Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021

Ada nama Jan Oblak hingga Federico Chiesa

Setelah sempat ditiadakan pada 2020, ajang penghargaan bergengsi Ballon d'Or kembali dihelat di tahun ini. Majalah France Football telah merilis 30 nama yang masuk dalam nominasi sebagai Pemain Terbaik Ballon d'Or 2021. Dari deretan nama tersebut, masuk nama-nama favorit seperti Jorginho, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi hingga Kylian Mbappe.

Namun, secara mengejutkan beberapa nama pemain sepak bola top yang dinilai layak masuk nominasi, justru tersingkir. Nah, berikut ini 5 pemain bintang yang gagal masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2021.

1. Jadon Sancho

Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Jadon Sancho (telegraph.co.uk)

Sancho memulai awal yang lambat di Manchester United setelah pindah ke Old Trafford senilai 85 juta euro. Namun, performanya musim lalu bersama Borussia Dortmund sangat luar biasa. Dia total mencetak 16 gol dan 20 assist dari 38 laga di semua ajang, dan menjadi duet paling berbahaya bersama Erling Haaland.

Dia juga sukses membawa Dortmund menjuarai DFB Fokal, dan menjadi bagian dari Timnas Inggris lolos ke final Piala Eropa 2020. Namun, itu belum cukup untuk membuat namanya masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2020.

2. Achraf Hakimi

Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Achraf Hakimi (footballtransfers.com)

Romelu Lukaku, Lautaro Martinez, dan Nicolo Barella adalah tiga pemain Inter Milan yang masuk dalam daftar pendek Ballon d'Or usai menjadi kunci meraih Scudetto musim lalu. Satu pemain lagi yang dinilai layak masuk nominasi adalah Achraf Hakimi, tetapi itu tidak terjadi.

Padahal musim lalu dia tampil impresif, dan disebut sebagai salah satu bek kanan terbaik dunia saat ini. Musim lalu, dia menorehkan 7 gol dan 10 assist dari 37 laga Serie A. Sayangnya, krisis finansial membuat Inter Milan harus melepasnya ke PSG dengan harga 60 juta euro.

Baca Juga: 5 Klub Penyumbang Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021 Terbanyak

3. Thomas Muller

Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Thomas Muller (twitter.com/ChampionsLeague)

Tidak ada pemain dalam daftar 30 pemain nominasi Ballon d'Or yang mencatat lebih banyak assist untuk klub selama tahun 2021 seperti Thomas Muller. Pemain 32 tahun itu mencetak 24 assist untuk Bayern Munchen dari 46 laga di semua ajang. Dia juga mempersembahkan gelar Bundesliga kesembilan secara beruntun untuk Die  Bavarian.

Sayangnya, comeback sang pemain bersama Timnas Jerman tercoreng usai dibungkam Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Hal, yang mungkin membuat dia tak masuk dalam nominasi Ballon d'Or.

4. Jan Oblak

Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Jan Oblak (theguardian.com)

Peran Luis Suarez di musim lalu memang luar biasa bersama Atletico Madrid, namun peran Jan Oblak justru dinilai lebih signifikan. Dia menjadi kiper dengan jumlah kebobolan paling sedikit, 25 gol dan mencatatkan clean sheet terbanyak di LaLiga lewat 18 laga. Dia bahkan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik LaLiga musim 2020/21.

Dia pun tampil luar biasa yang mencakup dua penalti penyelamatan penting di minggu-minggu terakhir perburuan gelar LaLiga. Namun karena Slovenia yang gagal tampil di Piala Eropa 2020 mungkin menjadi sebab Oblak tak masuk dalam nominasi Ballon d'Or.

5. Federico Chiesa

Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Federico Chiesa (juventus.com)

Tidak masuknya nama Federico Chiesa dalam nominasi Ballon d'Or 2020 cukup mengejutkan, mengingat musim lalu menjadi tahun terbaik bagi winger 22 tahun itu. Dia menjadi sosok penting Italia menjuarai Piala Eropa 2020 lewat gol krusialanya ke gawang Austria dan Spanyol, yang menentukan kelolosan Gi Azzuri ke final.

Dia juga tampil mengesankan di musim perdananya untuk Juventus dengan mencetak 15 gol dan 11 assist dari 46 laga di semua ajang. Dia juga berhasil persembahkan gelar Coppa Italia dan Super Coppa Italiana untuk Juventus.

Gagalnya para pemain di atas masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2021 cukup mengejutkan. Namun, ini tidak melepaskan mereka dari label sebagia pemain bintang, dan salah satu terbaik di dunia saat ini. Musim ini, performa mereka pun tidak kalah luar biasa, dan mungkin saja akan meraih penghargaan elit ini di masa depan.

Baca Juga: 6 Pemain Liga Inggris yang Pernah Raih Ballon d'Or, Jorginho Menyusul?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya