Comscore Tracker

5 Defender Terbaik yang Pernah Dimiliki San Antonio Spurs

Salah satu kunci dominasi Spurs

San Antonio Spurs merupakan salah satu tim tersukses di NBA dengan lima gelar juara. Salah satu kunci sukses dominasi mereka adalah karena solidnya barisan pertahanan Spurs. Apalagi, mereka dilatih Gregg Popovich yang terkenal dengan strategi bertahannya yang luar biasa.

Bahkan, di bawah asuhannya Spurs pernah mencatatkan 22 musim selalu masuk babak playoff, yakni sejak musim 1998 hingga 2019. Hal ini tak terlepas dari para pemainnya yang bisa dibilang punya skill bertahan di atas rata-rata. Tak jarang mereka masuk all defensive team dan meraih gelar Defensive Player of The Year. Berikut lima pemain bertahan terbaik yang pernah dimiliki San Antonio Spurs.

1. Alvin Robertson

5 Defender Terbaik yang Pernah Dimiliki San Antonio SpursAlvin Robertson (espn.com.au)

San Antonio Spurs menjadi tim pertamanya di NBA pada tahun 1984. Kala itu sebagai debutan ia kurang mendapat menit bermain. Namun, setelah itu ia mampu membuktikan kualitasnya dengan raihan Most Improve Player of The Year dan Defensive Player of The Year pada musim 1986. Saat itu ia mencatatkan 17 poin, 6,3 rebound, 5,5 assist, dan 3,7 steal.

Selama kariernya ia pernah enam kali masuk dalam all defensive team dan pernah menjadi pemain dengan steal terbanyak sejak musim 1985 hingga 1987. Ia juga masuk jajaran all star dua kali pada musim tersebut. Robertson juga menjadi satu dari empat pemain yang pernah mencetak quadruple-double. Meski hanya lima musim bersama Spurs, ia masih menjadi salah satu defender terbaik timnya.

2. Tim Duncan

5 Defender Terbaik yang Pernah Dimiliki San Antonio SpursTim Duncan (foxsanantonio.com)

Tim Duncan merupakan pemain kunci Spurs kala mereka meraih lima gelar NBA. Ia merupakan peraih 2 gelar MVP musim 2002 dan 2003 dan 3 titel Final MVP. Dengan raihan tersebut, Duncan sering dianggap sebagai Power Forward terhebat sepanjang Sejarah NBA.

Dalam bertahan pun Duncan merupakan pemain yang cukup baik. Buktinya ia masuk 15 kali dalam all defensive team. Itu menjadi yang terbanyak di antara pemain NBA mana pun. Kemampuan bertahannya pun juga tak menurun sedikit pun meski usianya tak lagi muda. Sayang, ia tak sekali pun meraih titel Defensive Player of The Year.

Baca Juga: 5 Bintang Veteran NBA yang Belum Pernah Rasakan Gelar Juara

3. Bruce Bowen

5 Defender Terbaik yang Pernah Dimiliki San Antonio SpursBruce Bowen (hothothoops.com)

Meski berstatus undrafted pada musim 1993, Bowen tak menyerah begitu saja dan akhirnya menemukan tempat yang tepat bersama Spurs. Apalagi, kemampuan bertahannya yang bagus sangat disukai oleh Gregg Popovich. Bowen pun membela Spurs hingga tahun 2009 dan meraih 3 gelar NBA.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah pada partai final NBA musim 2007. Kala itu ia mampu mengunci LeBron James hingga membuatnya mencatatkan 5,7 turnovers per game yang membuat Spurs melumat Cavaliers 4-0. Bowen juga tercatat 5 kali masuk all defensive team. Sayang, ia tak sekali pun meraih gelar Defensive Player of The Year.

4. Kawhi Leonard

5 Defender Terbaik yang Pernah Dimiliki San Antonio SpursKawhi Leonard (ksat.com)

Kawhi Leonard merupakan peraih 2 gelar Defensive Player of The Year yang keduanya diraih bersama Spurs pada tahun 2015 dan 2016. Pada musim itu, ia juga memimpin dalam daftar steal dan untuk pertama kalinya masuk ke dalam all star. Pada tahun 2014 ia menjadi juara NBA sekaligus merengkuh gelar Final MVP.

Jangkauan tangannya yang panjang serta kemampuan membaca permainan yang baik membuat semua lawan tak dapat lolos dari pengawalannya. Usai meninggalkan Spurs pun Leonard masih mampu membawa Toronto Raptors meraih juara NBA. Kini ia bermain untuk Los Angeles Clippers.

5. David Robinson

5 Defender Terbaik yang Pernah Dimiliki San Antonio SpursDavid Robinson (news.cgtn.com)

David Robinson tak diragukan lagi merupakan defender terbaik sepanjang sejarah San Antonio Spurs. The Admiral sukses merengkuh gelar Defensive Player of The Year pada tahun 1992, tahun saat ia mencatatkan 4,5 blok dan 13,5 rebound per game.

Sama seperti Alvin Robertson, ia juga pernah mencatatkan quadruple-double dalam laga melawan Detroit Pistons pada tahun 1994. Pemain yang berposisi sebagai center ini juga membawa Spurs meraih 2 gelar NBA. Namanya juga tercatat 10 kali masuk sebagai all star.

 

Kelima pemain tersebut merupakan salah satu kunci solidnya permainan San Antonio Spurs. Berkat penampilan gemilang mereka dalam bertahan, Spurs sukses meraih 5 gelar NBA.

Baca Juga: NBA: San Antonio Spurs Bersiap Mentas Lagi

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya