Comscore Tracker

5 Fakta Menarik usai Carlos Sainz Raih Kemenangan di GP Inggris

Sainz raih kemenangan pertamanya di Formula 1

GP Inggris yang berlangsung pada Minggu (3/7/2022) berlangsung cukup seru sepanjang jalannya balapan. Carlos Sainz yang mengendarai Ferrari pada akhirnya sukses menjadi pemenang.

Kemenangan ini pastinya akan sangat membekas bagi Sainz. Pasalnya, ini merupakan kali pertama ia menggapai puncak podium selama berkarier di Formula 1.

1. Carlos Sainz raih pole position dan kemenangan pertamanya

Minggu sempurna bagi Carlos Sainz sudah dimulai sejak sesi kualifikasi. Sainz mampu tampil menjadi yang tercepat di tengah kondisi basah yang terjadi di sirkuit Silverstone. Ini juga merupakan kali pertama Sainz meraih pole position.

Pada saat balapan, Sainz sempat berduel dengan rekan rekan setimnya, Charles Leclerc. Namun, pada akhirnya pembalap asal Spanyol itulah yang berhasil finis terdepan diikuti Sergio Perez dan Lewis Hamilton.

2. Carlos Sainz harus menunggu 150 balapan untuk meraih kemenangan perdananya

5 Fakta Menarik usai Carlos Sainz Raih Kemenangan di GP InggrisCarlos Sainz (formula1.com)

Carlos Sainz harus menunggu cukup lama untuk meraih kemenangan pertamanya di Formula 1. Sejak debutnya pada 2015, Sainz butuh 150 balapan untuk berada di puncak podium.

Hal ini membuatnya menjadi pembalap kedua terlama yang harus menunggu kemenangan pertamanya. Ia hanya kalah dari Sergio Perez yang kini membela Red Bull. Perez melakoni balapan ke-190 kala ia menang di GP Sakhir 2020.

Baca Juga: Nico Rosberg Nilai Ferrari Tak Terbebani dalam Persaingan Gelar Juara

3. Carlos Sainz ikuti jejak Fernando Alonso

5 Fakta Menarik usai Carlos Sainz Raih Kemenangan di GP InggrisCarlos Sainz dan Fernando Alonso (formula1.com)

Dengan raihan kemenangan pada GP Inggris 2022, Carlos Sainz sukses mengikuti jejak Fernando Alonso sebagai pembalap kedua asal Spanyol yang mampu meraih kemenangan di Formula 1.

Alonso yang merupakan dua kali juara dunia punya koleksi 32 kemenangan. Alonso sendiri merupakan sosok idola yang membuat Sainz akhirnya memulai kariernya di Formula 1.

4. Ferrari telah meraih 15 kemenangan di Silverstone

5 Fakta Menarik usai Carlos Sainz Raih Kemenangan di GP InggrisCarlos Sainz (formula1.com)

Ferrari menjadi salah satu tim yang sangat cocok untuk balapan di Silverstone. Hal itu mereka buktikan dengan raihan 15 kemenangan di sirkuit yang pertama kali menggelar balapan Formula 1 tersebut.

Sebelum Sainz, Sebastian Vettel menjadi pembalap Ferrari terakhir yang menang di GP Inggris, tepatnya pada 2018. Sementara pembalap Ferrari pertama yang berhasil merajai Silverstone adalah Jose Frolian Gonzalez pada 1951.

5. Carlos Sainz raih lebih banyak podium dari Charles Leclerc musim ini

5 Fakta Menarik usai Carlos Sainz Raih Kemenangan di GP InggrisCarlos Sainz dan Charles Leclerc pada GP Inggris 2022. (formula1.com)

Meskipun saat ini perolehan poinnya masih berada di bawah rekan setimnya tersebut, Sainz sejauh ini meraih lebih banyak podium dibanding Leclerc. Sainz tercatat sudah mengemas 6 podium berbanding 4 milik Leclerc.

Bahkan, Leclerc sudah tak meraih podium dalam 5 balapan terakhir. Hal ini seperti mengulang hasil musim lalu saat Sainz juga lebih banyak finis di atas podium dibanding Leclerc.

 

Kemenangan perdana Carlos Sainz di GP Inggris pasti akan menjadi kenangan yang membekas baginya. Terlebih ia harus menunggu cukup lama untuk berada di puncak podium Formula 1.

Baca Juga: Carlos Sainz Tertawa Tanggapi Rumor Konflik Perpanjangan Kontrak

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya