Alasan Williams Tunjuk Logan Sargeant Isi Kursi Pembalap F1 2023

Amerika Serikat kembali punya wakil di Formula 1

Semua kursi di Formula 1 untuk musim 2023 akhirnya terpenuhi setelah Williams mengontrak Logan Sargeant. Pembalap asal Amerika Serikat tersebut akan menjadi tandem bagi Alex Albon.

Williams yakin dengan talenta Sargeant yang menempati peringkat keempat Formula 2 2022. Lantas, apa yang menjadi alasan Williams memilih Sargeant untuk mengarungi balapan Formula 1 2023?

Ini alasan Williams tunjuk Logan Sargeant isi kursi pembalap F1 2023.

1. Logan Sargeant merupakan bagian dari akademi balap milik Williams

Alasan Williams Tunjuk Logan Sargeant Isi Kursi Pembalap F1 2023Logan Sargeant (formula1.com)

Alasan terbesar Williams memberikan kursinya kepada Logan Sargeant pada musim 2023 tak lain karena ia merupakan didikan akademi balap milik mereka. Hal ini membuat Williams tahu betul potensi dan kemampuan Sargeant.

Sargeant masuk ke akademi balap Williams setelah menempati peringkat ketiga Formula 3 2020. Sejak saat itulah Williams memantau perkembangannya sekaligus memasukkan Sargeant ke dalam proyek jangka panjang mereka.

2. Logan Sargeant tampil menawan di Formula 2 2022

Alasan Williams Tunjuk Logan Sargeant Isi Kursi Pembalap F1 2023Logan Sargeant (formula1.com)

Meskipun tak menjadi juara dan hanya berada di peringkat keempat klasemen akhir Formula 2 2022, prestasi Sargeant musim ini tak bisa dipandang sebelah mata. Ia punya raihan dua kemenangan.

Sargeant menjadi yang tercepat pada sesi feature race di GP Inggris dan Austria. Raihan ini juga membuatnya menjadi pembalap asal Amerika Serikat pertama yang meraih kemenangan di Formula 2.

Baca Juga: Williams Resmi Boyong Logan Sargeant untuk Formula 1 2023

3. Sering diberi kesempatan pada sesi latihan bebas oleh Williams

Alasan Williams Tunjuk Logan Sargeant Isi Kursi Pembalap F1 2023Logan Sargeant (formula1.com)

Logan Sargeant musim ini cukup sering diberi kesempatan menjajal mobil Williams FW44 pada sesi latihan bebas. Tak tanggung-tanggung, Sargeant empat kali beruntun diberi kesempatan sejak sesi latihan bebas GP Amerika Serikat hingga Abu Dhabi.

Hal itu dilakukan Williams demi membuat Sargeant memenuhi syarat mendapat super license yang menjadi syarat mutlak untuk bisa tampil di Formula 1. Sargeant akan mendapat poin tiap ia mencapai 100 kilometer dalam satu sesi. Ia akhirnya mendapat super license setelah meraih posisi keempat di Formula 2 2022.

4. Amerika Serikat kembali punya wakil di Formula 1

Alasan Williams Tunjuk Logan Sargeant Isi Kursi Pembalap F1 2023Logan Sargeant (formula1.com)

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, Formula 1 tentu saja ingin merambah pasar Amerika Serikat yang selama ini cukup sulit untuk ditaklukan. Langkah mereka diawali dengan menggelar tiga balapan di Amerika Serikat.

Kini, dengan adanya Logan Sargeant sebagai wakil dari Amerika Serikat, Formula 1 ingin menarik lebih banyak fans baru dari Negeri Paman Sam. Sargeant musim depan juga akan melakoni balapan di rumahnya tiga kali, yakni GP Amerika Serikat, Miami, dan Las Vegas.

Amerika Serikat memang sudah cukup lama tak punya wakil di Formula 1. Pembalap terakhir asal Amerika Serikat yang tampil di Formula 1 adalah Alexander Rossi pada 2015.

5. Logan Sargeant ungkapkan rasa senangnya bisa tampil di Formula 1

Alasan Williams Tunjuk Logan Sargeant Isi Kursi Pembalap F1 2023Logan Sargeant (formula1.com)

Logan Sargeant tak dapat menutupi rasa senangnya bisa tampil di ajang sekelas Formula 1. Namun, menjadi pembalap asal Amerika Serikat pertama setelah sekian lama membuatnya juga merasakan tekanan yang cukup besar.

"Saya merasa selama saya mempersiapkan yang terbaik secara fisik dan mental, meluangkan waktu saya di pabrik di Grove dan melakukan semua yang saya bisa untuk menjadi pembalap terbaik yang saya bisa, saya harus menerimanya. Mudah-mudahan, itu cukup bagus untuk bertahan di F1 untuk waktu yang lama," ucap Sargeant mengutip situs resmi Formula 1.

Kehadiran Logan Sargeant di lintasan Formula 1 2023 membuat Amerika Serikat kembali punya wakil. Dengan prestasinya yang cukup bagus di Formula 2, Williams berharap ia bisa bersaing di Formula 1.

Baca Juga: Jost Capito Yakin Logan Sargeant Akan Naik ke Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya