5 Ayah dan Anak yang Sama-sama Pernah Menjuarai NBA

Terbaru ada Gary Payton dan Gary Payton II

Golden State Warriors kembali menjadi juara untuk keempat kalinya dalam delapan musim terakhir. Gary Payton II menjadi salah satu pemain yang punya kontribusi dalam perjalanan Warriors menggapai cincin juara.

Dengan raihan ini, Gary Payton II mengikuti jejak sang ayah, Gary Payton, yang juga pernah menjadi juara NBA. Berikut lima ayah dan anak yang sama-sama pernah menjadi juara NBA.

1. Matt Guokas Sr dan Matt Guokas Jr

5 Ayah dan Anak yang Sama-sama Pernah Menjuarai NBAMatt Guokas (nba.com)

Matt Guokas Sr merupakan bagian dari Philadelphia Warriors ketika mereka menjadi tim pertama yang menjadi juara NBA pada 1947. Sayang, karier Guokas Sr berakhir singkat setelah ia kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan mobil di tahun yang sama.

Sementara itu, sang anak, Guokas Jr, menjadi juara pada musim debutnya di NBA pada 1967 bersama Philadelphia 76ers. Tak seperti sang ayah, Guokas Jr mampu bertahan di NBA selama satu dekade. Ia kemudian sempat menjadi pelatih usai pensiun.

2. Rick dan Brent Barry

5 Ayah dan Anak yang Sama-sama Pernah Menjuarai NBARick Barry (nba.com)

Sebelum era Stephen Curry, Golden State Warriors terakhir kali menjadi juara pada 1975. Saat itu mereka dipimpin oleh Rick Barry yang kemudian keluar sebagai MVP Final setelah membuat rata-rata 29,5 poin ketika menyapu Washington Bullets.

Rick Barry punya tiga anak yang meneruskan jejaknya di NBA, yakni Jon, Brent, dan Drew. Namun, hanya Brent yang sukses mengikuti langkah Rick menjadi juara. Brent meraihnya bersama San Antonio Spurs pada 2005 dan 2007.

Baca Juga: 5 Alumnus Texas A&M University Terbaik yang Main di NBA Saat Ini

3. Bill dan Luke Walton

5 Ayah dan Anak yang Sama-sama Pernah Menjuarai NBABill dan Luke Walton (lakersnation.com)

Bill Walton merupakan bintang kemenangan Portland Trail Blazers ketika mereka menaklukan Philadelphia 76ers untuk menjadi juara pada 1977. Sempat diterpa cedera yang membuat kariernya meredup, Bill masih sanggup menjadi juara bersama Boston Celtics pada 1986.

Sebagai pemain, performa Luke Walton memang tak sebaik sang ayah yang pernah meraih gelar MVP. Namun, Luke juga punya peran ketika Los Angeles Lakers menjadi juara NBA pada 2009 dan 2010.

4. Mychal dan Klay Thompson

5 Ayah dan Anak yang Sama-sama Pernah Menjuarai NBAMychal dan Klay Thompson (sportingnews.com)

Klay Thompson menjadi salah satu anggota Golden State Warriors ketika mereka meraih empat gelar juara. Bersama Stephen Curry, mereka merupakan salah satu duet shooter terbaik sepanjang sejarah. 

Namun, bakat Klay rupanya datang dari sang ayah, Mychal Thompson, yang merupakan urutan pick pertama pada NBA draft 1978. Ia kemudian menjadi bagian dari The Show Time Los Angeles Lakers yang menjadi juara pada 1987 dan 1988.

5. Gary Payton dan Gary Payton II

5 Ayah dan Anak yang Sama-sama Pernah Menjuarai NBAGary Payton II (twitter.com/NBATV)

Karier Gary Payton II sempat tak menentu dan hanya bermain di G-League. Beruntung pada 2021 ia dikontrak oleh Golden State Warriors dan sukses mengantar tim asal San Francisco tersebut menjadi juara di akhir musim.

Dengan raihan ini, Payton II mengikuti jejak sang ayah, Gary Payton Sr, yang lebih dulu menggenggam cincin juara bersama Miami Heat pada 2006. Tak seperti sang anak, Payton Sr merupakan salah satu point guard terbaik pada masanya.

 

Para anak dari pemain NBA tersebut sukses mengikuti jejak sang ayah dengan menjadi juara NBA. Pepatah buah tak jatuh jauh dari pohonnya benar-benar tepat dalam menggambarkan pencapaian mereka.

Baca Juga: 10 Pemain NBA yang Sandingkan Gelar MVP dan Finals MVP

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya