5 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di F1 GP Brasil

God Save The King pertama kali berkumandang di F1

GP Brasil yang dihelat pada Senin (14/11/2022) menjadi panggung bagi Mercedes lewat kemenangan yang diraih George Russell. Setelah menjadi yang tercepa pada sesi sprint race, Russell kembali meraih kemenangan ketika balapan.

Kemenangan ini juga merupakan raihan pertama Mercedes yang sempat terseok-seok di awal musim. Lewis Hamilton yang meraih podium kedua semakin melengkapi pesta Mercedes. Berikut lima fakta menarik kemenangan George Russell di F1 GP Brasil.

1. Kemenangan pertama George Russell di Formula 1

5 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di F1 GP BrasilGeorge Russell merayakan kemenangan di GP Brasil 2022 bersama Mercedes. (twitter.com/F1)

George Russell menaruh harapan tinggi ketika Mercedes meminangnya pada awal musim 2022. Dengan label delapan kali juara dunia konstruktor secara beruntun, sepertinya tak butuh waktu lama bagi Russell untuk meraih kemenangan pertamanya.

Namun, buruknya performa Mercedes W13 di awal musim membuat Russell harus menunggu cukup lama. Dengan beberapa upgrade yang dilakukan Mercedes, penantian tersebut akhirnya terbayar ketika ia meraih kemenangan di GP Brasil.

2. George Russell jadi pembalap keenam asal Inggris yang menangi GP Brasil

5 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di F1 GP BrasilJenson Button menjuarai GP Brasil 2012. (twitter.com/F1)

Geroge Russell menjadi pembalap keenam asal Inggris yang berhasil memenangi GP Brasil. Hal ini membuatnya mengikuti jejak pada pendahulunya yang lebih dulu berjaya di sirkuit Interlagos.

Kelima pembalap asal Inggris yang pernah menang di GP Brasil sebelum Russell adalah Nigel Mansell, Damon Hill, David Coulthard, Jenson Button, dan Lewis Hamilton. Pembalap asal Inggris sendiri sudah memenangi sembilan balapan di GP Brasil.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Lewis Hamilton di Formula 1 GP Meksiko

3. Pembalap Inggris kembali kunci podium 1-2

5 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di F1 GP BrasilGeorge Russell dan Lewis Hamilton raih podium 1-2 bagi Mercedes di GP Brasil. (formula1.com)

Tak hanya George Russell yang meraih hasil impresif, Lewis Hamilton juga tampil memukau untuk mengamankan posisi kedua. Padahal, di awal balapan ia sempat terlibat kontak dengan pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Hasil ini membuat dua pembalap Inggris kembali memuncaki dua podium teratas. Sebelumnya, terakhir hal ini terjadi adalah pada GP Kanada 2010 ketika Lewis Hamilton dan Jenson Button naik podium ketika masih sama-sama membela McLaren.

Bagi Mercedes, ini juga kali pertama sejak Hamilton dan Valtteri Bottas mengamankan podium 1-2 pada GP Emilia Romagna. Pada GP Brasil ini juga untuk pertama kalinya lagu God Save The King dibawakan di Formula 1. 

4. Mercedes akhiri paceklik kemenangan

Sebelum George Russell meraih kemenangan pada GP Brasil, kali terakhir Mercedes menggapai puncak podium terjadi pada GP Arab Saudi 2021. Itu artinya, sudah hampir satu musim pabrikan asal Jerman tersebut tak meraih kemenangan.

Menariknya, meskipun baru sekali merebut kemenangan, Mercedes sebelumnya sudah 15 kali naik podium musim ini. Namun, baru pada GP Brasil mereka berhasil menggapai podium teratas.

5. Mercedes semakin dekati poin Ferrari di tabel konstruktor

5 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di F1 GP BrasilMercedes dan Ferrari masih bersaing perebutkan posisi kedua tabel konstruktor Formula 1 2022. (formula1.com)

Persaingan perebutan peringkat kedua konstruktor Formula 1 semakin panas setelah Mercedes finis 1-2 di GP Brasil. Hal itu membuat selisih poin mereka dengan Ferrari menjadi hanya 19 poin dengan sisa satu balapan.

Ferrari sendiri tak mampu bersaing dengan Mercedes di GP Brasil ketika Carlos Sainz dan Charles Leclerc hanya mampu finis ketiga dan keempat. Dengan hasil ini, siapa yang akan menjadi runner up konstruktor musim ini akan ditentukan di GP Abu Dhabi.

 

George Russell akhirnya berhasil meraih kemenangan perdananya di GP Brasil 2022. Selain merupakan kemenangan perdana Mercedes di musim 2022, hasil ini juga semakin menipiskan jarak mereka dengan Ferrari di tabel konstruktor.

Baca Juga: George Russell Menangi Sprint Race F1 GP Brasil, Hamilton Finis Ketiga

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya