Peduli Korban Banjir, Pebasket Timnas Lelang Jersey Asian Games 2018 

Adhi pernah menjadi korban banjir pada 2002

Bandung, IDN Times – Peristiwa banjir di Jakarta dan sekitarnya membuat pilu masyarakat Indonesia, tak terkecuali para atlet yang pernah bertarung di kancah internasional. Ialah Adhi Pratama, big man Tim Nasional Bola Basket Indonesia ini baru saja melelang jersey-nya untuk kemudian disumbangkan kepada korban banjir.

Lelang itu dimulai sejak kemarin, dan akan berakhir hari ini, Jumat (3/1) pukul 14.00 WIB. Sejauh mana lelang tersebut mendapat respons masyarakat, khususnya pecinta basket Tanah Air?

1. Lelang mencapai angka 20 kali lipat.

Peduli Korban Banjir, Pebasket Timnas Lelang Jersey Asian Games 2018 Pebasket nasional Adhi Pratama (Instagram/@adhipratama14)

Kepada IDN Times, Adhi mengatakan bahwa lelang dibuka dari harga Rp250 ribu dan ditawarkan dengan kelipatan Rp10 ribu. Menurutnya, pemenang lelang akan langsung diumumkan beberapa saat setelah penutupan.

“(Hasil lelang ini seluruhnya ) Untuk korban banjir di daerah Jakarta. Bagi teman-teman yang ingin mendonasikan atau melelang jersey-nya bisa dm atau WhatsApp gue,” kata Adhi, ketika dihubungi IDN Times, Jumat (3/1).

Sejauh ini, lelang yang digelar Adhi mendapat respons luar biasa. Hingga Jumat (3/1) pukul 11.00 WIB, harga tertinggi dari lelang tersebut sudah mencapai 20 kali lipat dari harga awal, yakni Rp5 juta.

2. Pernah menjadi korban banjir

Peduli Korban Banjir, Pebasket Timnas Lelang Jersey Asian Games 2018 Pebasket nasional Adhi Pratama (Instagram/@adhipratama14)

Adhi bercerita, dorongan atas pergerakan lelang itu dilakukan karena ia pun pernah menjadi korban banjir. Pebasket Pelita Jaya ini mengatakan jika pada 2002 ia sempat menderita karena banjir yang menerjang rumahnya di kawasan Jabodetabek.

“Mengungsi itu tidak enak. Lapar, enggak punya duit, dan penderitaan lainnya. Jadi berangkat dari sana, saya ingin menggelar lelang ini,” tutur dia.

Lagian, lanjut Adi, bagi atlet Indonesia, tidak sulit rasanya untuk melelang salah satu jersey demi meringankan beban para korban banjir. “Lagian kan apa susahnya, cuma lelang jersey ini,” tuturnya.

3. Sumbangan berupa uang dan logistik

Peduli Korban Banjir, Pebasket Timnas Lelang Jersey Asian Games 2018 Korban banjir di Perum Periuk Jaya Permai, Tangerang (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Adhi menjelaskan bahwa sebagian hasil lelang akan ia belanjakan untuk keperluan logistik para terdampak bencana banjir. Sebagian lainnya akan ia sumbangkan berupa uang, kepada yang membutuhkan.

Sementara ini jumlah pengungsi hingga Kamis (2/1) pukul 22:00 WIB mencapai 409.840 jiwa. Mereka tersebar di 15 titik yang terdampak bencana banjir. 

Data dari BNPB menunjukkan area yang paling banyak terdapat pengungsi berada di Kota Bekasi yakni 366.274 jiwa. Angka ini diprediksi bisa bertambah apabila hujan masih terus mengguyur area Jadebotabek. 

4. Diikuti Toni Sugiharto

Peduli Korban Banjir, Pebasket Timnas Lelang Jersey Asian Games 2018 Pebasket Indonesia Toni Sugiharto (nblindonesia.com)

Selain membuka lelang, Adhi juga mengajak pebasket Indonesia lainnya untuk melelang barang berharganya demi meringankan beban para korban banjir. Respons pun datang dari Toni Sugiharto, pebasket yang telah pensiun pada 2007 lalu.

Barang berharga Toni yang dilelang ialah jersey tim Hangtuah miliknya pribadi. Lelang itu dititipkan lewat Adhi, dan telah mendapat respons masyarakat. “Jersey Toni mencapai harga tertinggi Rp500 ribu,” kata Adhi.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya