5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambit

Ditonton 62 juta kali di bulan perdana penayangannya

Butuh waktu 30 tahun bagi penulis sekaligus produser Allan Scott agar dapat mengangkat The Queen’s Gambit ke layar lebar. Berulang kali menulis ulang naskah dan tetap menerima penolakan dari berbagai studio film dengan dalih tidak ada yang tertarik dengan catur, akhirnya Netflix menerima proyek ambisius Scott yang di adaptasi dari novel berjudul sama karya Walter Tevis.

Digarap dalam format limited series dengan total tujuh episode, The Queen’s Gambit berhasil meraih 62 juta penonton dari seluruh dunia dalam satu bulan penayangannya. Hal ini sukses menjadikan series yang dibintangi oleh Anya Taylor-Joy tersebut sebagai series terlaris sepanjang masa di Netflix.

Tidak berhenti sampai di sana, The Queen’s Gambit juga sukses menaikkan pamor catur di berbagai kalangan. Dibuat penasaran dengan kepiawaian Beth dalam bermain catur, penontonnya pun berbondong-bondong membeli set catur dan mulai mempelajarinya dengan serius. Termasuk lima istilah dalam permainan catur berikut ini yang muncul dalam series The Queen’s Gambit.

1. Checkmate

5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambitcuplikan series The Queen's Gambit (dok. Netflix/The Queen's Gambit)

Checkmate adalah situasi dimana raja diserang—juga dikenal sebagai check—dan tidak memiliki langkah lain untuk melarikan diri. Ketika checkmate atau skakmat terjadi, permainan segera berakhir dan dimenangkan oleh pemain yang memberikan checkmate.

Terdapat 20 jenis checkmate atau checkmating patterns yang diterapkan oleh pemain untuk menjatuhkan lawan. Setiap patterns memiliki kombinasi antara pola permainan bidak pemain dengan pola bidak lawan untuk memenangkan permainan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari beberapa jenis checkmating patterns yang kerap digunakan oleh pemain dalam permainan catur:

  • Checkmate with Two-Rooks, pemain menggunakan kedua rook atau benteng untuk menjatuhkan raja dengan memojokkan raja ke tepi papan agar tidak bisa melarikan diri.
  • Checkmate with King and Queen, memanfaatkan pion yang dipromosikan menjadi ratu di akhir pertandingan dan bantuan dari raja, pemain dapat memojokkan raja ke tepi papan untuk memenangkan permainan.
  • Checkmate with King and One Rook, pemain mendorong raja lawan ke sudut papan dimana jalur untuk melarikan diri ditutup oleh bidak raja dan bidak benteng melakukan check.

2. Grandmaster

5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambitcuplikan series The Queen's Gambit (dok. Netflix/The Queen's Gambit)

Sering disebut di sepanjang episode, grandmaster adalah gelar tertinggi yang didapat oleh seorang pecatur. Gelar tersebut diberikan oleh Fédération Internationale des Échecs—Federasi Catur Internasional kepada pecatur berbakat dan dipegang oleh penyandang gelar seumur hidup.

GM pertama kali diberikan kepada pecatur asal Rusia Tsar Nikolai II pada tahun 1914 . Seiring berjalannya waktu, kriteria yang harus dipenuhi oleh calon penerima gelar grandmaster terus berubah.

Yang terbaru FIDE memberikan gelar GM pada pemain yang memiliki peringkat catur classical dengan skor minimal 2.500. Dengan kata lain pecatur harus memiliki rating lebih dari 2.600 yang berasal dari turnamen sembilan putaran yang diadakan oleh FIDE serta menghadapi lawan yang berasal dari federasi atau negara lain yang juga memiliki gelar terhormat untuk mendapatkan gelar tersebut.

Baca Juga: 5 Film tentang Permainan Catur, sambil Mengasah Otak!

3. Castling

5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambitcuplikan series The Queen's Gambit (dok. Netflix/The Queen's Gambit)

Castling adalah satu-satunya langkah di mana pemain dapat memainkan dua bidak sekaligus di waktu yang bersamaan. Kerap digunakan untuk melindungi raja dari ancaman lawan, castling dilakukan dengan memindahkan bidak raja dua kotak ke kanan atau ke kiri dan bidak benteng bergerak langsung ke salah satu sisi bidak raja.

Pada umumnya castling hanya dapat dilakukan jika pemain belum memindahkan bidak raja dan benteng sama sekali atau tidak ada bidak lain yang menghalangi arah langkah bidak raja dan benteng. Pemain tidak diperbolehkan menggunakan langkah castling ketika sedang melakukan atau terjebak dalam check.

4. Fork

5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambitcuplikan series The Queen's Gambit (dok. Netflix/The Queen's Gambit)

Berbeda dengan alat makan garpu, fork yang satu ini berfungsi untuk mengalahkan lawan dalam permainan catur. Merupakan salah satu taktik dasar dalam catur, fork atau garpuan menggunakan satu bidak untuk menyerang dua bidak atau lebih secara bersamaan.

Seluruh bidak dapat digunakan untuk melakukan fork. Namun bidak kuda lebih sering digunakan karena langkahnya yang unik dan tidak dapat ditangkap oleh bidak yang diserang dengan mudah.

Fork menjadi langkah yang mematikan karena dapat menyerang bidak raja lawan secara langsung.

5. Draw

5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambitcuplikan series The Queen's Gambit (dok. Netflix/The Queen's Gambit)

Draw atau imbang adalah situasi di mana dalam suatu permainan catur tidak ada pemain yang menang maupun kalah. Ketika kedua belah pihak menemukan jalan buntu dan meminta draw untuk mengakhiri permainan, maka setiap pemain memenangkan setengah dari poin.

Tidak hanya diusulkan oleh salah satu pemain, arbiter atau wasit yang mengawasi jalannya permainan juga dapat mengusulkan draw. Draw sendiri umum ditemukan dalam pertandingan antar pecatur dengan peringkat tinggi.

Menurut peraturan FIDE, terdapat lima situasi di mana suatu permainan dapat berakhir dengan draw:

  • Stalemate, ketika pemain yang perlu melangkah tidak dapat menggerakkan bidaknya dan bidak raja tidak dalam keadaan check.
  • Dead position, ketika kedua belah pihak pemain tidak dapat melakukan langkah yang sah maupun memiliki cukup bahan untuk melakukan checkmate pada masing-masing raja.
  • Mutual agreement, ketika kedua belah pihak pemain bersedia untuk mengakhiri pertandingan atau salah satu pihak mengusulkan draw dan pihak lainnya menyetujui permintaan draw. Jika pihak lainnya menolak untuk draw maka permainan akan terus berjalan.
  • Threefold repetition, ketika langkah bidak pemain berakhir di satu posisi yang sama setidaknya tiga kali dalam suatu permainan dan mengusulkan draw.
  • 50 move rule, ketika kedua belah pihak pemain melakukan 50 gerakan berturut-turut tanpa memakan bidak apapun atau tidak memindahkan pion sama sekali maka kedua belah pihak pemain berhak mengajukan draw

Untuk kamu yang sama sekali belum menonton atau ingin menyaksikan ulang series The Queen’s Gambit, kamu bisa menontonnya di layanan streaming Netflix. Cocok untuk ditonton akhir pekan ini bareng teman atau keluarga!

 

 

Baca Juga: 10 Pemain Catur Dunia dengan Rating Tertinggi Februari 2022

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya