Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami Pemecatan

Andrea Pirlo jadi korban terbaru

Musim ini Juventus harus rela kehilangan gelar Scudetto usai finish di peringkat ke-4. Tak hanya itu, mereka pun gagal total di ajang Liga Champions. Mengemban tugas melatih Juventus adalah beban yang berat karena mereka selalu memasang target yang tinggi.

Hal ini pun telah banyak memakan korban berupa pemecatan pelatih. Nama besar mereka bahkan tidak menjadi jaminan Juventus mau mempertahankannya. Beberapa nama bahkan harus dipecat sebelum genap satu musim. Berikut ini 6 pelatih yang sempat mengalami pemecatan di Juventus.

1. Carlo Ancelotti   

Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami PemecatanCarlo Ancelotti (as.com)

Sebelum sukses bersama AC Milan, Carlo Ancelotto sempat menangani Juventus pada medio 1999--2001 menggantikan Marcelo Lippi. Dua musim di sana, Ancelotti gagal mempersembahkan Scudetto dan hanya memberikan satu gelar Piala Intertoto.

Raihan yang tak sesuai ekspektasi klub pun membuat dirinya dipecat dan kembali digatikan oleh Marcelo Lippi. Ancelotti kemudian hijrah ke AC Milan dan menjalani karier yang indah di San Siro.

2. Claudio Ranieri

Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami PemecatanClaudio Ranieri (bleacherreport.com)

Pada tahun 2007 Juventus berhasil kembali ke Serie A usai dihukum turun kasta musim sebelumnya akibat kasus Calciopoli. Claudio Ranieri ditunjuk menggantikan Didier Deschamps yang mengundurkan diri. Musim pertama Ranieri terbilang tak mengecewakan usai membawa Juventus finis di peringkat ke-3.

Namun, musim selanjutnya berjalan tak sesuai rencana. Ranieri dipecat Juventus di penghujung musim 2008/2009 menyusul tujuh pertandingan beruntun tanpa kemenangan. Posisinya diigantikan Ciro Ferarra ketika kompetisi hanya  menyisakan dua laga.

Baca Juga: Mengenang Magis Claudio Ranieri Melalui Potongan Pizza

3. Ciro Ferrara

Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami PemecatanCiro Ferrara (eurosport.com)

Ciro Ferrara ditunjuk sebagai caretaker Juventus pada musim 2008/2009 usai Claudio Ranieri dipecat di pertengahan musim. Dia pun kemudian dipermanenkan untuk musim selanjutnya. Sayangnya, Ferrara dinilai tidak mampu mendongkrak performa Juventus.

Ferrara menangani Juventus hanya dalam 31 laga dengan torehan 15 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 11 kekalahan. Pada Januari 2010 dia pun dipecat usai kalah dari Inter Milan di babak perempat final Coppa Italia.

4. Luigi Delneri

Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami PemecatanLuigi Delneri (calciomercato.com)

Luigi Delneri menangani Juventus pada 2010 usai meraih hasil luar biasa bersama Sampdoria dengan finis di peringkat 4 besar Serie A. Sayang, Dewi Fortuna tidak mengikutinya saat menangani Bianconerri.

Di musim pertamanya, Juventus harus finsi di peringkat ke-7 dan gagal tampil di kompetisi Eropa. Akibat hasil buruk tersebut, Delneri pun harus rela dipecat di akhir musim.

5. Maurizio Sarri   

Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami PemecatanMaurizio Sarri (as.com)

Musim lalu Maurizio Sarri ditunjuk menjadi pelatih Juventus menggantikan Massimiliano Allegri. Mantan pelatih Chelsea itu hanya bertahan satu musim, padahal dia berhasil mempersembahkan Scudetto. Alasan pemecatannya terjadi karena Juventus gagal di Liga Champions.

Sejak itu dia belum kembali ke lapangan hijau. Namun, kini namanya mulai dikaitkan kembali dengan beberapa klub, seperti Inter Milan dan Arsenal.

6. Andrea Pirlo

Performa Buruk, 6 Pelatih Top Juventus Ini Alami PemecatanAndrea Pirlo (football-italia.net)

Musim ini Juventus gagal mempertahankan trofi Serie A yang telah mereka kuasai selama sembilan musim terakhir. Di bawah asuhan Andrea Pirlo, Juventus hanya finis di peringkat ke-4 akhir musim. Hasil ini pun membuat mantan pemain AC Milan dan Juventus itu harus menerima pemecatan dan digantikan oleh Massimiliano Allegri.

Pirlo baru ditunjuk menjadi pelatih tim utama musim ini menggantikan Maurizio Sarri. Prestasinya pun tak buruk karena dia berhasil mempersembahkan Supercoppa Italia dan Coppa Italia musim ini.

 

Sebagai klub paling sukses di Serie A, tugas melatih Juventus tidaklah mudah. Mereka selalu berambisi untuk menjadi klub terbaik di Eropa. Nama besar seorang pelatih bahkan bukan sebuah jaminan Juventus akan mempertahankannya. Apalagi, jika target yang mereka harapkan tidak tercapai.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Andrea Pirlo Gagal Selama di Juventus

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya