5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!

Sang mastermind di lapangan hijau!

Kemenangan tentu menjadi tujuan utama dalam setiap laga pada cabang olahraga, termasuk sepakbola. Khusus Premier League sebagai liga paling kompetitif di dunia, meraih kemenangan bukanlah sesuatu yang mudah karena setiap klub hampir memiliki skuad yang sepadan dari segi kualitas. 

Namun, faktor pelatih sebagai juru taktik bisa jadi pembeda di setiap laga. Di Premier League, para penikmat sepakbola tak hanya diberi tontonan berupa aksi pemain kelas dunia, namun para fans sepakbola juga disuguhkan kemampuan pelatih dalam meracik taktik brilliant nya untuk meraih kemenangan yang tak jarang juga memberikan kejutan. Berikut ini kami rangkum lima pelatih dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah Premier League!

1. Sir Alex Ferguson - 528 kemenangan 

5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!goal.com

Meski debut pertamanya bersama setan merah di Premier League kurang manis dengan kekalahan 1-2 atas Sheffield United, namun siapa sangka ia kini dikenal sebagai pelatih tersukses yang menukangi setan merah.

Berkarier selama 21 musim untuk Manchester United, ia telah meraih 528 kemenangan dari 810 laga. Ia telah memberikan 13 gelar juara Premier League untuk Manchester United dan menjadi yang terbanyak dalam sejarah klub itu dengan ditangani oleh satu pelatih.

2. Arsene Wenger - 476 kemenangan

5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!medium.com

Tampil luar biasa bersama Arsenal pada tahun 2004 dengan menjuarai Premier League tanpa mengalami kekalahan dalam satu musim, sosok Arsene Wenger kini layak dirindukan oleh para fans the gunners mengingat inkonsistennya Arsenal di beberapa musim terakhir.

Bersama Arsenal opa Wenger telah meraih 476 kemenangan dari 828 pertandingan. 22 musim menukangi Arsenal, ia juga telah memberikan 3 gelar juara Liga Inggris dan juga termasuk pelatih asal Perancis tersukses yang berkiprah di Premier League.

3. Harry Radknapp - 236 kemenangan

5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!talksport.com

Pelatih berkebangsaan Inggris ini cukup terkenal di kancah Premier League, pasalnya ia telah melatih 8 klub berbeda sepanjang karier kepelatihannya di Premier League. Dia juga menjadi salah satu pelatih asal britania yang memainkan strategi sepakbola menyerang, dan telah meraih 236 kemenangan selama proses itu. Ironisnya, ia belum pernah satu kali pun meraih gelar Premier League di 8 klub yang ia nahkodai.

Baca Juga: 5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnya

4. David Moyes - 206 kemenangan

5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!whufc.com

Setelah ia sukses mendongkrak performa Everton, Moyes dipercaya menukangi Manchester United setelah Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun. Namun, hasil kerjanya tak sesuai dengan ekspektasi para fans setan merah. Dalam sejarah kariernya di Premier League, ia telah meraih 206 kemenangan dari 538 pertandingan namun belum meraih satu pun gelar untuk klub yang ia latih.

5. Jose Mourinho - 199 kemenangan

5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!goal.com

the special one Jose Mourinho telah mengoleksi 199 kemenangan sepanjang kariernya di Premier League. Ia telah menukangi 3 klub besar Premier League yaitu Chelsea, Manchester United dan yang terbaru kini adalah Tottenham Hotspurs. Sepanjang kariernya di Premier League, ia telah mengoleksi 3 gelar juara dan itu semua ia raih saat bersama Chelsea.

Dengan berperan sebagai juru taktik, posisi pelatih tak jarang menjadi sosok yang sangat diharapkan para fans untuk merubah nasib klub yang ia cintai. Dari lima nama pelatih tersebut adakah yang menjadi idolamu?

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola Top Dunia Ini Lahir di Bulan Juni, Siapa Saja?

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa S2 yang suka sepakbola, follow on ig @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya