Kemensos Beri Pelatihan untuk 8.000 Relawan Asian Paragames 2018

Relawan dilatih untuk mendampingi atlet disabilitas

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) memberikan kontribusinya untuk mendukung penyelenggaraan Asian Paragames 2018 dimana Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara.

Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (6/10) mendatang. Sementara itu, upacara penutupan akan diadakan di di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (13/10).

Apa saja dukungan yang diberikan Kemensos dalam penyelenggaraan Asian Paragames 2018? Berikut ulasannya.

1. Pelatihan dilakukan untuk bisa melayani para atlet disabilitas

Kemensos Beri Pelatihan untuk 8.000 Relawan Asian Paragames 2018asianparagames2018.id

Langkah konkret Kemensos dalam mendukung pesta olahraga terbesar di Asia bagi para penyandang disabilitas atau difabel ini adalah dengan memberikan pelatihan bagi 8 ribu relawan yang akan mendampingi atlet mulai dari berangkat menuju venue hingga dia bertanding dan balik lagi ke tempat peristirahatan di Wisma Atlet Kemayoran.

“Kami mendapatkan tugas untuk melakukan TOT (pelatihan untuk pelatih) pada para relawan karena memang jenis kerjanya berbeda dengan relawan-relawan yang kemaren bertugas melayani Asian Games 2018,” ujar Menteri Sosial Agus Gumiwang di Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, Rabu (19/9).

2. Diberikan materi seputar pelayanan bagi para penyandang disabilitas

Kemensos Beri Pelatihan untuk 8.000 Relawan Asian Paragames 2018IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam menghadapi setiap atlet yang memiliki keterbatasan fisik yang berbeda-beda di setiap cabang olahraganya, maka Kementerian Sosial sebagai lembaga yang ditunjuk oleh negara berkewajiban memberikan pembekalan ilmu kepada relawan agar perhelatan ini bisa berjalan dengan baik.

“Jadi memang harus ada penguatan materi dari relawan karena jenisnya berbeda dan cara kerjanya beda, jadi tugas dari kami kerja sama dengan Inapgoc melakukan sosialisasi agar penyelenggaraan dari Asian Paragames bisa sukses,” terangnya.

Baca Juga: Asian Paragames 2018, Menpora: Bonus Cair Sebelum Keringat Mengering

3. Tugas Kemensos juga menyiapkan kebutuhan dasar bagi para atlet disabilitas

Kemensos Beri Pelatihan untuk 8.000 Relawan Asian Paragames 2018IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain pemberian bekal materi kepada para relawan, tugas Kemensos lainnya adalah untuk mempersiapkan segala kebutuhan dasar bagi para atlet peserta Asian Paragames mulai dari tempat tinggal hingga sarana dan prasarana selama mereka bertanding.

“Tugas yang diberikan oleh panitia Inapgoc kepada Kemensos berkaitan dengan kesiapan-kesiapan dari fasilitas. Kami harus memastikan bahwa fasilitas-fasilitas baik itu asrama dan lain-lain sudah siap dan ramah bagi penyandang disabilitas.

Untuk diketahui, penyelenggaraan Asian Paragames sendiri akan diadakan pada 6-13 Oktober 2018. Ada sekitar 5 ribu atlet yang akan bertanding dari 42 negara. Setidaknya akan ada 17 cabang olahraga yang diperlombakan bagi para atlet penyandang disabilitas ini.

Baca Juga: Jokowi Janji Bonus Atlet Asian Paragames Sama dengan Asian Games 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya