Ratusan Media Asing Siap Meliput Asian Games 2018

Peran media dinilai penting untuk mensosialisasikan Asian Games

Jakarta, IDN Times - Antusiasme media terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus hingga September mendatang ternyata luar biasa. Tak hanya media di tanah air, tapi juga media-media internasional.

1. Mengundang 200 media

Ratusan Media Asing Siap Meliput Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Antusiasme media bisa dilihat dari perserta yang hadir dalam acara World Press Briefing (WPB) yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta, pada 2-3 April 2018.

Ada sekitar 200 perwakilan media, termasuk 100 media asing dari berbagai belahan dunia, seperti Qatar, Arab Saudi, Pakistan, Palestina, Laos, Jepang, Tiongkok, Uzbekistan, Kazakstan,  Vietnam, Iran, Malaysia, dan beberapa negara Asia lainnya. Tak ketinggalan kantor berita seperti Reuters, AP, dan AFP.

“Kegiatan mengundang dan presentasi di depan media sering digelar INASGOC. Hal itu tak lain, karena peran media dan broadcast sangat penting untuk kesuksesan Asian Games," ujar Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (02/04).

Baca juga: 4 Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games

2. Presentasi penyelenggara mudahkan awak media dalam peliputan

Ratusan Media Asing Siap Meliput Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

World Press Briefing sendiri digelar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal teknis peliputan. Mulai dari penggunaan remote atau robotic camera, transportasi antara Jakarta – Palembang, serta  mekanisme memasukkan peralatan kerja melalui bandara.

“Kami berharap kegiatan ini bisa mengangkat isu-isu yang dekat dengan kebutuhan media dan mereka bebas mengungkapkan apa yang mereka inginkan agar kerja peliputan selama Asian Games 2018 nanti bisa lebih maksimal,” lanjut Eris.

3. Gala dinner hingga kunjungan ke Venue jadi agenda WPB

Ratusan Media Asing Siap Meliput Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Di hari pertama, kegiatan World Press Briefing berisikan paparan kesiapan bidang-bidang penting di Asian Games 2018, seperti media, sports, venue, transportasi, broadcast, dan akomodasi. Welcome Gala Dinner yang akan dihadiri Ketua Pelaksana INASGOC, Erick Thohir akan berlangsung, Senin malam. 

Sementara kunjungan ke beberapa venue, seperti Athletes Village, Velodrome Rawamangun, dan Equestrian Park Pulomas, serta Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan akan digelar di hari kedua, Selasa, (03/04).

Baca juga: Asian Games 2018: Panitia Siapkan 94 Venue Pertandingan

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya