Mengenal Kareem Abdul-Jabbar, Pebasket Muslim yang Mengguncang NBA

Masih jadi pemegang rekor poin terbanyak di NBA!

Berbicara mengenai pemain terbaik sepanjang sejarah NBA, tak sedikit yang akan menyebut nama Kareem-Abdul Jabbar. Pemain berjuluk The Captain tersebut punya segudang prestasi selama berkarier di NBA.

Bahkan, ia kerap dianggap sebagai center terbaik sepanjang masa NBA. Selain itu, kisahnya dalam memeluk agama Islam juga begitu inspiratif. Kareem juga tercatat memegang berbagai rekor keren di NBA. Simak fakta menariknya berikut ini!

1. Debut Gemilang bersama Milwaukee Bucks

Mengenal Kareem Abdul-Jabbar, Pebasket Muslim yang Mengguncang NBAKareem Abdul-Jabbar saat masih membela Milwaukee Bucks. (nba.com)

Memiliki nama asli Ferdinand Lewis Alcindor Jr. Kareem sudah sangat terkenal sejak masa kuliahnya di University of California atau UCLA. Bahkan, saking hebatnya, NCAA melarang semua pemain untuk melakukan dunk. Karena akan membuat Lew Alcindor menjadi sangat dominan.

Namun, hal itu tak membuat permainan menurun, Lew justru membuat gerakan baru bernama skyhook yang begitu efektif dan tak terhentikan saat itu. Maka, tak heran Milwaukee Bucks memilihnya pada urutan pertama NBA draft 1969.

Pada musim pertamanya, Kareem sudah menjadi pemain tertinggi di NBA. Penampilannya pun begitu memukau dengan catatan 28,8 poin, 14,5 rebound, dan 4,1 assists. Tak heran ia mendapat gelar Rookie of the Year dan juga langsung masuk All-Star pada musim debutnya.

2. Semakin bersinar setelah memeluk Islam

Mengenal Kareem Abdul-Jabbar, Pebasket Muslim yang Mengguncang NBAKareem Abdul-Jabbar dan Oscar Robertson membawa Bucks juara pada 1971. (nba.com)

Usai musim debut yang luar biasa, Bucks kemudian mendatangkan Oscar Robertson yang saat itu merupakan bintang di NBA. Duet mereka berdua pun berbuah manis ketika Bucks punya rekor terbaik dengan 66-16 musim 1970/1971.

Musim itu, Kareem juga meraih MVP pertamanya usai membukukan 31,7 poin dan 16 rebound per game. Pada akhir musim, Kareem mampu membawa Bucks meraih gelar juara usai menyapu Baltimore Bullets 4-0.

Usai menjadi juara, Kareem memutuskan masuk Islam dan menanggalkan nama Lew Alcindor. Setelahnya, Kareem tampil semakin gemilang meski tak lagi membawa Bucks meraih gelar juara. Ia menambah dua gelar MVP sebelum pergi pada 1975.

Baca Juga: 5 Center dengan Kemampuan Tembakan 3 Poin Terbaik di NBA saat Ini

3. Membuat duet maut bersama Magic Johnson di LA Lakers

Mengenal Kareem Abdul-Jabbar, Pebasket Muslim yang Mengguncang NBAMagic Johnson dan Kareem Abdul-Jabbar (sportingnews.com)

Usai meninggalkan Bucks, Kareem memutuskan untuk bergabung dengan Los Angeles Lakers. Pada musim pertamanya Kareem langsung mendapat gelar MVP usai membuat rata-rata 27,7 poin dan 16,9 rebound. Ia menjadi pemain Lakers pertama yang mendapat gelar MVP.

Sayang, Kareem gagal membawa timnya melaju ke babak playoff setelah Lakers hanya finis keenam di wilayah barat dengan rekor 40-42. Hal itu membuatnya menjadi satu-satunya MVP yang gagal membawa timnya ke babak playoff.

Kareem harus menunggu hingga Lakers mendatangkan Magic Johnson pada NBA draft 1979. Sejak saat itu keduanya membuat Lakers benar-benar tak terhentikan pada dekade '80-an dengan koleksi lima gelar juara.

Kemampuan Magic sebagai playmaker ditambah Kareem yang dominan sebagai center membuat mereka menjadi salah satu duet paling mematikan sepanjang sejarah NBA. Rivalitas mereka dengan Boston Celtics yang digawangi Larry Bird juga begitu panas saat itu.

4. Konsisten hingga usia 40 tahun

Mengenal Kareem Abdul-Jabbar, Pebasket Muslim yang Mengguncang NBAKareem Abdul-Jabbar (skysports.com)

Kareem Abdul-Jabbar memulai kariernya pada 1969 dan pensiun pada 1989. Itu artinya Kareem bermain di NBA selama 20 tahun dengan penampilan yang sangat konsisten. Bahkan ia masih masuk All-Star pada musim terakhirnya di usia 42 tahun.

Ketika usia mudanya pada dekade '70-an, Kareem jelas menjadi pemain terbaik di eranya. Kemudian ketika memasuki era '80-an Kareem menjadi tandem yang sempurna bagi Magic Johnson. 

Sepanjang kariernya, Kareem punya catatan 24,6 poin, 11,2 rebound, dan 3,6 assists per game. Bahkan ia masih menjadi pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA dengan 38.387 poin berkat konsistensinya dalam karier yang panjang.

5. Terkenal dengan gerakan skyhook

https://www.youtube.com/embed/OTL8dW6PqPE

Skyhook menjadi salah satu gerakan andalan Kareem yang sangat efektif dalam mencetak poin. Gerakan ini sendiri dilakukan dengan mengayunkan satu tangan hingga melewati kepala lawan. 

Dengan tubuh tinggi serta jangkauan tangannya yang panjang, tak ada satu pemain pun yang bisa menghentikan Kareem. Bahkan, hingga kini tak ada lagi center yang mampu melakukannya sebaik dan sekonsisten Kareem. Skyhook masih menjadi salah satu gerakan yang paling sulit dihentikan di NBA.

6. Catatan prestasi Kareem Abdul-Jabbar

Mengenal Kareem Abdul-Jabbar, Pebasket Muslim yang Mengguncang NBAKareem Abdul-Jabbar menjadi juara NBA bersama LA Lakers. (twitter.com)

Berbicara mengenai prestasi, Kareem punya segudang gelar yang bisa ia banggakan. Kareem merupakan pemilik gelar MVP terbanyak dengan 6 gelar. Ia juga punya 6 cincin juara, 19 kali masuk All-Star, dan 2 kali menjadi Final MVP.

Selain itu, Kareem juga tercatat 2 kali mendapat scoring title, 1 kali rebounding champion, dan 4 kali block leader. Bahkan nomor 33 miliknya kini dipensiunkan oleh Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers. Kareem juga masuk dalam 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa. 

 

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Kareem Abdul-Jabbar. Pemain dengan segala prestasi baik secara tim maupun individu ini memang layak menjadi salah satu legenda NBA. 

Baca Juga: Los Angeles Lakers Gagal Musim Ini, Legenda NBA Bicara

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya