Fernando Alonso Frustasi Usai Gagal Finis di F1 GP Meksiko

DNF ketiga dalam lima balapan terakhir

Hasil buruk kembali menimpa Fernando Alonso setelah mobilnya bermasalah pada GP Meksiko, Senin (31/10/2022). Hal itu membuat pilot Alpine tersebut terpaksa masuk garasi lebih cepat dan gagal mendulang poin.

Ini juga merupakan kali ketiga dalam lima balapan terakhir dirinya gagal menyentuh garis finis. Alonso pun tak bisa menutupi rasa kecewanya dengan hasil buruk di Formula 1 Meksiko 2022.

1. Fernando Alonso berada di posisi ketujuh sebelum alami DNF

Fernando Alonso sebenarnya cukup nyaman berada di posisi ketujuh, di belakang pembalap Red Bull, Mercedes, dan Ferrari. Namun, ia harus menepikan mobilnya usai mesinnya mengalami masalah pada lap ke-66.

Alonso mengaku cukup frustasi karena mendapat hasil yang tak diinginkan. Padahal dengan strategi pemakaian ban medium dan hard di GP Meksiko, Alonso cukup kuat bersaing di urutan ketujuh.

2. Fernando Alonso ungkapkan rasa frustasinya usai balapan

Fernando Alonso Frustasi Usai Gagal Finis di F1 GP MeksikoFernando Alonso (twitter.com/alo_oficial)

Fernando Alonso tak bisa menampik bahwa dirinya begitu kecewa setelah mendapat hasil negatif di GP Meksiko. Ia menyayangkan hasil tersebut karena mengaku punya pekan yang cukup bagus sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi.

"Sayangnya kami tidak bisa menyelesaikan balapan hari ini setelah start yang bagus, stint yang bagus, yang berarti kami tampaknya akan mencetak beberapa poin bagus. Saya merasa sangat cepat di kedua stint, pertama di medium dan kemudian dengan ban hard.

Namun, kami kehilangan satu silinder di mesin dengan 18 lap tersisa, yang akhirnya memaksa kami untuk menghentikan mobil meskipun kami sudah berusaha semaksimal mungkin," ungkap Alonso melansir situs resmi Formula 1.

Baca Juga: Fernando Alonso Nilai Tabrakan dengan Stroll sebagai Insiden Balap

3. DNF ketiga dalam lima balapan terakhir

Fernando Alonso Frustasi Usai Gagal Finis di F1 GP MeksikoFernando Alonso pada GP Meksiko 2022. (formula1.com)

Hasil buruk yang dialami Fernando Alonso merupakan kali ketiga dalam lima balapan terakhir. Sebelumnya, ia juga mengalami masalah pada mobilnya pada GP Italia dan Singapura.

Setelahnya, Alonso sebenarnya mampu tampil bagus dengan mengunci posisi ketujuh di GP Jepang dan Amerika Serikat. Hal ini membuktikan bahwa Alonso mampu tampil gemilang jika mobilnya tak mengalami masalah.

4. Fernando Alonso masih tertinggal dari Esteban Ocon

Fernando Alonso Frustasi Usai Gagal Finis di F1 GP MeksikoFernando Alonso dan Esteban Ocon. (formula1.com)

Dengan menyisakan 2 balapan lagi di GP Brasil dan Abu Dhabi, Fernando Alonso masih tertinggal 11 poin dari rekan setimnya, Esteban Ocon. Pembalap asal Prancis tersebut finis di posisi kedelapan pada GP Meksiko.

Dengan dua balapan tersisa, asa Alonso untuk menyalip rekan setimnya tersebut masih terbuka lebar. Pada 2021, Alonso sendiri berhasil mengungguli Ocon di tabel klasemen. Ia menempati urutan kesepuluh sementara Ocon kesebelas.

5. Perebutan posisi keempat di tabel konstruktor masih panas

Fernando Alonso Frustasi Usai Gagal Finis di F1 GP MeksikoAlpine unggul sebelas poin dari McLaren di tabel konsturktor sementara Formula 1 2022. (formula1.com)

Persaingan di posisi keempat klasemen konstruktor masih berlangsung sengit antara Alpine dan McLaren. Alpine saat ini masih unggul dengan 153 poin, tetapi McLaren juga tak berselisih jauh dengan 146 poin.

Pada GP Meksiko, McLaren mendapat tambahan delapan poin setelah Daniel Ricciardo dan Lando Norris masing-masing selesai di urutan ketujuh dan kesembilan. Sementara, Alpine hanya mendapat tambahan empat poin dari Ocon yang finis kedelapan.

Fernando Alonso frustasi akibat hasil buruk di GP Meksiko. Padahal ia punya momentum ketika tampil bagus di sesi kualifikasi hingga berada di urutan ketujuh saat balapan.

Baca Juga: Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya