Mengintip Tempat Tinggal Para Atlet Selama Asian Games 2018

Ternyata kamar atlet Asian Games 2018 seperti ini toh.

Jakarta, IDN Times - Sejumlah persiapan jelang perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah.

Persiapan mulai dari venue pertandingan hingga tempat tinggal para atlet yang akan berlaga pun sudah berhasil dirampungkan.

Seperti apa penampakan Wisma Atlet yang akan menjadi tempat tinggal para atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018?

1. Terdiri dari 7 tower

Mengintip Tempat Tinggal Para Atlet Selama Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Direktur Wisma Atlet Kemayoran Tri Ananta Andriawan menjelaskan, seluruh tower yang ada di Wisma Atlet tersebut telah rampung seluruh pengerjaannya mulai dari tempat tinggal hingga fasilitas penunjang lainnya.

"Ada 7 tower, 6 tower untuk atlet dan official dengan total 15 ribu orang bisa menempatinya. Seribu anggota keamanan untuk mengamankan wisma atlet,” kata Andriawan di Wisma Atlet Kemayoran beberapa waktu lalu kepada IDN Times.

2. Setiap unit diisi 3 orang atlet

Mengintip Tempat Tinggal Para Atlet Selama Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Adapun sekitar 5.494 unit dari 7 tower tersebut memiliki fasilitas dan bangunan yang sama antara satu dengan yang lainnya.

"Luas kamar 36 meter persegi dengan dua kamar, satu kamar mandi, satu dapur, dan ruang tamu,” jelas Andriawan.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 di Jakarta

3. Unit diperuntukan untuk tempat beristirahat atlet

Mengintip Tempat Tinggal Para Atlet Selama Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Namun, ia menjelaskan di setiap unit pada Wisma Atlet Kemayoran tidak disediakan fasilitas hiburan yang mendukung seperti televisi karena wisma tersebut diperuntukan untuk istirahat para atlet usai bertanding.

Andriawan menegaskan, bahwa Atlet yang ingin menonton televisi sudah disediakan di setiap aula pertemuan di masing-masing tower.

"Wifi ada di seluruh kawasan wisma atlet, tak hanya di kamar. Tidak ada televisi, tidak ada telepon," terangnya. 

Baca Juga: Tiba di Jakarta, Obor Asian Games Diistirahatkan di TMII

4. Keamanan yang super ketat

Mengintip Tempat Tinggal Para Atlet Selama Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Setiap lantai di semua Tower Wisma Atlet juga dilengkapi dengan kamera pengawas yang aktif mengawasi selama 24 jam sebagai salah satu bentuk keamanan bagi para atlet. Selain itu mereka mendapat pelayanan terbaik oleh panitia penyelenggara Asian Games seperti makan dan kebutuhan pribadi lainnya.

"Perlakuan Wisma Atlet sama dengan hotel. Soal kebersihan kamar akan kami perlakukan seperti hotel. Soal keamanan juga, yang tidak punya akreditasi tidak akan bisa masuk ke kawasan wisma atlet," kata dia.

Wisma Atlet Kemayoran juga dilengkap dengan tempat karaoke, kursi pijat, mini market, mini teater, gym, flower shop dan tempat laundry.

Seperti diketahui Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. Dua kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Palembang akan menjadi tempat utama jalannya pertandingan Asian Games 2018.

Baca Juga: [FOTO] Tawa Jokowi-Anies di Wisma Atlet Kemayoran

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya