Comscore Tracker

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan Williams

Para pembalap hebat

Mungkin saat ini Williams adalah salah satu tim yang sering berada di posisi belakang. Bahkan untuk mendapat poin pun mereka mengalami kesulitan. Sebab, mereka tak mempunyai dana melimpah seperti beberapa tim besar.

Padahal dulunya Williams merupakan salah satu tim yang cukup kuat bersaing dalam perebutan gelar juara dunia. Bahkan banyak pembalap top yang membela tim yang didirikan oleh Frank Williams ini. Berikut tujuh pembalap yang sukses meraih juara dunia bersama Williams.

1. Alan Jones

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsAlan Jones (snaplap.net)

Alan Jones merupakan pembalap Williams pertama yang sukses meraih gelar juara dunia. Tepatnya pada musim 1980, kala itu ia sukses memenangkan lima balapan dan unggul 13 poin dari Nelson Piquet.

Memang pada musim itu ia ditempel ketat oleh Nelson Piquet yang membela Brabham, juga rekan satu timnya Carlos Reutemann. Namun, Jones mampu tampil solid untuk meraih satu-satunya gelar juara dunia baginya.

2. Keke Rosberg

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsKeke Rosberg (formula1.com)

Keke Rosberg merupakan juara dunia tahun 1982, ia juga merupakan juara dunia pertama dari Finlandia. Uniknya ketika mendapat gelarnya ia hanya memenangkan satu balapan saja.

Sebenarnya, kala itu dua pembalap Ferrari, yakni Gilles Villeneuve dan Didier Pironi yang lebih diunggulkan. Sayang, keduanya mengalami kecelakaan hebat. Villeneuve kehilangan nyawanya di sirkuit Zolder, Belgia sedangkan Pironi harus pensiun dini setelah insiden di sirkuit Hockenheimring, Jerman.

3. Nelson Piquet

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsNelson Piquet (formula1.com)

Usai dua kali meraih juara dunia bersama Brabham, Nelson Piquet pindah ke Williams untuk berduet dengan Nigel Mansell. Musim pertamanya pada 1986 ia hanya berada di peringkat ketiga.

Namun, semusim berselang pada 1987, Piquet sukses mengungguli rekan satu timnya itu untuk meraih gelar ketiganya. Meskipun pada waktu itu Mansell lebih banyak memenangkan balapan.

Baca Juga: Kehilangan Besar Williams Jika George Russell Hengkang pada 2022

4. Nigel Mansell

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsNigel Mansell (autocar.co.uk)

Musim 1992 benar-benar didominasi oleh Nigel Mansell dan Williams. Kala itu ia sukses memenangi sembilan balapan dan tak ada satu pembalap pun yang berhasil mengejarnya.

Bahkan ia unggul 52 poin dari rekan satu timnya, Riccardo Patrese pada klasemen akhir. Pada akhir musim Mansell memutuskan pensiun usai melewati musim terbaik dalam karier balapnya.

5. Alain Prost

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsAlain Prost (maxf1.net)

Alain Prost sempat memutuskan tak ikut balapan musim 1992 usai dipecat oleh Ferrari. Namun, pada 1993 ia kembali ke lintasan yang kali ini membela Williams, tim yang sangat dominan waktu itu.

Sempat muncul kontroversi saat Prost tak memperbolehkan Ayrton Senna menjadi rekan satu timnya. Meski begitu, pada akhir musim Prost mampu merebut gelar juara dunia keempatnya. Ia sukses memenangi persaingan dengan rivalnya, Ayrton Senna.

6. Damon Hill

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsDamon Hill (redbull.com)

Damon Hill sudah cukup tua kala ia debut di Formula 1 pada tahun 1992, kala itu usianya sudah memasuki 32 tahun. Namun, anak dari mantan juara dunia, Grahan Hill ini masih mampu menunjukkan kualitasnya.

Tepatnya pada musim 1996, saat usianya sudah 36 tahun. Hill yang tengah mengincar gelar juara pertamanya tampil gemilang dengan raihan delapan kemenangan. Ia sukses mengungguli rekan satu timnya, Jacques Villeneuve dan pembalap Ferrari, Michael Schumacher.

7. Jacques Villeneuve

7 Pembalap Formula 1 yang Sukses Juara Dunia dengan WilliamsJacques Villenuve (f1experiences.com)

Jacques Villeneuve menjadi pembalap Williams terakhir yang merasakan gelar juara dunia. Setelah pada musim sebelumnya harus berada di belakang Damon Hill, pada tahun 1997 ia sukses menyabet gelar juara dunia.

Salah satu momen paling dramatis pada musim itu adalah saat seri penutup di sirkuit Jerez, Spanyol. Kala itu ia bersenggolan dengan pesaing terdekatnya, Michael Schumacher. Akibat insiden itu Schumacher tak mampu melanjutkan balapan, sehingga Villeneuve pun berhasil merebut gelar juara dunia.

Meski saat ini Williams cukup kesulitan membuat mobilnya bersaing di papan atas. Namun, bukan tak mungkin tim ini mampu kembali menunjukkan taringnya.

Baca Juga: Williams Racing Luncurkan Livery Terbaru, Kini Tampil Lebih Segar

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya