5 Pemain NBA Terakhir yang Mencetak 60 Poin dalam 1 Game, Ada Doncic!

Luka Doncic juga mencetak triple-double

Mencetak poin di NBA bukan hal mudah, apalagi mencetak 60 poin dalam 1 game. Hanya beberapa yang bisa melakukannya.

Luka Doncic, penggawa Dallas Mavericks, baru-baru ini melakukan itu di NBA 2022/2023. Dia mencetak 60 poin saat melawan New York Knicks pada 27 Desember 2022.

Termasuk Doncic, ini pemain NBA terakhir yang mencetak 60 poin dalam 1 game.

1. Luka Doncic

5 Pemain NBA Terakhir yang Mencetak 60 Poin dalam 1 Game, Ada Doncic!Luka Doncic (nba.com)

Luka Doncic memang pencetak poin utama Dallas Mavericks. Tidak heran dia mendapat banyak kesempatan untuk mengisi pundi-pundinya. Begitu pun saat melawan New York Knicks pada 27 Desember 2022 lalu.

Doncic tidak hanya mencetak 60 poin dalam 1 game saat melawan Knicks, tetapi juga meraih 21 rebound dan mengirim 10 assist. Dengan statistik itu, dia masuk jajaran elite pencetak triple-double dengan 60 poin. Hanya ada dua orang yang pernah melakukannya dalam sejarah NBA, yaitu Luka Doncic dan James Harden.

Mavericks sendiri menang tipis lewat overtime saat itu. Mereka unggul lima poin dengan skor akhir 126-121.

2. Kyrie Irving

5 Pemain NBA Terakhir yang Mencetak 60 Poin dalam 1 Game, Ada Doncic!Kyrie Irving (nba.com)

Kyrie Irving hidup penuh dengan kontroversi belakangan ini. Namun, pamornya sebagai pemain elite tetap tinggi. Irving bahkan mampu mencetak 60 poin dalam 1 game saat Brooklyn Nets melawan Orlando Magic pada 15 Maret 2022.

Tampil dalam 35 menit, pemain berjuluk Uncle Drew ini turut menyumbang 6 rebound, 4 assist, dan 4 steal. Berperan sebagai offensive player mematikan di pertandingan itu, dia juga berhasil membuat lawan melakukan empat turnover sehingga menjadi jadi salah satu defender mengerikan.

Sementara itu, Nets menang telak 150-108. Irving membuat Magic harus bertekuk lutut dengan margin 42 poin dalam 4 kuarter.

3. Karl-Anthony Towns

5 Pemain NBA Terakhir yang Mencetak 60 Poin dalam 1 Game, Ada Doncic!Karl-Anthony Towns (nba.com)

Sehari sebelum Kyrie Irving mencetak 60 poin dalam 1 game, Karl-Anthony Towns melakukan hal serupa. Dia mengoleksi double-double 60 poin plus 17 rebound saat Minnesota Timberwolves menghadapi San Antonio Spurs pada 14 Maret 2022.

Sang Center menjadi poros serangan Timberwolves saat itu. Mereka bahkan menang dengan skor cukup tinggi, menembus seratus poin (149-139).

KAT sendiri bermain efektif dengan persentase tembakan yang termasuk tinggi. Dia memasukkan 19 dari 31 field goal (61,3 persen) dan 7 dari 11 tripoin (63,6 persen).

Baca Juga: 5 Pemain NBA Draft 2008 yang Kini Masih Aktif Bermain di NBA

4. Jayson Tatum

5 Pemain NBA Terakhir yang Mencetak 60 Poin dalam 1 Game, Ada Doncic!Jayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum makin beringas belakangan ini. Dia menjadi wajah utama Boston Celtics dengan kemampuan menyerang papan atas. Soal mencetak poin, Tatum tentu ahlinya.

Pemain bernomor punggung 0 ini sempat mencetak 60 poin dalam 1 game saat melawan San Antonio Spurs pada 30 April 2021. Meski sudah 2 tahun berlalu, momennya masih diingat sampai sekarang oleh para penggemar NBA di seluruh dunia.

Celtics menang tipis 143-140 saat itu. Mereka menang lewat overtime. Tatum tampil selama 45 menit dengan tambahan 8 rebound dan 5 assist. Kontribusinya besar sekali dalam pertandingan itu.

5. Bradley Beal

5 Pemain NBA Terakhir yang Mencetak 60 Poin dalam 1 Game, Ada Doncic!Bradley Beal (nba.com)

Bradley Beal jadi wajah utama Washington Wizards sejak kepergian John Wall. Dia pun makin diandalkan untuk mencetak poin.

Beal menjawab kepercayaan Wizards dengan catatan luar biasa selama ini. Dia selalu mampu mencetak rata-rata poin berdigit ganda tiap musim.

Beal juga sempat mencetak 60 poin dalam 1 game saat Washington Wizards berhadapan dengan Philadelphia 76ers pada 6 Januari 2021. Sayangnya, rekor itu tidak lengkap karena mereka kalah 136-141.

Dari deretan pemain di atas, hanya Bradley Beal yang gagal membawa timnya menang. Namun, namanya tetap masuk rekor lima pemain NBA terakhir yang mencetak 60 poin dalam 1 game.

Baca Juga: 5 Rookie NBA yang Menarik Perhatian pada 2022, Calon ROTY?

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya