5 Center NBA yang Raih Gelar MVP Lebih dari Sekali, Termasuk Jokic

Akankah posisi center kembali mendominasi NBA?

Kembali terpilihnya Nikola Jokic sebagai peraih MVP NBA 2022, membuat pebasket asal Serbia tersebut menjadi center terbaru yang meraih lebih dari satu MVP. Jokic memang tampil gemilang bersama Denver Nuggets musim ini.

Padahal, ia tak ditemani dua rekan terbaiknya, Jamal Murray dan Michael Porter Jr. Jokic juga membuat para center kembali diperhitungkan setelah NBA selalu didominasi oleh para guard dalam beberapa musim terakhir. Berikut lima center yang punya lebih dari satu gelar MVP.

1. Kareem Abdul-Jabbar

5 Center NBA yang Raih Gelar MVP Lebih dari Sekali, Termasuk JokicKareem Abdul-Jabbar (nba.com)

Kareem Abdul-Jabbar sering disebut sebagai salah satu center terbaik sepanjang masa NBA. Bagaimana tidak, Kareem merupakan peraih gelar MVP terbanyak dengan enam gelar. Namanya melambung tinggi ketika membela Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers.

Bersama Bucks, Kareem meraih tiga gelar MVP dan satu cincin juara. Sementara ketika berseragam Lakers, pemain yang terkenal dengan tembakan skyhook tersebut menambah tiga gelar MVP dan lima cincin juara.

2. Bill Russell 

5 Center NBA yang Raih Gelar MVP Lebih dari Sekali, Termasuk JokicBill Russell (nba.com)

Bill Russell merupakan sosok yang paling berjasa ketika Boston Celtics meraih sebelas cincin juara. Meskipun dalam hal menyerang ia tak terlalu dominan, senjata utama Russell adalah kemampuannya dalam bertahan yang sangat tangguh.

Russell sendiri punya lima gelar MVP sepanjang kariernya. Ia juga merupakan pemain pertama dalam sejarah NBA yang meraih tiga gelar MVP secara berturut-turut dari 1961 hingga 1963. Dua gelar lagi ia peroleh pada 1958 dan 1965.

Baca Juga: 5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Back

3. Wilt Chamberlain

5 Center NBA yang Raih Gelar MVP Lebih dari Sekali, Termasuk JokicWilt Chamberlain (skysports.com)

Wilt Chamberlain merupakan rival utama Bill Russell ketika keduanya bermain di NBA. Sama seperti Russell, Chamberlain juga pernah meraih tiga gelar MVP secara beruntun dari 1966 hingga 1968. Satu gelar lagi ia raih pada 1961 di musim debutnya.

Chamberlain seperti monster ketika bermain di lapangan. Ia begitu dominan ketika di bawah ring. Bahkan ia banyak memegang banyak rekor yang sepertinya sulit untuk dipecahkan. Salah satunya adalah ketika Chamberlain mencetak seratus poin dalam satu pertandingan.

4. Moses Malone

5 Center NBA yang Raih Gelar MVP Lebih dari Sekali, Termasuk JokicMoses Malone (nba.com)

Moses Malone merupakan salah satu center terhebat yang namanya jarang terdengar. Padahal, pemain yang sempat bermain di ABA tersebut merupakan peraih tiga gelar MVP dan sekali juara NBA.

Malone meraih gelar MVP pertamanya pada 1979 bersama Houston Rockets. Ia juga menjadi satu-satunya peraih gelar MVP secara beruntun dengan dua tim berbeda. Pada 1982 ia raih bersama Rockets dan semusim kemudian ia merengkuhnya bersama Philadelphia 76ers.

5. Nikola Jokic

5 Center NBA yang Raih Gelar MVP Lebih dari Sekali, Termasuk JokicNikola Jokic (nba.com)

Nikola Jokic kembali meraih gelar MVP 2022 bersama Denver Nuggets. Pemain yang terpilih di urutan ke-41 pada NBA draft 2014 tersebut mampu tampil baik dengan rataan 27,1 poin, 13,8 rebound, dan 7,9 assist.

Tanpa Jamal Murray dan Michael Porter Jr, Jokic menjadi pemilik statistik terbaik di timnya pada musim ini. Jokic berhasil memenangi persaingan dengan Joel Embiid dan Giannis Antetokounmpo yang sama-sama memiliki musim yang luar biasa.

 

Gelar MVP yang jatuh ke tangan Nikola Jokic dalam dua musim beruntun membuat para center kembali diperhitungkan di NBA. Akankah mereka mampu kembali mendominasi NBA?

Baca Juga: Nikola Jokic Kembali Merebut Trofi MVP NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya