Tampil Luar Biasa, Ja Morant Raih NBA Most Improved Player 2022

Morant siap jadi bintang masa depan NBA

Ja Morant menjadi peraih gelar NBA Most Improved Player 2022 dilansir dari NBA. Penampilannya memang meningkat drastis dibanding musim lalu. Meski sebelumnya pun ia sudah tampil begitu baik.

Prestasi Morant ini juga sejalan dengan penampilan Memphis Grizzlies yang mengakhiri musim di peringkat kedua wilayah barat. Selain itu, Morant juga membuat beberapa catatan menarik usai meraih NBA Most Improved Player 2022.

1. Ja Morant raih NBA Most Improved Player 2022

Gelar Most Improved Player atau sering disebut MIP diberikan kepada setiap pemain yang penampilannya meningkat pesar dibanding musim sebelumnya. Terpilihnya Morant terbilang cukup unik, karena ia sudah menampilkan performa luar biasa musim lalu.

Biasanya, peraih MIP merupakan pemain yang sebelumnya tampil dari bangku cadangan atau tampil tak terlalu baik di musim sebelumnya. Namun, peningkatan performa luar biasa ditambah Grizzlies yang semakin solid, membuat Morant layak mendapat gelar ini. 

2. Morant Ungguli Dejounte Murray dan Darius Garland

Tampil Luar Biasa, Ja Morant Raih NBA Most Improved Player 2022Dejounte Murray (nba.com)

Tak sama seperti Morant, Dejounte Murray dan Darius Garland tampil tak terlalu memukau musim lalu. Namun, keduanya menampilkan performa luar biasa musim ini. Bahkan, dua pemain muda itu terpilih masuk All-Star untuk pertama kalinya.

Tak heran, banyak yang menjagokan keduanya meraih gelar MIP 2022. Murray punya catatan 21,1 poin, 8,3 rebound, dan 9,2 assist per game musim ini. Naik jauh dari sebelumnya yang hanya 15,7 poin, 7,1 rebound, dan 5,4 assist per game.

Peningkatan juga terjadi pada Darius Garland yang musim ini mencatatkan 21,7 poin, 3,3 rebound, dan 8,6 assist per game. Meningkat jauh dari musim lalu yang hanya 17,4 poin, 2,4 rebound, dan 6,1 assist per game.

Baca Juga: 10 Potret Ja Morant, Bintang Muda Memphis Grizzlies 

3. Statistik Morant meningkat pesat musim ini

Tampil Luar Biasa, Ja Morant Raih NBA Most Improved Player 2022Ja Morant (nba.com)

Meskipun Murray dan Garland punya peningkatan performa yang cukup drastis musim ini. Tapi Morant berada di level yang lebih tinggi daripada keduanya. Ia bahkan sempat menjadi kandidat peraih MVP musim 2022.

Morant tampil solid dengan torehan 27,4 poin, 5,7 rebound, dan 6,7 assist per game. Bandingkan dengan musim lalu yang sebenarnya juga sangat baik, yakni 19,1 poin, dan 4 rebound per game. Hanya catatan assist miliknya yang menurun dari 7,4 assist per game.

Morant musim ini juga tercatat membuat raihan di atas 40 poin dalam satu game sebanyak enam kali. Padahal dalam dua musim sebelumnya ia hanya mampu membuat torehan tersebut sekali saja. Akurasi tembakannya musim ini juga jadi yang terbaik dalam kariernya, yakni mencapai 49,3 persen. 

4. Jadi pemain pertama Memphis Grizzlies yang raih NBA Most Improved Player

Tampil Luar Biasa, Ja Morant Raih NBA Most Improved Player 2022Ja Morant (nba.com)

Sejak pertama kali diadakan pada musim 1985/1986, belum ada pemain dari Memphis Grizzlies yang meraih gelar NBA Most Improved Player atau MIP. Hingga Ja Morant meraihnya pada 2022, sekaligus jadi pemain Grizzlies pertama yang meraih MIP.

Dengan hal ini, Morant mengikuti jejak para bintang NBA yang sebelumnya juga meraih gelar serupa. Giannis Antetokounmpo, James Harden, Paul George, hingga Jimmy Butler merupakan peraih MIP yang kemudian menjelma menjadi bintang besar di NBA.

5. Penampilan Morant sejalan dengan Performa Grizzlies musim ini

Tampil Luar Biasa, Ja Morant Raih NBA Most Improved Player 2022Memphis Grizzlies (sportingnews.com)

Penampilan solid Ja Morant terbukti mampu membuat prestasi Grizzlies semakin meningkat. Musim lalu mereka hanya mampu finis di urutan kedelapan wilayah barat dengan rekor menang-kalah 38-34.

Musim ini mereka tampil luar biasa dan mampu menduduki peringkat kedua wilayah barat dengan rekor menang-kalah 56-26. Hal ini karena tak hanya Morant saja yang penampilannya semakin baik, melainkan hampir semua pemain Grizzlies tampil gemilang musim ini.

 

Prestasi Ja Morant dengan raihan gelar NBA Most Improved Player 2022 semakin membuktikan peningkatan kualitasnya dari musim ke musim. Kini ia siap menjadi bintang masa depan NBA bersama Memphis Grizzlies.

Baca Juga: Modal Galaknya Performa Ja Morant Bersama Grizzlies di NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya