5 Fakta Menarik Kemenangan Sergio Perez di F1 GP Singapura

Perez kuat di sirkuit jalan raya

Sergio Perez menunjukkan keperkasaannya pada balapan Formula 1 GP Singapura, Minggu (2/10/2022). Pembalap asal Meksiko tersebut berhasil lolos dari kejaran Charles Leclerc hingga menjadi yang pertama melintasi garis finis.

Perez sebenarnya mendapat penalti 5 detik akibat melanggar prosedur safety car, tetapi ia tetap menjadi pemenang karena berjarak 7 detik dari Leclerc. Berikut lima fakta menarik kemenangan Sergio Perez di GP Singapura 2022.

1. Kemenangan pertama Sergio Perez di GP Singapura

5 Fakta Menarik Kemenangan Sergio Perez di F1 GP SingapuraSergio Perez menjuarai GP Singapura 2022. (formula1.com)

Sergio Perez berhasil meraih kemenangan keempat sepanjang kariernya di Formula 1 pada GP Singapura. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama diraihnya di sirkuit Marina Bay.

Padahal, sebelumnya, Perez tak pernah naik podium di GP Singapura. Posisi finis terbaiknya adalah peringkat kelima yang ia raih pada 2017. Perez juga gagal finis pada balapan sebelumnya di GP Singapura 2019.

2. Kemenangan pertama Red Bull di GP Singapura sejak 2013

5 Fakta Menarik Kemenangan Sergio Perez di F1 GP SingapuraSergio Perez menjuarai GP Singapura 2022. (formula1.com)

Red Bull sebenarnya selalu tampil kuat di GP Singapura dengan berada di atas podium dalam sebelas balapan beruntun di sirkuit Marina Bay. Namun, mereka sudah cukup lama tak meraih kemenangan, yakni pada 2013 lewat Sebastian Vettel.

Akhirnya, Sergio Perez kembali membuat Red Bull menggapai puncak podium lewat kemenangannya. Red Bull juga makin menunjukkan dominasinya dengan selalu meraih kemenangan dalam enam balapan terakhir.

Baca Juga: Hasil F1 GP Singapura 2022: Sergio Perez Tak Bisa Dibendung

3. Sergio Perez tunjukkan keperkasaannya di sirkuit jalan raya

5 Fakta Menarik Kemenangan Sergio Perez di F1 GP SingapuraSergio Perez menjuarai GP Monako 2022. (sportingnews.com)

Dari 4 kemenangan yang diraih Sergio Perez sepanjang kariernya, 3 di antaranya ia buat di sirkuit jalan raya. Sebelum di GP Singapura, Perez juga berhasil naik podium tertinggi di GP Monako.

Hal itu membuat Perez jadi pembalap pertama sejak Sebastian Vettel pada 2013 yang berhasil menjadi juara di GP Monako dan Singapura pada tahun yang sama. Perez berhasil merajai GP Azerbaijan 2021, sementara GP Sakhir 2020 jadi satu-satunya kemenangan Perez di sirkuit permanen.

4. Max Verstappen gagal perpanjang rekor kemenangannya

5 Fakta Menarik Kemenangan Sergio Perez di F1 GP SingapuraMax Verstappen dan Sergio Perez (formula1.com)

Max Verstappen datang ke GP Singapura berbekal lima kemenangan beruntun sejak GP Prancis. Ia pun jadi salah satu yang diunggulkan untuk meraih kemenangan. Terlebih ia berpotensi mengunci gelar juara dunia jika finis pertama.

Meski begitu, Verstappen gagal tampil maksimal pada sesi kualifikasi yang membuatnya hanya mencatatkan waktu terbaik kedelapan. Verstappen pun tak mampu berbuat banyak saat balapan dan hanya berhasil finis ketujuh. Ia gagal mempertajam catatan kemenangannya musim ini.

5. Charles Leclerc kembali gagal raih kemenangan

5 Fakta Menarik Kemenangan Sergio Perez di F1 GP SingapuraCharles Leclerc meraih posisi kedua pada GP Singapura 2022. (formula1.com)

Meskipun kembali meraih pole position, Charles Leclerc langsung disalip Sergio Perez begitu bendera start dikibarkan. Sempat menempel ketat Perez sepanjang balapan, ia tetap gagal menyalip pembalap Red Bull tersebut.

Leclerc selalu berhasil naik podium dalam tiga balapan terakhir, tetapi kemenangan belum berpihak kepadanya. Bahkan, dari 9 pole position yang diraihnya musim ini, hanya 2 yang berhasil dikonversi jadi kemenangan. Sisanya ia selalu berada di belakang pembalap Red Bull.

Sergio Perez menunjukkan keperkasaannya dalam balapan GP Singapura 2022. Ia pun membuat Red Bull selalu mendominasi kemenangan dalam enam balapan terakhir.

Baca Juga: Sergio Perez Raih Kemenangan Perdana F1 2022 pada GP Monako

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya