Comscore Tracker

Juarai Moto2 Seri Malaysia, Inilah 5 Fakta Menarik Luca Marini

Adiknya Valentino Rossi, lho.

Balapan Moto2 Sepang, Malaysia menjadi kado terindah bagi tim yang dimiliki Valentino Rossi, Sky Racingteam VR46. Dua pembalap mereka menjadi juara sekaligus. Franceso Bagnaia yang finish di posisi ketiga memastikan gelarnya sebagai juara dunia kelas Moto2, sedangkan rekan setimnya, Luca Marini menjadi juara pertama race Sepang, Malaysia (04/11/2018).

Luca Marini menjadi sorotan atas raihannya tersebut. Bukan hanya prestasinya, tetapi juga fakta-fakta menarik pembalap muda asal Italia tersebut. Apa saja itu? Check this out.

1. Menyukai balap motor sejak kecil

Juarai Moto2 Seri Malaysia, Inilah 5 Fakta Menarik Luca Marinitwitter.com/Luca_Marini_97

Pembalap asal Italia yang baru berusia 21 tahun ini sangat mencintai motor balap sejak usia 5 tahun. Hal tersebut dibuktikannya dengan mengikuti berbagai race dengan mini bike di berbagai kelas.

Pada tahun 2016 menjadi debut pertamanya mengikuti kejuaraan dunia di Moto2 dan bergabung dengan Forward Racing dan berduet dengan rekan senegaranya dari akademi milik VR46, Lorenzo Baldassarri.

Pada debut pertamanya tersebut, Marini hanya mampu finish di posisi ke-23 dengan 34 poin.

2. Bergabung dengan Sky Racingteam VR46

Juarai Moto2 Seri Malaysia, Inilah 5 Fakta Menarik Luca Marinitwitter.com/Luca_Marini_97

Sky Racingteam VR46 merupakan tim yang berkompetisi di Moto2 dan dimiliki oleh juara dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi. Setelah adaptasi pertamanya bersama Forward Racing di Moto2, penampilan sang pembalap dianggap cukup memuaskan. Sehingga musim selanjutnya, pada tahun 2017 Marini direkrut oleh tim Sky Racingteam VR46 untuk menjadi rekan Francesco Bagnaia.

Di musim pertamanya, dia berhasil finish di posisi ke-15 dengan mengumpulkan 59 angka. Hal ini menjadi raihan positif jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berada di posisi ke-23.

Baca Juga: Bakalan Seru, Inilah 5 Pembalap MotoGP yang Akan Berganti Tim

3. Di balik nomor 10

Juarai Moto2 Seri Malaysia, Inilah 5 Fakta Menarik Luca Marinitwitter.com/Luca_Marini_97

Luca Marini menggunakan nomor 10 sebagai identitas motornya. Namun dia mengakui jika 97 adalah nomor sebenarnya. Sayangnya, nomor tersebut sudah digunakan oleh pembalap lainnya di Moto2.

Sehingga dia pun kemudian memilih nomor 10. Alasan di balik itu semua adalah karena Marini menyukai AS Roma sebagai klub sepak bola favoritnya dan Francesco Totti yang menggunakan nomor punggung 10 adalah idolanya.

4. Adik seibu dari Valentino Rossi

Juarai Moto2 Seri Malaysia, Inilah 5 Fakta Menarik Luca Marinimarca.com

Gak ada yang meragukan lagi jika Valentino Rossi adalah salah satu pembalap MotoGP terbaik yang pernah dilahirkan. Darah pembalap memang mengalir dari sang ayah yang juga mantan pembalap di era 70-an, Graziano Rossi.

Dan tahukah kamu bahwa Valentino Rossi juga memiliki adik yang juga seorang pembalap? Dialah Luca Marini. Tak mengherankan jika Marini pun kini mulai menunjukan tajinya dalam dunia balap karena dikelilingi oleh keluarga pembalap hebat.

Rossi dan Marini sendiri berasal dari ibu yang sama, Stefania Palma. Valentino Rossi lahir dari pernikahan pertama Stefania bersama Graziano Rossi. Setelah bercerai dari Graziano, Stefania menikah dengan Massimo Marini dan melahirkan seorang anak laki-laki bernama Luca Marini.

5. Pertama kalinya mejadi juara pertama di balapan Moto2

Juarai Moto2 Seri Malaysia, Inilah 5 Fakta Menarik Luca Marinitwitter.com/Luca_Marini_97

Sejak bergabung bersama Sky Racingteam VR46 di musim 2017, kemenangannya di sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Minggu (4/11/2018) menjadi yang pertama kali sepanjang karirnya.

Hebatnya lagi, Marini mampu memimpin balapan sejak lap pertama saat mengambil alih pimpinan dari Alex Marquez yang berada di pole position. Posisi kedua dan ketiga sendiri diisi oleh Miguel Oliveira dan Francesco Bagnaia.

Dengan hasil ini, kini Marini berada di posisi ke-7 klasmen sementara, dan menyisakan satu lagi balapan di Valencia pada tanggal 18 Nopember 2018.

Itulah 5 fakta menarik Luca Marini. Semoga semakin sukses di balapan-balapan selanjutnya.

Baca Juga: Terdepan di Motegi Jepang, Marc Marquez Segel Juara MotoGP Musim 2018

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya