7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!

Nomor satu tak terkejar

Pada kompetisi NBA, mencetak angka menjadi prioritas utama seorang pemain. Jumlah poin juga bisa menunjukkan seberapa hebat mereka dalam bermain. Namun, yang kadang orang lupa adalah berapa banyak assist yang berhasil diciptakan.

Banyak di antara para pemberi umpan ini bermain sebagai playmaker yang mengatur serangan timnya dan diakhiri dengan umpan manis yang berujung poin. Oleh karena itu, banyak pemain ini mampu bersinar di NBA dengan torehan assist mereka. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

Baca Juga: Pasang Surut Prestasi LA Lakers Hingga Meraih Gelar NBA ke-17

1. John Stockton - 15.806

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!nba.com

Stockton merupakan pemain yang berposisi sebagai point guard. Selama 19 tahun berkarier di NBA, ia hanya membela satu tim, yaitu Utah Jazz. Dalam kurun waktu tersebut ia selalu membawa Jazz ke babak playoff, bahkan dua kali masuk final secara beruntun sebelum dua kali pula ditaklukkan Chicago Bulls.

Stockton dikenal sebagai pemain yang jarang mengalami cedera. Ia selalu tampil pada 82 pertandingan Jazz selama 17 musim dari total 19 musim yang dilakoninya. Sayangnya, ia harus pensiun tanpa pernah meraih satu pun gelar NBA.

2. Jason Kidd - 12.091

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!nba.com

Jason Kidd dikenal sebagai pemain yang mampu mengubah tim yang dibelanya menjadi lebih baik. Hal tersebut ditunjukkannya ketika ia pindah ke New Jersey Nets dari Phoenix Suns pada tahun 2001. Nets yang di musim sebelumnya harus puas berada pada posisi 12 wilayah timur dibawanya hingga mencapai final NBA dua kali beruntun. Sayangnya, timnya harus mengakui keunggulan LA Lakers dan San Antonio Spurs.

Namun, akhirnya Kidd berhasil meraih gelar NBA pertama dan satu-satunya ketika ia membela Dallas Mavericks. Ia mengirimkan umpan-umpan magisnya yang membuat Miami Heat Kelabakan pada final NBA tahun 2011.

3. Steve Nash - 10.335

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!twitter.com/RoundballRamble

Steve Nash bermain sebagai point guard selama 18 tahun ia di NBA. Nash dikenal ketika ia mampu membawa Phoenix Suns dari tim yang tidak diperhitungkan menjadi salah satu penantang juara. Bagaimana tidak, sebelum kedatangannya Suns hanya meraih 29 kemenangan, namun setelah Nash datang mereka mampu meraih 62 kemenangan.

Selama bermain di Phoenix pula Nash menunjukkan kemampuannya. Ia berhasil meraih MVP musim reguler dua kali secara beruntun pada 2006 dan 2007. Tak ayal hal tersebut semakin menahbiskannya sebagai salah satu point guard paling berbahaya di NBA.

4. Mark Jackson - 10.334

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!sportscasting.com

Mark Jackson pernah membela beberapa tim sepanjang kariernya bermain di NBA. Total ia bermain untuk 7 tim berbeda selama 17 tahun di NBA. Dalam kurun waktu tersebut ia telah memainkan lebih dari 1.000 pertandingan. Meskipun ia tidak terlalu menonjol dalam tim, ia sukses memainkan peran sebagai pemberi umpan-umpan jitu untuk rekan setimnya.

Setelah pensiun, Jackson berganti peran sebagai pelatih. Ia pernah menukangi Golden State Warriors dan membawa mereka lolos ke babak playoff dua kali beruntun untuk pertama kalinya dalam 20 tahun. Selain melatih ia juga menjadi pundit dan analis bola basket.

5. Magic Johnson - 10.141

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!espn.com

Siapa yang tidak mengenal Magic? Persaingannya dengan Larry Bird pada era '80-an membuat namanya melejit sebagai pemain basket. Dalam 13 tahun,  Magic berhasil meraih 5 cincin NBA dan 3 MVP musim reguler. Tak heran ia dinobatkan menjadi salah satu point guard terbaik yang pernah mentas di liga basket terbesar di dunia.

Duetnya bersama dengan Kareem Abdul-Jabbar seakan tak terhentikan waktu itu. Kombinasi umpan-umpan ciamik dari Magic dapat diselesaikan dengan baik oleh Kareem. Mereka menjadi salah satu duet paling berbahaya sepanjang sejarah NBA.

6. Oscar Robertson - 9.887

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!bleacherreport.com

Oscar Robertson bermain di NBA pada dekade '60-an. Era saat NBA didominasi oleh para center hebat macam Bill Russel dan Wilt Chamberlain. Namun, Robertson yang berposisi sebagai point guard mampu menunjukkan kualitasnya.

Ia berhasil meraih gelar MVP musim reguler pada tahun 1964 ketika membela Cincinnati Royals. Kariernya sebagai pemain basket semakin lengkap ketika ia meraih cincin NBA pada musim 1971 bersama Milwaukee Bucks.

7. Chris Paul - 9.653

7 Pemberi Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA, Umpannya Berkelas!instagram.com/cp3

Chris Paul menjadi satu-satunya pemain aktif yang masuk dalam daftar ini. Saat ini point guard tak hanya memberi assist tetapi juga sebagai mesin pemcetak poin bagi timnya. Namun, Chris Paul tetap berbahaya dengan umpan-umpannya yang sulit diprediksi oleh musuh. Selain itu, kemampuan dribling-nya juga menjadi senjata ampuh untuk melewati lawan-lawannya.

Meskipun sudah melewati usia produktif tak membuat pria yang mempunyai julukan CP3 itu menjadi menurun. Ia mampu membuktikan kualitasnya dengan membawa Oklahoka City Thunder melaju ke babak playoff ketika banyak orang yang menganggapnya telah habis.

Itulah para pemberi assist terbanyak sepanjang sejarah NBA. Namun, hanya Chris Paul yang masih aktif sebagai pemain. Akankah CP3 akan melewati rekor assist terbanyak ataukah ada pemain lain yang berhasil melakukannya? Kita tunggu saja nanti.

Baca Juga: Hebat! 6 Bintang NBA Ini Jadi Kartu As di Timnya

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya