5 Nasib Sial yang Menimpa Charles Leclerc Sepanjang Formula 1 2022

Kembali terulang di GP Prancis

Charles Leclerc kembali mengalami hasil buruk pada Formula 1 GP Prancis. Pembalap asal Monako tersebut mengalami crash ketika memimpin jalannya balapan. Hasil ini membuatnya tertinggal 63 poin dari Max Verstappen yang keluar sebagai pemenang.

Menariknya, ini bukan kali pertama Leclerc mendapat hasil buruk pada saat race. Sebelumnya, ia telah beberapa kali kehilangan poin yang berharga akibat kesalahan maupun masalah mesin. Hal ini tentu saja membuat asa Leclerc untuk meraih gelar juar dunia kian sulit.

1. Melintir saat di Imola

5 Nasib Sial yang Menimpa Charles Leclerc Sepanjang Formula 1 2022Charles Leclerc mengalami spin di GP Emilia Romagna 2022. (formula1.com)

Memasuki seri keempat di GP Emilia Romagna, Charles Leclerc sebetulnya tengah memimpin klasemen pembalap dengan 71 poin. Ia unggul cukup jauh dari posisi kedua yang saat itu ditempati George Russell.

Namun, Leclerc yang mengawali balapan dari posisi kedua mengalami spin menjelang balapan berakhir. Hal itu membuatnya gagal mendapat podium dan harus puas berada di tempat keenam. Padahal, Imola merupakan balapan kandang bagi Ferrari.

2. Mengalami gagal mesin pada GP Spanyol

5 Nasib Sial yang Menimpa Charles Leclerc Sepanjang Formula 1 2022Charles Leclerc gagal finis pada GP Spanyol 2022. (formula1.com)

Charles Leclerc terlihat mendominasi GP Spanyol sejak sesi kualifikasi. Juara dunia Formula 2 2017 tersebut bahkan mencetak pole position. Leclerc juga terlihat mendominasi di awal balapan dengan membuat jarak cukup jauh dari para pesaingnya.

Namun, bencana terjadi pada lap ke-27 ketika mesin Ferrari miliknya mengalami masalah. Hal ini membuat Leclerc harus rela mengakhiri balapan lebih cepat. Ini juga merupakan titik saat Verstappen mengkudeta Leclerc dari puncak klasemen.

Baca Juga: Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!

3. Strategi buruk Ferrari gagalkan kemenangan di GP Monako

5 Nasib Sial yang Menimpa Charles Leclerc Sepanjang Formula 1 2022Charles Leclerc pada GP Monako 2022. (formula1.com)

Charles Leclerc sepertinya akan menghapus kutukan buruknya ketika tampil di GP Monako yang merupakan balapan kandangnya. Leclerc pun menjawabnya dengan raihan pole position di sesi kualifikasi. Awal yang baik di sirkuit yang sangat sulit untuk menyalip seperti Monako.

Ketika balapan berlangsung, hujan membuat para tim harus pintar dalam meracik strategi. Sayang, Ferrari salah dalam perhitungan kedua pembalapnya saat memasuki pit stop. Alhasil, Leclerc pun hanya mampu finis di urutan keempat.

4. Kembali mengalami masalah mesin pada GP Azerbaijan

5 Nasib Sial yang Menimpa Charles Leclerc Sepanjang Formula 1 2022Charles Leclerc terlihat kecewa usai gagal finis di GP Azerbaijan 2022. (formula1.com)

Charles Leclerc tak bisa menyembunyikan rasa kekecewaannya usai gagal menyentuh garis finis pada GP Azerbaijan. Padahal, saat itu ia tengah memimpin jalannya balapan.

Ini merupakan kali kedua Leclerc gagal finis akibat masalah mesin. Kejadian ini juga membuat Leclerc harus start dari urutan ke-19 pada seri selanjutnya di GP Kanada akibat melebihi batas pergantian mesin.

GP Azerbaijan juga menjadi pekan yang buruk bagi Ferrari. Sebelum Leclerc mengalami masalah mesin, Carlos Sainz lebih dulu masuk garasi akibat masalah pada hidraulik mobilnya.

5. Mengalami crash pada GP Prancis

Charles Leclerc sebenarnya tengah berada di jalur yang tepat untuk meraih kemenangan di GP Prancis. Terlebih ia dalam performa yang luar biasa setelah mengasapi Max Verstappen di GP Austria. Namun, semua itu berakhir memasuki lap ke-18 ketika Leclerc mengalami crash. 

"Saya pikir itu hanya kesalahan. Mencoba untuk mengambil terlalu banyak di luar, meletakkan roda mungkin di suatu tempat yang kotor, tapi itu salah saya dan jika saya terus melakukan kesalahan seperti ini maka saya pantas untuk tidak memenangkan kejuaraan," kata Leclerc melansir situs resmi Formula 1.

 

Charles Leclerc telah kehilangan banyak poin pada Formula 1 2022 akibat kesalahan sendiri ataupun masalah pada mobilnya. Hal ini juga membuatnya semakin sulit untuk mengejar Max Verstappen dalam persaingan menuju gelar juara dunia.

Baca Juga: Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara Dunia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya