Comscore Tracker

LeBron James, Pemain Pertama dengan 10.000 Poin, Rebound, dan Assist

LeBron James aktif bermain sejak 2003

Nama LeBron James bukanlah nama asing. Dia telah menjadi wajah utama NBA selama bertahun-tahun. James bahkan mampu masuk ke Hollywood. Dia setara dengan pesohor-pesohor papan atas.

LeBron James sendiri terkenal berkat prestasinya di dunia bola basket. Dia tidak hanya bersinar di NBA, tetapi juga Olimpiade dan Piala Dunia. Sang Raja—begitu orang-orang memanggilnya—berkali-kali menjadi bintang Amerika Serikat. Dia mampu mengibarkan bendera Paman Sam dengan megah.

Namanya makin melambung kala mencetak berbagai rekor di dunia bola basket. LeBron James belakangan ini memegang rekor baru lagi. Dia menjadi satu-satunya pemain NBA yang mampu menembus catatan 10.000 poin, rebound, dan assist.

1. LeBron James terpilih di urutan pertama NBA Draft 2003

LeBron James, Pemain Pertama dengan 10.000 Poin, Rebound, dan AssistLeBron James (nba.com)

LeBron James telah menjadi fenomena sejak muda. Dia merupakan pemain andalan sekolah St Vincent-St Mary. Berkat penampilannya saat duduk di bangku SMA, tim-tim bola basket universitas ingin merekrutnya. Namun, James memilih terjun langsung ke ranah profesional.

Cleveland Cavaliers menjadi klub yang beruntung. Mereka mendapatkannya lewat hak pilih nomor satu di NBA Draft 2003. Cavaliers pun dapat memanfaatkan bakat muda yang kebetulan putra daerah Ohio, negara bagian di mana Cavaliers bernaung.

2. Bermain untuk tiga klub berbeda selama 19 musim

LeBron James, Pemain Pertama dengan 10.000 Poin, Rebound, dan AssistLeBron James bergabung dengan Chris Bosh dan Dwyane Wade untuk membela Miami Heat di NBA pada 2010. (nba.com)

LeBron James telah berkarier selama 19 musim terhitung pada 2022 ini. Selama itu, dia pernah membela tiga klub berbeda: Cleveland Cavaliers, Miami Heat, dan Los Angeles Lakers.

Sang Raja sukses meraih gelar juara bersama tiga klub itu. Dia juara bersama Heat pada 2012 dan 2013, bersama Cavaliers pada 2016, dan bersama Lakers pada 2020. Itu artinya, LeBron James merengkuh total empat gelar juara. Dia bisa menambah gelarnya karena masih aktif bermain sampai 2021/2022 ini bersama Lakers.

3. Mencetak 36.854 poin, terbanyak ketiga sepanjang masa

https://www.youtube.com/embed/h6tKriPfW2s

LeBron James menjadi pemain pertama yang menembus catatan 10.000 poin, rebound, dan assist di NBA. Koleksi poinnya bahkan sudah mencapai 36.854 poin per Selasa (15/3/2022) ini. Jumlah itu masih bisa bertambah ketika dia tampil lagi.

James sendiri masih menjadi mesin poin Los Angeles Lakers saat ini. Dia mampu mencetak rata-rata 29,7 poin. Meski usianya sudah 37 tahun, Sang Raja tidak juga tumpul. Dia merupakan pemain paling konsisten sejak kariernya pada 2003 silam. Tidak heran James menempati peringkat tiga dalam rekor pencetak poin terbanyak NBA sepanjang masa.

Baca Juga: 5 Pebasket Terbaik dari NBA Draft 2003, Ada LeBron James

4. Andal merebut bola muntah hingga mengoleksi 10.159 rebound

LeBron James, Pemain Pertama dengan 10.000 Poin, Rebound, dan AssistLeBron James (nba.com)

Dengan anugerah fisik yang mumpuni, ditambah kepiawaiannya mengasah kemampuan dan menjaga tubuh dengan baik, LeBron James mampu bertahan di tengah kerasnya persaingan NBA. Dia bahkan andal dalam perebutan bola muntah yang umumnya memaksa sang pemain beradu fisik.

Sang Raja telah mengoleksi 10.159 rebound per Selasa (15/3/2022). Jumlah itu menempatkannya di peringkat 39 dalam rekor pencetak rebound terbanyak NBA sepanjang masa. Dia membutuhkan setidaknya 49 rebound untuk menggeser Zach Randolph yang berada satu peringkat di atasnya.

5. Akhirnya tembus 10.000 assist pada musim ke-19

https://www.youtube.com/embed/WTLgvoAAgX8

LeBron James, penggawa Los Angeles Lakers, menjadi pemain pertama yang menembus 10.000 ribu poin, rebound, dan assist usai mencetak 6 assist melawan Phoenix Suns di Footprint Center, Phoenix, Arizona, Senin (14/3/2022). Saat ini, dia telah mengoleksi total 10.007 assist sejak 2003.

Jumlah assist-nya itu menempatkannya di peringkat tujuh dalam rekor pencetak assist terbanyak NBA sepanjang masa. Dia bisa masuk ke lima besar seandainya bisa mencetak 327 assist lagi pada sisa kariernya.

Dengan rata-rata 7,4 assist per pertandingan, seharusnya itu bukan hal sulit. LeBron James setidaknya membutuhkan waktu semusim lagi untuk merangsek ke lima besar pencetak assist terbanyak sepanjang masa.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang Masa

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya