5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi

Penutup musim yang manis bagi Verstappen

GP Abu Dhabi yang dihelat pada, Minggu (20/11/2022), menjadi seri penutup Formula 1 2022. Max Verstappen yang merupakan juara dunia musim ini sukses keluar sebagai pemenang.

Verstappen yang tampil dari posisi terdepan tak mampu dikejar oleh para pesaingnya. Hasil ini menjadi penutup musim yang manis bagi pembalap asal Belanda tersebut. Berikut lima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP Abu Dhabi.

1. Max Verstappen raih hattrick di GP Abu Dhabi

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu DhabiMax Verstappen menjuarai GP Abu Dhabi 2022. (formula1.com)

Kemenangan Max Verstappen di GP Abu Dhabi 2022 sekaligus mengulangi prestasinya dua musim sebelumnya. Kala itu, pembalap asal Belanda tersebut mampu meraih hattrick kemenangan di Sirkuit Yas Marina.

Pada Formula 1 2020, Verstappen tampil jadi yang tercepat setelah mengungguli Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Semusim berselang, Verstappen kembali mengukir kemenangan sekaligus menyegel gelar juara dunia pertamanya.

2. Kemenangan ke-15 Verstappen di musim 2022

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu DhabiMax Verstappen menjuarai GP Prancis 2022. (formula1.com)

Verstappen telah melampaui rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim di GP Meksiko F1 2022. Seakan tak cukup puas, Verstappen makin mempertajam rekornya itu menjadi 15 kemenangan lewat kesuksesan di GP Abu Dhabi ini.

Torehan 15 kemenangan tersebut juga menyamai apa yang diraih McLaren bersama Alain Prost dan Ayrton Senna pada musim 1988. Kemenangan Verstappen juga membuat Red Bull kembali ke podium teratas setelah sempat dikalahkan Mercedes di GP Brasil.

Baca Juga: 6 Pembalap yang Pernah Memang di Formula 1 GP Abu Dhabi

3. Delapan pemenang terakhir GP Abu Dhabi berasal dari pole position

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu DhabiMax Verstappen dan Sergio Perez berdiri di atas podium GP Abu Dhabi 2022. (formula1.com)

Satu hal menarik dari GP Abu Dhabi adalah delapan pemenang terakhir selalu berasal dari pole position. Terakhir kali pemenang balapan di luar pole position adalah Lewis Hamilton pada 2014.

Selain Hamilton, hanya Sebastian Vettel pada 2009 dan 2013, Kimi Raikkonen pada 2012, serta Hamilton sendiri pada 2011 dan 2014 menjadi pemenang yang tak berasal dari posisi terdepan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sesi kualifikasi di Sirkuit Yas Marina.

4. Charles Leclerc rebut posisi runner up

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu DhabiCharles Leclerc raih posisi runner up Formula 1 musim 2022. (formula1.com)

Meski gelar juara dunia sudah disegel oleh Max Verstappen, siapa yang berhak menjadi runner up masih ditentukan di GP Abu Dhabi. Charles Leclerc dan Sergio Perez yang turun balap bermodalkan poin sama ngotot untuk bisa finis di depan rivalnya.

Meski mengawali balapan dari posisi ketiga, Charles Leclerc yang menggunakan strategi sekali pit stop akhirnya sukses mengunci podium kedua. Di sisi lain, Perez yang dua kali masuk pit stop harus puas berada di peringkat ketiga.

5. Rekor impresif Lewis Hamilton akhirnya patah

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu DhabiLewis Hamilton gagal finis pada GP Abu Dhabi 2022. (formula1.com)

Balapan F1 GP Abu Dhabi menjadi balapan yang tak diinginkan bagi Lewis Hamilton. Mengalami insiden dengan Carlos Sainz di awal balapan, mobil Hamilton sempat mengalami kerusakan di bagian floor.

Hal itulah yang akhirnya membuat Hamilton gagal menyelesaikan balapan. Akibatnya, pembalap asal Inggris tersebut gagal merebut satu kemenangan pun di musim 2022. Rekor yang sudah ia jaga selama 15 musim tersebut akhirnya harus patah.

Gagal finisnya Hamilton juga membuat Mercedes tak mampu mengkudeta Ferrari dari posisi kedua konstruktor. Padahal, mereka sempat tampil menjanjikan dengan meraih dua podium teratas di GP Brasil.

Max Verstappen kembali meraih kemenangan di Formula 1 2022 untuk menajamkan rekornya menjadi 15 kali menang dalam satu musim. Sementara itu, perebutan runner up akhirnya berhasil dimenangkan oleh Ferrari, baik pembalap maupun konstruktor.

Baca Juga: Lewis Hamilton Sebut Terlalu Dini Bicarakan Era Dominan Max Verstappen

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya