5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim Depan

Kondisi keuangan Blaugrana masih krisis

Musim ini Barcelona memulai kompetisi dengan diiringi banyak masalah. Mulai dari krisis finansial, kepergian Lionel Messi, hingga performa klub yang merosot tajam. Terbaru, Barcelona baru saja memecat Ronald Koeman dari kursi pelatih dan menggantikannya dengan sang legenda klub, Xavi Hernandez.

Sejak kedatangannya, Xavi langsung menysun rencana untuk memperbaiki kondisi klub. Salah satunya dengan memulangkan pemain mereka, Dani Alves, yang sudah berusia 38 tahun. Jelang bursa transfer dibuka Januari mendatang, Xavi memiliki banyak buruan. Namun, masalah finansial akan menjadi kendala. Sebagai alternatif, Xavi bisa memburu pemain veteran berikut ini. Mereka bisa didapatkan dengan harga ekonomis, bahkan gratis, namun dengan kualitas yang sudah teruji. 

1. Cesar Azpilicueta

5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim Depanpotret Cesar Azpilicueta (twitter.com/CesarAzpi)

Kontrak kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, akan berakhir musim panas 2022 mendatang. Sampat saat ini, ia belum menandatangani kontrak baru, dan membuka peluang Barcelona untuk memboyongnya. Xavi dikabarkan tertarik mendatangkan pemain 32 tahun itu karena tak meragukan kualitasnya. Azpilicueta memiliki kapasitas luar biasa sebagai bek kanan ataupun bek tengah.

LaLiga sendiri bukan kompetisi asing baginya. Dia merupakan lulusan akademi Osasuna sebelum hijrah ke Mersaille pada 2010, dan akhirnya gabung Chelsea pada 2012. Di Chelsea sendiri, ia sudah merasakan semua gelar di level klub. Merasakan tantangan baru di Barcelona bisa menjadi opsi jika kontraknya di Chelsea selesai akhir musim ini.

2. Alexis Sanchez

5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim DepanAlexis Sanchez (football-espana.net)

Alexis Sanchez dikabarkan mulai tidak bahagia di Inter Milan. Ini dikarenakan kurangnya menit bermain yang diberikan Simone Inzaghi kepadanya. Ia pun kabarnya berniat untuk hengkang secepatnya dari Giuseppe Meazza. Beberapa tim sudah mengantri untuk dapatkan jasanya, salah satunya Barcelona. Sanchez sendiri pernah bermain untuk klub Catalan itu pada periode 2011-2014.

Hadirnya Sanchez bisa menambah opsi baru di lini serang Barcelona. Apalagi Blaugrana sedang terancam kehilangan para pemain depannya seperti Sergio Aguero dan Ousmane Dembele. Di sisi lain, Xavi sudah mengenali gaya bermain Sanchez karena keduanya pernah bekerja sama saat bermain satu tim.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pilih Balik Kucing ke Klub Lamanya di LaLiga

3. Edinson Cavani

5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim Depanselebrasi gol Edinson Cavani (twitter.com/ECavaniOfficial)

Barcelona berpotensi besar kehilangan Sergio Aguero karena gangguan jantung yang ia derita. Striker asal Argentina itu bahkan dikabarkan bakal pensiun karena kondisi kesehatannya itu. Sebagai gantinya, Blaugrana dikabarkan akan membujuk Edinson Cavani ke Camp Nou. Saat ini kondisinya di MU sedang tak menentu pasca kedatangan Cristiano Ronaldo.

Kontraknya sendiri bakal berakhir pada 2022 mendatang, sehingga bisa didatangkan secara gratis. Meski sudah berusia 34 tahun, Cavani tidak kehilangan insting golnya. Musim lalu, ia menjadi kunci Setan Merah lolos ke final Liga Europa dan finis sebagai runner up Premier League lewat 17 gol yang ia cetak dari 39 laga di semua ajang.

4. Andres Iniesta

5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim Depanpotret Andres Iniesta (twitter.com/andresiniesta8)

Usai pulangkan Xavi dan Dani Alves ke Barcelona, Presiden klub, Joan Laporta juga ingin memulangkan legenda lainnya, Andres Iniesta. Saat ini gelandang 37 tahun itu berkarier di Liga Jepang bersama Vessel Kobe, dan masih memiliki kontrak hinga 2023. Meski demikian, sang pemain pun mengungkapkan keinginannya pulang ke Barcelona, dan membantu klub melewati masa krisinya.

Meski sudah dimakan usia, Iniesta masih tampil impresif, dan memiliki banyak hal untuk diberikan. Di Liga Jepang, ia sudah tampil dalam 99 pertandingan dengan torehan 22 gol dan 21 assist.

5. Marcos Alonso

5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim DepanMarcos Alonso (twitter.com/marcosalonso03)

Barcelona kabarnya membutuhkan fullback baru sebagai pesaing Jordi Alba. Bek Chelsea berusia 30 tahun, Marcos Alonso dilaporkan menjadi target baru untuk posisi tersebut. Blaugrana memantau kondisi bek asal Spanyol itu yang hanya jadi pelapis Ben Chilwell. Alonso dinilai sebagai pemain yang ideal bagi Barcelona era Xavi karena memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya.

Namun, Barcelona kemungkinan hanya bisa memboyong sang pemain dengan status pinjaman karena kondisi finansial yang belum cukup membaik. Kontrak Alonso sendiri baru akan berakhir pada 2023 dan saat ini ia memiliki nilai transfer 15 juta euro atau sekitar Rp244 miliar.

Kondisi keuangan Barcelona saat ini sedang tidak seimbang. Namun, mereka membutuhkan amunisi baru demi keluar dari krisis, dan mengembalikan kejayaan klub. Mendatangkan pemain berpengalaman menjadi opsi yang masuk akal. Mereka bisa didapatkan dengan harga ekonomis, bahkan gratis, tetapi masih memiliki kualitas, dan pengalaman yang bakal berguna.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Barcelona dan Vissel Kobe

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya