Comscore Tracker

5 Alasan Chelsea Jadi Saingan Terberat Man City Pertahankan Gelar EPL

Persaingan musim ini bakal seru, nih! #IDNTimesSport

Musim lalu Manchester City merebut gelar Premier League seolah tanpa hambatan besar. The Citizen bahkan unggul jauh 10 poin dari runner up, Manchester United. Ini tidak mengejutkan karena kualitas tim yang dimiliki City memang sangat luar biasa, belum lagi faktor taktik Pep Guardiola yang atraktif dan cerdas. 

Di musim baru ini, City masih menjadi unggulan untuk pertahankan gelarnya. Banyak pihak menilai musim ini bakal sangat kompetitif dan melibatkan banyak tim karena aktifitas transfer klub-klub besar yang jor-joran. Namun persaingan sebenarnya akan mengerucut pada dua tim saja, yaitu sangat juara bertahan, dan Chelsea. Kenapa? Ini ulasannya. 

1. Chelsea sang juara Liga Champions, kerap susahkan Man City

5 Alasan Chelsea Jadi Saingan Terberat Man City Pertahankan Gelar EPLselebrasi gol di final Liga Champions (football.london)

Man City memang berstatus juara bertahan Premier League, namun statistik mereka dalam menghadapi Chelsea cukup mengkhawatirkan. Keduanya bertemu sebanyak 4 kali di semua ajang pada musim lalu, Chelsea unggul lewat 3 kemenangan dan sekali kalah. Dua laga penting, yaitu final Liga Champions dan semifinal FA Cup dimenangkan oleh The Blues.

Menariknya, 3 kemenangan itu hadir saat Chelsea mulai ditangani Thomas Tuchel. Dia menjadi sosok yang mampu mematikan serangan brutal City ala Pep Guardiola. Dalam 10 rekor pertemuan terakhir kedua tim pun Chelsea unggul dengan 5 kemenangan, 2 kali imbang, sedangkan 3 kemenangan menjadi milik Chelsea.

2. Kehadiran Thomas Tuchel sukses bangkitkan Chelsea

5 Alasan Chelsea Jadi Saingan Terberat Man City Pertahankan Gelar EPLpotret Thomas Tuchel (eurosport.com)

Tomas Tuchel dihadirkan pada Januari lalu menggantikan Frank Lampard, yang dinilai gagal menemukan performa terbaik Chelsea. Sempat diragukan publik, Tuchel membuktikannya dengan torehan kemenangan luar biasa, bahkan berakhir manis dengan menjuarai Liga Champions musim lalu, dan membawa Chelsea ke final FA Cup, meski akhirnya kalah dari Leicester City.

Sejak kedatangannya, Chelsea menjadi klub yang haus kemenangan dan mampu tampil konsisten. Tuchel mengoleksi 35 laga untuk Chelsea di semua ajang dengan catatan 25 kemenangan, 7 kali imbang dan menelan 5 kekalahan. Konsistensi yang ditunjukannya ini menjadi bukti jika Chelsea kini telah siap untuk bertarung perebutkan gelar Premier League.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Kali Ini

3. Kedatangan dua bintang baru bermental juara

5 Alasan Chelsea Jadi Saingan Terberat Man City Pertahankan Gelar EPLSaul Niguez (twitter.com/saulniguez)

Persiapan Chelsea untuk menghadapi Premier League musim ini tidak main-main. Thomas Tuchel berhasil datangkan deretan pemain top yang dibutuhkannya. Romelu Lukaku didatangkan dengan harga sangat tinggi demi menutup kekurangan di lini serang karena kurang maksimalnya Timo Werner.

Tak hanya itu, The Blues juga memperkuat lini tengah mereka dengan menghadirkan bintang Atletico Madrid, Saul Niguez di detik akhir bursa transfer. Kehadiran dua bintang baru ini diyakini bakal membuat The Blues musim ini sebagai kandidat kuat juara. Apalagi keduanya pun memiliki mental pemenang setelah musim lalu masing-masing menjuarai liga di klub masing-masing.

4. Skuad penuh pemain bintang

5 Alasan Chelsea Jadi Saingan Terberat Man City Pertahankan Gelar EPLpotret selebrasi kemenangan Chelsea di UEFA Super Cup (twitter.com/ChelseaFC)

Kehadiran Romelu Lukaku dan Saul Niguez semakin memberikan kedalaman skuad yang luar biasa bagi Chelsea. Lini tengah mereka saat ini diisi para juara seperti N'Golo Kante, Jorginho, Matte Kovacic dan Christian Pulisih. Sedangkan lini serang berderet pemain penuh talenta Mason Mount,  Kai Havertz dan Timo Werner.

Tidak main-main, para pemain pelapis Chelsea musim ini pun berkelas bintang. Terdapat nama-nama top seperti Hakim Ziyech, Kepa Arrizabalaga, Callum Hudson-Odoi, Thiago Silva hingga Trevoh Chalobah.

5. Start yang meyakinkan

5 Alasan Chelsea Jadi Saingan Terberat Man City Pertahankan Gelar EPLpotret kemenangan Chelsea melawan Arsenal (si.com0

Kedigdayaan Chelsea musim ini sudah tampak di awal musim ini ketika mereka mengalahkan Villareal di ajang UEFA Super Cup, dan belum terkalahkan di tiga laga awal Premier League. The Blues saat ini mengumpukan 7 poin lewat kemenanga meyakinkan melawan Crystal Palace dan Arsenal, serta menahan imbang Liverpool 1-1 hanya dengan 10 pemain.

 Dari tiga laga tersebut Chelsea menorehkan 6 gol dan kebobolan 1 gol. Striker anyar mereka, Romelu Lukaku pun tampil apik dengan mencetak gol di laga debut melawan Arsenal. Kini yang mereka butuhan hanya konsistensi karena turnamen masih sangat panjang.

Musim ini klub-klub Premier League belanja besar-besaran di bursa transfer kemarin. MU mendaratkan Cristiano Ronaldo, City sukses boyong Jack Grealish. Sedangkan Liverpool masih kokoh dengan skuad lamanya. Namun Chelsea tampak berbeda. Mereka pun kehadiran bintang baru, namun dengan mental juara dan status juara bertahan Liga Champions.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester City

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya