Comscore Tracker

5 Wanita yang Pernah Membalap di Ajang Formula 1, Tak Hanya Pria

Kata siapa ajang balap mobil Formula 1 cuma didominasi pria?

Dunia otomotif seringkali identik dengan olahraga kaum pria, tak terkecuali ajang balap Formula 1. Sebab, sejak pertama kali digelar pada musim 1950 hingga saat ini, tercatat hanya ada lima wanita yang pernah berada di belakang kemudi. Itupun terakhir kali terjadi pada tahun 1991.

Kini meski tak ada lagi wanita yang jadi pebalap di Formula 1, peran para wanita ini sekarang kerap kita jumpai di sekitar arena balapan, seperti menjadi mekanik, wartawan, hingga pernah juga sebagai team principal seperti yang dilakoni oleh Claire Williams.

Berikut ini lima deretan wanita yang pernah membalap di Formula 1.

1. Maria Teresa de Filippis

5 Wanita yang Pernah Membalap di Ajang Formula 1, Tak Hanya Priapotret Maria Teresa de Filippis (alchetron.com)

Maria Teresa De Filippis menjadi wanita pertama yang membalap di ajang Formula 1, yakni pada musim 1958 dan 1959. Ia membuat timnya sendiri dengan berbekal mesin buatan Maserati dan melakukan debutnya pada GP Belgia di musim 1958. 

Pada saat balapan performanya cukup gemilang dengan berada di posisi kesepuluh, meski harus tertinggal dua lap dari sang pemenang, Tony Brooks.

Setelah itu, de Filippis kembali balapan di GP Portugal dan Italia. Sayang pada kedua balapan tersebut ia tak mampu finis. GP Monaco musim 1959 menjadi penampilan kelimanya di Formula 1 sekaligus yang terakhir. Meski tak sekalipun mendulang poin, apa yang dilakukan wanita asal Italia ini sudah menjadi sejarah tersendiri bagi Formula 1.

2. Lella Lombardi

5 Wanita yang Pernah Membalap di Ajang Formula 1, Tak Hanya Priapotret Lella Lombardi (f1i.com)

Para pecinta Formula 1 harus menunggu hingga musim 1974 untuk seorang wanita yang kembali ke lintasan. Kali ini adalah Lella Lombardi. Ia memulai balapan pertamanya pada GP Inggris musim 1974. Namun sayang Lombardi gagal lolos sesi kualifikasi. Itu juga menjadi satu-satunya balapan yang ia jalani musim itu.

Lombardi mencetak sejarah sebagai wanita pertama dan satu-satunya yang mampu mencetak poin di Formula 1. Hal itu terjadi pada GP Spanyol musim 1975. Kala itu race terpaksa dihentikan karena mobil Rolf Stommelen kehilangan kendali hingga keluar lintasan yang menewaskan lima penonton.

Saat itu Lombardi sedang berada di posisi keenam dan berhak menerima setengah poin. Wanita asal Italia itu melanjutkan kiprahnya di ajang Formula 1 hingga musim 1976. Namun, raihan pada GP Italia itu tak dapat diulanginya lagi. Total ia telah melakoni 17 balapan di Formula 1.

Baca Juga: 8 Juara Dunia Formula 1 yang Mengawali Karier di Tim Medioker

3. Divina Galica

5 Wanita yang Pernah Membalap di Ajang Formula 1, Tak Hanya Priapotret Divina Galica (telegraph.co.uk)

Divina Galica berhasil membalap di ajang Formula 1 pada musim 1976 dan 1978 usai tampil cukup impresif pada gelaran Shellsports International Series. Namun, ia hanya melakoni tiga seri tanpa sekalipun lolos kualifikasi. Kala itu ia membela tim Shellsport Whitting dan Olympus Cameras Hesketh.

Menariknya, selain sebagai pembalap, Galica juga menggeluti olahraga lain, yaitu ski. Bahkan, ia pernah ikut Olimpiade musim dingin sebanyak tiga kali mengikuti cabang olahraga ski. Kemudian, ia menjadi kapten tim ski Inggris ketika gelaran Olimpiade Grenoble 1968 dan Sapporo 1974.

4. Desire Wilson

5 Wanita yang Pernah Membalap di Ajang Formula 1, Tak Hanya Priapotret Desire Wilson (grandprix247.com)

Desire Wilson merupakan salah satu pebalap wanita asal Inggris yang cukup berbakat. Itu terbukti saat ia mengikuti ajang British Formula 1 Championship, dimana ia mampu beberapa kali podium dan bahkan pernah menang di sirkuit Brands Hatch, Inggris. 

Prestasi itu tentunya sangat berkesan bagi seorang pembalap wanita seperti dirinya. Kesempatan tampil di Formula 1 ia dapat pada musim 1980 di GP Inggris di bawah bendera Brands Hatch Racing. Sayang, kala itu ia gagal lolos sesi kualifikasi dan itu juga menjadi satu-satunya seri yang pernah Wilson lakoni.

5. Giovanna Amati

5 Wanita yang Pernah Membalap di Ajang Formula 1, Tak Hanya Priapotret Giovanna Amati (motorsportmagazine.com)

Giovanna Amati menjadi pebalap Formula 1 wanita kelima sekaligus yang terakhir hingga hari ini. Kala itu ia menandatangi kontrak dengan Brabham pada musim 1992. Ia berduet dengan Eric van de Poele dan sempat melakoni tiga seri. Meski begitu, Amati tak sekalipun lolos kualifikasi dan harus rela digantikan oleh Damon Hill.

Sebelum masuk ke Formula 1, wanita asal Italia ini lebih dulu berkompetisi di ajang Formula 3000. Tak seperti di Formula 1, kala itu kariernya bertahan selama empat musim. Sayangnya, ia cukup sering gagal lolos kualifikasi dan tak sekalipun mendulang poin.

Sejak Giovanna Amati, Formula 1 sudah sangat lama tak memiliki pebalap wanita di lintasan. Akankah suatu saat nanti akan ada yang mengikuti jejak mereka dan menorehkan prestasi yang lebih tinggi?

Baca Juga: Menanti Balapan MotoGP dan Formula 1 di Sirkuit Mandalika

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya