7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum Bersinar

Berganti nama, logo, hingga bangkit dari keterpurukan

Manchester United atau yang memiliki julukan The Red Devils menjadi satu diantara sekian banyak klub terkenal bertabur bintang di Liga Inggris. Sama seperti klub-klub sepak bola yang lain, tentunya Manchester United menyimpan sejarahnya sendiri.

Berawal dari klub yang didirikan oleh para pekerja perkeretaapian kemudian berganti nama dan berganti-ganti logo merupakan sekelumit fakta sejarah dari klub sepak bola yang satu ini, dan pada pembahasan kali ini kita akan mengulik fakta-fakta yang dimiliki oleh The Red Devils, di antaranya adalah.

1. Dahulu bernama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarTim Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway (bleacherreport.com)

Pada tahun 1878, sebuah klub Bernama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway untuk pertama kalinya didirikan. Uniknya, tim ini didirikan oleh para pekerja dari perusahaan perkeretaapian Lancashire and Yorkshire Railway.

Klub sepak bola para pekerja ini merupakan cikal bakal terbentuk nya klub kenamaan asal kota Manchester, Inggris yang di kemudian hari kita mengenalnya sebagai Manchester United.

2. Berganti nama menjadi Manchester United pada 1902

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarTim Manchester United (sportsteamhistory.com)

Pada tahun 1902, klub Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway yang sebelumnya didirkan para pekerja perkeretaapian ternyata hampir mengalami kebangkrutan, mereka memiliki hutang sebesar 2.670 Poundsterling.

Namun, kebangkrutan klub tersebut bisa diatasi karena seorang pengusaha lokal bernama John Henry Davies memberikan investasi kepada klub tersebut, sekaligus mengganti nama klub ini menjadi Manchester United untuk pertama kalinya.

Baca Juga: 9 Pemain yang Pernah Membela Manchester United dan Leicester City

3. Pada tahun 1908, MU berhasil meraih gelar juara pertamanya

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarTim Manchester United berpose dengan Trofi pada 1956 (manutd.com)

Seperti yang kita ketahui, kini MU telah memiliki 20 gelar Juara Liga Inggris. Ternyata, The Red Devils sudah berhasil meraih gelar juara Liga Inggris untuk pertama kalinya pada tahun 1908.

Pada saat itu, MU mendapatkan kemenangan 2-1 saat menghadapi  Sheffield United. Semenjak kemenangan itu, MU seolah mendapatkan tren kemenangan 10 kali beruntun hingga berhasil mendapatkan gelar juaranya yang pertama kali dalam sejarah berdirinya klub ini.

4. Old Trafford Resmi menjadi markas MU pada tahun 1910

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarStadion Old Trafford (wallpaperbetter.com)

Old Trafford yang kini menjadi markas Manchester United ternyata tercatat pertama kali merumput di Old Trafford pada tahun 1910. Pindahnya MU ke markas barunya yakni Old Trafford, di karenakan lapangan yang mereka gunakan sebelumnya di Bank Street mengalami kerusakan dan tidak memungkinkan di gunakan.

Selain itu, lapangan tersebut juga  sangat dekat dengan Pabrik yang bisa menimbulkan polusi asap yang bisa mengganggu ketika tim sedang berlaga. Saat itu, J.H. Davies sebagai pemilik klub memilih tempat yang relatif kondusif yang berdekatan dengan Kanal Bridgewater, tak jauh dari Utara Jalan Warwick, Old Trafford.

5. Pernah mencicipi 5 kali degradasi

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarPemain MU yang kecewa (liputan6.com)

Terakhir kali The Red Devils mengalami degradasi pada musim 1973/1974 silam. MU harus pasrah setelah menelan pil pahit kekalahan sebanyak 20 kali dan terpuruk di peringkat 21 dengan hanya mengoleksi 32 poin.

Itu merupakan catatan terburuk sepanjang sejarah yang ditorehkan sang raja Liga Inggris tersebut. Berikut daftar musim terburuk MU hingga degradasi :

  1. 1893-94  Divisi Pertama
  2. 1921-22  Divisi Pertama
  3. 1930-31  Divisi Pertama
  4. 1936-37  Divisi Pertama
  5. 1973-74  Divisi Satu

6. Beberapa kali berganti lambang

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarPerkembangan logo MU (logos-world.net)

Manchester United tercatat beberapa kali mengalami mengalami perubahan pada lambangnya. Lambang Newton Heath LYR pada tahun 1878 bergambar lokomotif uap berlatar warna kuning dan hijau menjadi lambang pertama dari klub ini. Adapun pergantian lambang pertama pada klub terjadi pada tahun 1891.

Setelah nama nya berganti menjadi Manchester United, klub ini berganti lambang pertama kali pada tahun 1902. Setelah itu berganti lagi pada tahun 1960, kemudian berganti lagi pada 1970. Berselang tiga tahun, pada 1973 klub berganti lambang kembali, gambar Red Devils pertama kali muncul pada lambang kali ini. Terakhir, MU mengganti lambangnya pada tahun 1998 dan terus bertahan hingga kini.

7. Kecelakaan pesawat Munich 1958 membuat MU terpuruk

7 Fakta Sejarah Manchester United, Hampir Terpuruk sebelum BersinarKecelakaan pesawat Munich 1958 (thesportsman.com)

Pada 6 Februari 1958, pesawat British European Airways dengan nomor penerbangan 609 yang membawa tim Manchester United beserta staff jatuh di saat hendak lepas landas dari landasan bersalju Bandara Munich-Riem, Jerman Barat.

Kejadian tersebut mengakibatkan 23 penumpang beserta kru tewas. Hanya 21 orang yang berhasil selamat dari total 44 penumpang dan kru pesawat naas tersebut. Padahal tim MU yang kala itu berjuluk "Busby Babes" dalam perjalanan pulang dari pertandingannya, setelah MU berhasil menyingkirkan Red Star Belgrade untuk maju ke semi final Piala Eropa.

Setelah kejadian tersebut, Manchester United kehilangan sekitar 8 pemainnya. Beredar desas-desus MU akan gulung tikar pasca kejadian tersebut, namun klub akhirnya dapat bertahan dengan tim sementaranya dan masih bisa menghadapi Final Piala FA tiga bulan kemudian walau akhirnya kalah dari Bolton Wanderers.

Itulah sederet fakta sejarah yang mewarnai berdirinya Manchester United hingga sekarang menjadi klub yang dipenuhi bintang-bintang terkenal.

Baca Juga: Selain Manchester United, 10 Klub Ini Juga Dijuluki Setan Merah

Fitran Briliano Photo Verified Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya