Kejutan! 5 Klub EPL yang Sukses Melebihi Ekspektasi di Kompetisi Eropa

Di luar dugaan berhasil melangkah jauh bahkan juara

Kompetisi sepak bola UEFA Champions League dan UEFA Europa League merupakan panggung bagi klub-klub di kawasan Eropa untuk menjadi yang terbaik di benua Biru.

Dalam sejarahnya, sudah banyak klub yang menorehkan tinta emas di dua ajang tersebut, tak terkecuali klub asal Inggris. Bahkan, ada beberapa klub yang awalnya diragukan mampu melangkah jauh, namun berhasil termotivasi dan membalikkan semua prediksi publik.

Well, berikut ini lima klub Premier League yang pernah tampil melebihi ekspektasi di kompetisi Eropa. Bahkan, ada yang berhasil jadi juara, lho. Buat yang penasaran, simak kisahnya, yuk!

1. Leeds United - Semifinal Liga Champions 2000/01

Kejutan! 5 Klub EPL yang Sukses Melebihi Ekspektasi di Kompetisi EropaLeeds United berhasil menembus semifinal Liga Champions 2000/01. (fourfourtwo.com)

Di awal abad 21, Leeds United merupakan salah satu kekuatan besar di sepak bola Inggris. Menjadi langganan kompetisi Eropa, The Whites secara dramatis berhasil melaju hingga babak semifinal Liga Champions musim 2000/01.

Finish di posisi kedua pada ronde pertama fase grup, Leeds juga kembali finish di posisi kedua pada ronde kedua fase grup. Selanjutnya, di babak perempatfinal, The Whites berhasil menyingkirkan Deportivo La Coruna dengan agregat 3-2. Namun, sayangnya langkah mereka terhenti di babak semifinal dari klub asal La Liga, yakni Valencia.

2. Liverpool - Juara Liga Champions 2004/05

Kejutan! 5 Klub EPL yang Sukses Melebihi Ekspektasi di Kompetisi EropaSteven Gerrard memimpin Liverpool menjuarai Liga Champions 2004/05. (uefa.com)

Di bawah asuhan Rafael Benitez musim 2004/05, Liverpool mengalami penurunan di ajang Liga Primer Inggris. Saat itu, mereka hanya finish di posisi ke-5 dengan total 58 poin.

Namun, berbanding terbalik dengan liga, The Reds mampu tampil mengesankan di ajang Liga Champions. Mereka finish di posisi kedua pada fase grup dan melenggang ke 16 besar untuk menghadapi Bayer Leverkusen. Tampil tanpa celah, mereka sukses singkirkan Leverkusen dengan agregat 6-2.

Setelah itu, The Reds menyingkirkan raksasa Italia, Juventus, di babak perempatfinal, sebelum akhirnya bertemu sesama klub Inggris, Chelsea. Liverpool yang tampil spartan berhasil mengalahkan The Blues dengan agregat 1-0 dan memastikan langkah ke final Liga Champions menghadapi AC Milan.

Melawan segala rintangan, The Reds kembali membuat kejutan dengan comeback spesial dari ketertinggalan 3-0 menjadi 3-3. Akhirnya keberuntungan berpihak kepada mereka setelah menang dalam drama adu penalti.

Baca Juga: 5 Pelatih Unggulan di Kompetisi Liga Champions Musim 2021/2022

3. Middlesbrough - Final Piala UEFA 2005/06

Kejutan! 5 Klub EPL yang Sukses Melebihi Ekspektasi di Kompetisi EropaPotret kesedihan para pemain Middlesbrough setelah kalah 0-4 di final Piala UEFA 2005/06. (90min.com)

Klub asal timur laut, Middlesbrough, sempat mengalami masa kesuksesan sepanjang sejarah klub di awal tahun 2000-an. The Boro berhasil menjuarai Piala Liga Inggris musim 2003/04 setelah mengandaskan Bolton Wanderers dengan skor tipis 2-1.

Tak hanya itu, klub yang kini bermarkas di Riverside Stadium tampil mengesankan di ajang Piala UEFA (kini bernama Liga Europa) musim 2005/06. Setelah melaju sebagai juara grup, Boro sukses mengalahkan Stuttgart dan AS Roma di babak knockout dengan keunggulan gol tandang. Setelah itu, mereka juga berhasil membalas kekalahan 2-0 di leg pertama perempatfinal dengan kemenangan 4-1 atas Basel di leg kedua. 

Di babak semifinal, Boro juga kembali comeback dari kekalahan 1-0 atas Steaua Bucharest di leg pertama menjadi kemenangan 4-2 di leg kedua. Namun, sayangnya di partai final mereka telihat anti klimaks dan harus menderita kekalahan telak 0-4 dari Sevilla.

4. Fulham - Final Liga Europa 2009/10

Kejutan! 5 Klub EPL yang Sukses Melebihi Ekspektasi di Kompetisi EropaFulham secara mengejutkan lolos hingga final Liga Europa 2009/10. (90min.com)

Kedatangan Roy Hodgson di Fulham pada tahun 2007 bak menyelamatkan kapal yang hampir karam kala itu. Ya, Hodgson berhasil mengubah status The Cottagers yang kerap mengisi papan bawah menjadi panantang serius untuk kompetisi Eropa.

Di musim 2009/10, Fulham yang berpartisipasi di Liga Europa karena finish di posisi ke-7 musim sebelumnya, berhasil tampil mengejutkan di fase grup karena menyingkirkan unggulan lainnya, yakni FC Basel dan CSKA Sofia.

Di babak 32 besar, The Cottagers berhasil menyingkirkan Shaktar Donetsk yang diisi oleh nama-nama bertalenta seperti Fernandinho, Willian dan Douglas Costa. Selanjutnya, mereka kembali mengejutkan dengan menyingkirkan tim kuat Juventus di babak 16 besar dengan agregat 5-4.

Di babak perempatfinal dan semifinal, Fulham sukses menyingkirkan dua wakil Jerman, yaitu Wolfsburg dan Hamburg. Sayangnya, perjalanan berat mereka harus diakhiri dengan kekalahan tipis 2-1 dari Atletico Madrid di partai final.

5. Tottenham Hotspur - Final Liga Champions 2018/19

Kejutan! 5 Klub EPL yang Sukses Melebihi Ekspektasi di Kompetisi EropaDua musim silam Tottenham Hotspur berhasil lolos ke final Liga Champions. (90min.com)

Tottenham bak dinaungi keberuntungan di ajang Liga Champions musim 2018/19. The Lilywhites berhasil lolos secara dramatis dari fase grup dengan menyingkirkan Inter Milan yang memiliki poin dan selisih gol yang identik dengan mereka (8 poin dan -1).

Di babak 16 besar, mereka berhasil mengalahkan wakil Jerman, Borussia Dortmund, dengan agregat 4-0. Selanjutnya, mereka menyingkirkan sesama wakil Inggris, Manchester City, di babak perempatfinal, dengan keunggulan gol tandang. 

Terus dinaungi keberuntungan, The Lilywhites kembali melaju karena keunggulan gol tandang atas Ajax Amsterdam di babak semifinal. Namun, keberuntungan mereka bak habis di partai final, karena tak mampu berkutik ketika dikalahkan Liverpool dengan skor 2-0.

Meski tak diunggulkan, 5 klub asal Premier League di atas mampu membuktikan bahwa mereka mampu melangkah jauh dan membalikkan semua prediksi publik.

Baca Juga: 5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim Ini

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya