Comscore Tracker

5 Pemain Top EPL yang Masuk "Daftar Belanja" Xavi di Barcelona

Siapa yang kamu inginkan, cules?

Xavi Hernandes akhirnya pulang ke Barcelona. Sang legenda ditunjuk sebagai pelatih utama menggantikan Ronaldo Koeman. Banyak pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi eks pelatih Al-Sadd itu. Langkah pertama langsung ia lakukan dengan merekrut mantan rekan setimnya, Dani Alves.

Namun itu baru pembukaan, tampaknya Xavi akan bongkar pasang skuadnya dengan mendatangkan pemain baru lainnya. Menariknya, target sang pelatih berasal dari Premier League. Berikut ini lima pemain EPL yang masuk dalam daftar belanjanya di Barcelona.

1. Raheem Sterling

5 Pemain Top EPL yang Masuk Daftar Belanja Xavi di Barcelonaselebrasi gol Raheem Sterling (premierleague.com)

Musim ini Raheem Sterling tersisih dari skuad utama karena hadirnya Jack Grealish. Sang pemain pun mengungkapkan keinginannya untuk hengkang demi dapatkan tempat reguler. Hal ini tidak lepas agar dirinya bisa mengamankan satu tempat di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022.

Barcelona dikabarkan sangat tertarik untuk membawanya ke Camp Nou Januari mendatang. Dia bisa menjadi kekuatan baru untuk meningkatkan daya gedor lini serang mereka. Apalagi Sergio Aguero dipastikan absen panjang karena gangguan jantung yang ia derita. Blaugrana dilaporkan akan memboyongnya dengan status pinjaman, dan itu tampaknya menjadi solusi bagi semua pihak.

2. Jesse Lingard

5 Pemain Top EPL yang Masuk Daftar Belanja Xavi di Barcelonapotret Jesse Lingard (fcbarcelonanoticias.com)

Saat ini Barcelona hanya memiliki Coutinho sebagai playmaker, dan Xavi dikabarkan belum puas dengan performa pemain asal Brasil itu. Dia ingin mendatangkan sosok baru, dan Jesse Lingard menjadi kandidatnya. Saat ini sang pemain kembali terpinggirkan di Man United, dan kontraknya akan berakhir pada musim panas 2022.

Xavi menilai Lingard memiliki potensi untuk tampil sesuai ekspektasinya. Barcelona sendiri bisa mendatangkannya secara gratis di musim depan. Meski MU dilaporkan menyodorkan kontrak baru, Lingard belum mau menerimanya karena tak ada jaminan dirinya tampil reguler. Dengan kondisi ini, Barcelona bisa menjadi opsi terbaik bagi Lingard untuk mengembangkan kariernya.

Baca Juga: 5 Bintang Bundesliga yang Performanya Anjlok usai Hengkang ke EPL

3. Cesar Azpilicueta

5 Pemain Top EPL yang Masuk Daftar Belanja Xavi di Barcelonapotret Cesar Azpilicueta (twitter.com/CesarAzpi)

Strategi transfer Barcelona akan berfokus pada pemain gratisan mengingat kondisi finansial klub yang sedang buruk. Satu pemain yang kabarnya memikat hati Xavi adalah kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta. Xavi kabarnya menyukai gaya bermain sang pemain, yang tampil sangat baik di bek kanan baik dalam skema empat ataupun tiga bek.

Kontraknya di Chelsea akan berakhir musim panas 2022, dan belum ada kesepakatan baru terjalin. Dengan pengalaman dan mental juaranya di Chelsea, ia bisa menjadi sosok pemimpin untuk membangkitkan performa klub. LaLiga pun bukan kompetisi asing baginya karena di sanalah ia memulai kariernya bersama Osasuna.

4. Christian Pulisic

5 Pemain Top EPL yang Masuk Daftar Belanja Xavi di Barcelonapotret Christian Pulisic (twitter.com/cpulisic_10)

Selain Lingard, Barcelona memiliki opsi lainnya untuk posisi playmaker. Blaugrana dikabarkan tertarik juga untuk mendatangkan Christian Pulisic. Pemain asal Amerika itu saat ini terpinggirkan di Chelsea karena inkonsistensi dan terganggu cedera. The Blues pun dilaporkan tidak keberatan untuk melepasnya di Januari nanti.

Meski demikian, Barcelona dihadapkan dengan minimnya dana transfer. Mereka diyakini sedang menyusun proposal yang memuaskan untuk memboyong sang pemain, dan mungkin saja melibatkan skema pertukaran pemain.

5. Mohamed Salah

5 Pemain Top EPL yang Masuk Daftar Belanja Xavi di Barcelonapotret selebrasi gol Mohamed Salah (twitter.com/LFC)

Laporan terbaru menyebutkan jika Xavi sangat meninginkan Mohamed Salah. Dia dinilai merupakan sosok yang tepat untuk menggantikan peran Lionel Messi. Saat ini pemain asal Mesir itu merupakan salah satu pemain terbaik di dunia berkat konsistensinya dalam mencetak gol bersama Liverpool.

Ini bakal menjadi tugas sangat berat karena sang pemain pernah mengungkapkan dirinya sangat bahagia di Liverpool. Kontraknya sendiri baru akan berakhir pada 2023 mendatang, dan The Reds kabarnya akan memberikan perpanjangan kontrak. Meski demikian, bukan tak mungkin keinginan Xavi bisa terwujud di masa mendatang seiring perbaikan performa klub.

Kedatangan Xavi sebagai pelatih baru membangkitkan harapan fans akan adanya perbaikan performa. Namun, tugas ini tidak akan mudah bagi sang pelatih mengingat skuadnya saat ini merupakan peninggalan pelatih sebelumnya. Di sisi lain, kondisi finansial klub pun tidak mendukung karena faktor krisis finansial. Lalu, bisakah Xavi membuat perubahan signifikan?

Baca Juga: 5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPL

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya