Comscore Tracker

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarah

Gocekannya mantap

Dribble merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemain basket. Kemampuan dribble yang baik akan membuat pemain tersebut mudah dalam melewati lawan dan melakukan tembakan. Biasanya para ball handler hebat ini banyak yang berposisi sebagai point guard.

Mereka sering disebut sebagai playmaker bagi timnya. Membuat serangan dari tengah lapangan dan kemudian melakukan passing akurat maupun shooting. Dengan kemampuan ball handler yang hebat, maka hal tersebut pasti mudah dilakukan. Berikut 10 pemain NBA dengan kemampuan ball handler terbaik sepanjang sejarah.

1. Bob Cousy

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahnba.com

Bob Cousy merupakan bagian dari tim legendaris Boston Celtic yang mendominasi pada era '50 dan '60-an. Ia merupakan salah satu point guard terbaik pada eranya dengan dribble yang cukup baik dan passing yang akurat.

Berkat kemampuannya tersebut ia membuat Boston Celtics menjadu tim yang paling dominan pada era tersebut. Pergerakan yang cepat juga membuat lawan kesulitan dalam menghentikannya. Terbukti ia mampu meraih 6 gelar juara NBA dan 13 kali masuk all star.

2. Jason Williams

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahthecoldwire.com

Jason Williams merupakan salah satu dribbler dan passer paling cepat sepanjang sejarah NBA. Ketika bermain tak jarang para lawan dibuat kesulitan dengan kemampuan ball handling-nya yang menawan.

Ia bermain di NBA dari musim 1999 hingga pensiun di tahun 2011. Selama kariernya ia telah membela berapa tim di NBA. Namun, yang paling berkesan ketika ia berhasil menjadi juara di tahun 2006 bersama Miami Heat.

3. Pete Maravich

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahcrescentcitysports.com

"Pistol" Pete Maravich merupakan salah satu shooter terbaik sepanjang sejarah NBA. Ia membuktikannya dengan meraih satu gelar scoring champion, yang merupakan pemain dengan poin terbanyak dalam satu musim.

Namun, kemampuan olah bola pria yang menghabiskan banyak waktunya membela Utah Jazz ini tak kalah hebat. Berkat kemampuannya itulah ia sukses melewati lawan-lawannya sebelum menembakkan bola tepat ke ring basket.

4. Tim Hardaway

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahhothothoops.com

Tim Hardaway terkenal akan gerakan crossover miliknya selama aktif bermain di NBA. Ia pernah membela Golden State Warriors dari musim 1989 hingga 1996. Kala itu mereka membentuk trio TMC, yakni Tim Hardaway, Mitch Richmond, dan Chris Mullins.

Selama membela Golden States ia menuai banyak sukses dengan 5 kali masuk ke dalam all star. Selanjutnya ia pun membela beberapa tim dan akhirnya pensiun di tahun 2003.

5. Chris Paul

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahskysports.com

Chris Paul merupakan salah satu pemain senior yang masih bermain hingga saat ini. Ia dikenal selalu mampu mengangkat tim yang dibelanya menjadi lebih baik. Hal itu ia lakukan musim ini bersama Phoenix Suns, terbukti Suns pun dapat bertengger di papan atas wilayah barat.

Selain skill olah bolanya yang memang tak perlu diragukan lagi. Paul adalah seorang pemimpin di timnya bagi para pemain muda. Tak jarang ia memotivasi teman-temannya dan menyemangati mereka ketika dalam keadaan sulit.

Baca Juga: LeBron James dan Deretan Bintang NBA Pemilik Klub Sepak Bola

6. Magic Johnson

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahespn.com

Tak perlu diragukan lagi, Magic Johnson memang layak menjadi point guard terbaik sepanjang sejarah NBA. Selama membela Los Angles Lakers ia berhasil meraih 5 titel NBA dan 3 gelar MVP.

Kemampuan dribble bolanya memang cukup baik untuk orang setinggi Magic. Namun, senjata paling mematikannya adalah kemampuan no look pass. Yakni kemampuan untuk mengoper bola tanpa melihat teman setimnya.

7. Stephen Curry

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahinsider.com

Stephen Curry merupakan pemin yang dikenal akan kemampuan tembakan tiga angkanya. Ia bahkan cukup sering menembak dari jarak yang cukup jauh. Berkat kemampuannya itu ia menjadikan Warriors tim yang sangat dominan dalam beberapa musim terakhir.

Namun, seperti point guard lainnya kemampuan olah bolanya pun tak kalah bagus. Ia cukup sering melewati lawan dengan kemampuannya itu. Terlebih ditambah gerakannya yang cukup lincah membuat lawan kebingungan ketika mengawalnya.

8. Allen Iverson

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahinquirer.com

Iverson cukup mengejutkan di awal penampilannya bersama Philadelphia 76ers. Bagaimana tidak, meskipun bertubuh kecil di saat NBA didominasi para pemain bertubuh tinggi besar ia mampu mempertontonkan skilnya.

Bahkan ia pernah membawa 76ers melaju ke partai final NBA musim 2001. Musim yang sama ketika ia dinobatkan sebagai MVP. Ia pun juga turut andil dalam mengubah NBA yang sebelumnya didominasi para center. Sekarang menjadi tempat bagi para guard untuk menampilkan bakatnya.

9. Isiah Thomas

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahfadeawayworld.net

Isiah Thomas merupakan pemimpin dari bad boys Pistons yang menjuarai NBA di musim 1989 dan 1990. Mereka terkenal dengan permainan fisik keras yang cenderung kasar. Bahkan mereka berhasil menghentikan Michael Jordan tiga kali di babak playoff.

Selain itu, sebenarnya skill dari Thomas ini cukup bagus sebagai point guard ia mampu mendistribusikan bola dengan baik. Selain itu ia juga mampu menggocek lawan dengan kemampuan olah bolanya yang mengagumkan. Maka tak heran Piston mampu dibawanya meraih juara.

10. Kyrie Irving

10 Pemain NBA dengan Kemampuan Ball Handler Terbaik Sepanjang Sejarahdraftkings.com

Terakhir ada pemain yang saat ini membela Brooklyn Nets, Kyrie Irving. Ia telah dikenal mempunyai dribble hebat kala masih bermain bersama Cleveland Cavaliers. Bersama dengan LeBron James dan Kevin Love mereka mampu membawa Cavs juara di tahun 2016.

Sempat beberapa musim membela Boston Celtics, namun ia tak mampu membawa timnya melangkah lebih jauh. Sekarang ia membangun super tim bersama Kevin Durant dan James Harden yang merupakan tim terkuat di NBA saat ini.

Memiliki kemampuan ball handling yang menakjubkan semakin keren aksinya di lapangan. Skill mereka dapat membuat para lawan yang dihadapinya kocar-kacir.

Baca Juga: 10 Pencetak Poin Terbanyak Bagi Boston Celtics di NBA, Para Sniper!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya