5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang Masa

Chris Paul di peringkat tiga

Tidak banyak pemain aktif yang bisa menembus sepuluh besar pencetak assist terbanyak NBA sepanjang masa. Dari 10 pemain yang masuk ke jajaran elite itu, hanya ada 2 nama yang masih bermain di NBA pada 2021/2022 ini.

Dua pemain itu adalah Chris Paul dan LeBron James. Keduanya merupakan pemain veteran yang telah berkarier selama belasan tahun. Sisanya justru ada di luar sepuluh besar.

5. Kyle Lowry duduk di peringkat tiga puluh

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang MasaKyle Lowry (kanan) membela Miami Heat di NBA 2021/2022. (nba.com)

Jarak Kyle Lowry dengan Chris Paul dan LeBron James terpaut jauh. Pemain veteran Miami Heat ini duduk di peringkat 30 ketika Paul dan James menempati peringkat 3 dan 7. Namun, Lowry boleh saja berbangga diri karena mampu masuk ke jajaran pencetak assist terbanyak NBA sepanjang masa.

Selama 16 tahun bermain di NBA, Lowry mencetak 6.405 assist per Minggu (13/3/2022). Dia memiliki rata-rata mencapai 6,3 assist per pertandingan sepanjang kariernya. Itu masih bisa berubah lantaran Lowry aktif bermain bersama Miami Heat sebagai starter pada 2021/2022.

4. Rajon Rondo mencetak 7.560 assist

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang MasaRajon Rondo (nba.com)

Nama Rajon Rondo mencuat ketika membela Boston Celtics. Namun, belakangan, dia tenggelam di antara pemain-pemain muda. Rondo memang tidak sehebat dahulu, tetapi namanya masuk jajaran elite pencetak assist terbanyak NBA sepanjang masa.

Pemain yang kini membela Cleveland Cavaliers itu telah mengoleksi 7.560 assist sejak 2006 per Minggu (13/3/2022). Dia memang satu angkatan dengan Kyle Lowry. Hanya saja, total assist-nya jauh lebih banyak. Rondo terkenal dengan kemampuan mengopernya yang fantastis sehingga bisa bertengger di peringkat empat belas.

3. Russell Westbrook mengincar tempat Gary Payton

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang MasaRussell Westbrook berusaha memasukkan bola ke ring di NBA 2021/2022. (nba.com)

Russell Westbrook merupakan angkatan termuda di antara lima pemain dalam daftar ini. Dia baru bermain di NBA pada 2008, terpaut 2 tahun dengan Kyle Lowry dan Rajon Rondo. Namun, Westbrook mampu menempati peringkat 11 dengan rekor 8.529 assist per Minggu (13/3/2022).

Pemain yang kini membela Los Angeles Lakers ini memiliki rata-rata 8,5 assist per pertandingan selama kariernya di NBA. Dia berjarak cukup jauh dengan LeBron James, rekan setimnya, tetapi hanya berjarak 437 assist dengan Gary Payton yang berada tepat di atasnya. Westbrook punya kesempatan menggeser Payton yang telah pensiun untuk masuk ke sepuluh besar.

Baca Juga: 6 Tim NBA yang Mengirim Lebih dari Satu Pemain pada NBA All-Star 2022

2. LeBron James mengoleksi 9.998 assist selama 19 tahun

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang MasaLeBron James (nba.com)

LeBron James bukan pemain sembarangan. Dia salah satu pemain terbaik NBA sepanjang masa. Namanya sering bersanding dengan pemain legendaris, seperti Michael Jordan. Dia membuktikan kualitasnya dengan berbagai rekor.

Salah satunya rekor assist terbanyak NBA sepanjang masa. LeBron James menempati peringkat tujuh dengan 9.998 assist yang dikumpulkan selama 19 tahun per Minggu (13/3/2022). Dia berpotensi menambah jumlah itu karena masih aktif bermain walau usianya sudah 37 tahun. Sang Raja bahkan menjadi tulang punggung Los Angeles Lakers pada 2021/2022 ini.

1. Chris Paul menggeser Steve Nash di peringkat tiga

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Assist Terbanyak Sepanjang MasaChris Paul, guard Phoenix Suns, menembak tripoin di depan Danny Green. guard Philadelphia 76ers, di NBA 2021/2022. (nba.com)

Steve Nash sempat kesal ketika mengetahui Chris Paul menggeser posisinya di tiga besar pencetak assist terbanyak NBA sepanjang masa. Namun, Nash tidak bisa berbuat apa-apa untuk mempertahankan tempatnya lantaran sudah pensiun pada 2015.

Sementara itu, meski kini berusia 36 tahun, Chris Paul masih aktif bermain untuk Phoenix Suns, klub yang dahulu dibela Steve Nash. Paul mengoleksi 10.894 assist sejak 2005 per Minggu (13/3/2022). Dia kini terpaut 1.197 assist dengan Jason Kidd yang setingkat lebih tinggi darinya.

Di atas Kidd, ada John Stockton yang mencetak 15.806 assist selama bermain di NBA. Stockton bertengger di sana tanpa terusik meski tidak bisa lagi menambah catatannya. Sang pemain telah pensiun pada 2003 silam, sebelum siapa pun dalam daftar ini berkarier di NBA.

Jaraknya dengan pencetak rekor lain memang cukup jauh. Namun, bukan tidak mungkin terlewati. Suatu hari, rekor Stockton bisa saja terpecahkan. Mungkin oleh Chris Paul. Sebab, jaraknya paling dekat.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang Masa

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya