5 Shooting Guard Terbaik yang Pernah Dimiliki Los Angeles Lakers

Mereka jadi kunci kesuksesan Lakers

Los Angeles Lakers bersama Boston Celtics merupakan tim dengan gelar juara NBA terbanyak, yakni 17 gelar. Salah satu kunci kesuksesan mereka adalah selalu memiliki nama bintang yang menghiasi skuadnya, tak terkecuali untuk posisi shooting guard.

Posisi yang juga dikenal sebagai nomor dua ini banyak diisi para legenda Lakers. Salah satunya adalah peraih lima gelar juara, Kobe Bryant. Selain pemain berjuluk Black Mamba tersebut, berikut shooting guard terbaik yang pernah dimiliki Los Angeles Lakers:

1. Michael Cooper

5 Shooting Guard Terbaik yang Pernah Dimiliki Los Angeles LakersMichael Cooper (silverscreenandroll.com)

Michael Cooper bermain untuk Los Angeles Lakers pada1978—1990. Ia menjadi bagian dari Lakers yang merengkuh lima gelar juara pada dekade 1980-an. Meskipun sering kali turun dari bangku cadangan, ia bisa memberikan dampak besar ketika diturunkan.

Salah satu kekuatan dari Cooper adalah kemampuan bertahannya yang sangat baik. Ia tercatat pernah delapan kali masuk sebagai All-Defensive TeamBahkan, pada 1987, ia menjadi Defensive Player of the YearHal itu membuat Lakers sangat solid ketika menyerang dan bertahan.

2. Gail Goodrich

5 Shooting Guard Terbaik yang Pernah Dimiliki Los Angeles LakersGail Goodrich (lakersnation.com)

Gail Goodrich merupakan pemain dengan tinggi 185 cm. Tak terlalu tinggi bagi pemain yang berposisi sebagai shooting guard. Goodrich merupakan salah satu pemain yang membawa Los Angeles Lakers menjuarai NBA 1972.

Pemain yang mengakhiri kariernya bersama New Orleans Jazz ini mempunyai kemampuan cukup baik sebagai pencetak angka. Ia terbukti mampu mencetak 18 poin per game. Namanya juga pernah lima kali masuk All-Star.

Baca Juga: Carmelo Anthony Pecahkan Rekor, Los Angeles Lakers Menang

3. Byron Scott

5 Shooting Guard Terbaik yang Pernah Dimiliki Los Angeles LakersByron Scott (nba.com)

Sama seperti Michael Cooper, Byron Scott juga merupakan bagian dari Los Angeles Lakers pada dekade 1980-an. Ia menjadi tandem yang sempurna Magic Johnson ketika Lakers memulai serangan.

Selain handal dalam membangun serangan, kemampuan bertahannya juga terbilang baik. Ia kerap kali mencuri bola dari pemain lawan sehingga Lakers dapat melakukan fast break yang merupakan serangan andalan mereka.

4. Jerry West

5 Shooting Guard Terbaik yang Pernah Dimiliki Los Angeles LakersJerry West (nba.com)

Jerry West merupakan legenda Los Angeles Lakers yang bermain pada 1960—1974. West juga membawa Lakers melangkah ke final sebanyak sembilan kali, meskipun hanya berhasil meraih cincin juara sekali, tepatnya pada 1972.

Jerry West sangat baik dalam membangun serangan. Ia mencatatkan 27 poin dan 6,7 assist per game. Sepanjang kariernya, ia tercatat 14 kali masuk All-Star5 All-Defensive Teamdan 1 Final MVP 1969 walau timnya kalah dari Boston Celtics saat itu.

5. Kobe Bryant

5 Shooting Guard Terbaik yang Pernah Dimiliki Los Angeles LakersKobe Bryant (latimes.com)

Kobe Bryant tak hanya dianggap sebagai shooting guard terbaik, tetapi juga merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah NBA. Bersama tim asal California tersebut, Kobe sukses mencicipi lima gelar juara.

Sepanjang kariernya, ia mencatatkan 25 poin dan 4,7 assist per game. Selain itu, ia juga sangat baik dalam bertahan dengan 9 kali masuk All-Defensive TeamMaka tak heran, peraih MVP 2008 tersebut sering disebut sebagai shooting guard terbaik sepanjang sejarah Lakers.

Kelima shooting guard tersebut mampu menunjukkan permainan terbaiknya ketika diturunkan. Berkat kemampuan serangan dan bertahannya yang sama baik menjadikan Lakers meraih banyak kesuksesan.

Baca Juga: 10 Pencetak Poin Terbanyak bagi Los Angeles Lakers di NBA, Legendaris

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya