelar. 

Michael Doohan yang berasal dari Australia ini mengawali karier sebagai pembalap motor pada tahun 1989 di kelas 500cc. Doohan terbilang cukup lama menghabiskan waktunya menunggangi motor yakni selama 10 tahun. Namun prestasi yang sudah diraihnya tak bisa dianggap remeh.

11. Valentino Rossi 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masaidntimes.com

Inilah yang menjadi pebalap idola orang-orang masa kini, Valentino Rossi. Rossi merupakan pebalap MotoGP profesional asal Italia yang sudah berkali-kali menjadi juara dunia. Segala prestasi yang diraih membuatnya menjadi salah satu pebalap terbaik sepanjang masa. 

Rossi masuk ke dalam dunia balap motor karena dirinya ingin mengikuti jejak ayahnya Graziano Rossi. Rossi memulai karier profesionalnya pada tahun 1996 di kelas 125cc menggunakan motor Aprilia. Secara cepat, Rossi pun mengalami peningkatan dan mulai masuk dalam kelas 250cc dan berikutnya 500cc.

12. Giacomo Agustini 

12 Pebalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masainews.co.id

Masih berasal dari negara yang sama dengan Valentino Rossi, Italia, ada nama Giacomo Agustini yang merupakan pebalap MotoGP terbaik sepanjang masa di dunia yang tak terbantahkan lagi.

Dirinya sudah berkali-kali menjuarai gelar juara World Champion Grand Prix Motorcycle Road Racer. Dengan julukan "Ago", dirinya sudah mencetak rekor mengagumkan dengan 122 kali memenangi Grand Prix dan 15 kali World Championship.

Tercatat sebanyak 68 kali kemenangan serta 8 kali gelar juara dunia diraihnya pada saat dirinya membalap di kelas 500cc. Sisa gelarnya diraih ketika dia membalap di kelas 250cc.

Baca Juga: Cetak Rekor di MotoGP, Brad Binder Malah Keder

erick ranes akbar Photo Writer erick ranes akbar

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya