Comscore Tracker

5 Nomor Punggung Ini Paling Banyak Digunakan oleh Bintang NBA

Nomor berapa saja?

Dalam sejarah NBA telah banyak nomor yang dipensiunkan oleh beberapa tim. Hal ini bertujuan untuk menghormati apa yang telah dilakukan sang pemain selama berkarier bagi tim tersebut. Hal ini membuat pemain lain tak boleh memakai nomor itu lagi.

Namun, ada beberapa nomor punggung yang cukup legendaris karena dipakai oleh banyak pemain hebat. Mereka pun menjadi identik dengan nomor tersebut. Penasaran nomor berapa saja, berikut daftarnya.

1. Nomor 32

5 Nomor Punggung Ini Paling Banyak Digunakan oleh Bintang NBAMagic Johnson (thegamehaus.com)

Nomor 32 telah banyak dipensiunkan oleh banyak tim NBA, sebut saja Portland Trail Blazers, Utah Jazz, Philadelphia 76ers, Los Angeles Lakers, Boston Celtics, dan Detroit Pistons. Tentunya nomor ini dipakai oleh para legenda mereka.

Pemain paling terkenal yang memakai nomor ini adalah Magic Johnson. Legenda Lakers ini telah memenangkan tiga MVP dan lima cincin NBA. Selain itu ada bintang Utah Jazz, Karl Malone yang sukses masuk all star sebanyak 14 kali.

Peraih MVP lain yang pernah menggunakan nomor ini sebut saja, Bill Walton, Kevin Mchale, Charles Barkley, hingga Shaquille O'Neal. Mereka semua mempunyai pencapaian luar biasa bagi timnya masing-masing.

2. Nomor 33

5 Nomor Punggung Ini Paling Banyak Digunakan oleh Bintang NBALarry Bird (theathletic.co.uk)

Nomor legendaris selanjutnya adalah 33, bagaimana tidak tercatat delapan tim telah memensiunkan nomor ini. Bahkan, Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers melakukannya untuk orang yang sama, yakni Kareem Abdul-Jabbar.

Peraih tiga kali MVP dan gelar NBA untuk Boston Celtics, Larry Bird memakai nomor ini sepanjang kariernya. Selain itu ada legenda New York Knicks, Patrick Ewing dan bintang Chicago Bulls, Scottie Pippen yang juga identik dengan nomor 33.

Baca Juga: 9 Julukan Terbaik yang Diberikan bagi Pemain NBA, Artinya Bikin Takjub

3. Nomor 21

5 Nomor Punggung Ini Paling Banyak Digunakan oleh Bintang NBATim Duncan dan Kevin Garnett (medium.com)

Jika berbicara mengenai nomor 21 pasti langsung terpikir dua power forward hebat, Tim Duncan dan Kevin Garnett. Duncan sendiri merupakan legenda San Antonio Spurs yang telah mempersembahkan lima gelar NBA bagi timnya serta tambahan dua MVP.

Sedangkan Garnett merupakan pemain andalan Minnesota Timberwolves ketika meraih gelar MVP di tahun 2004, sebelum meraih cincin NBA bersama Boston Celtics pada tahun 2008. Pemain hebat lain yang pernah memakai nomor ini adalah Dominique Wilkins, ia merupakan pencetak angka ulung bagi Atlanta Hawks.

4. Nomor 34

5 Nomor Punggung Ini Paling Banyak Digunakan oleh Bintang NBAHakeem Olajuwon dan Charles Barkley (theundefeated.com)

Nomor 34 banyak dipakai oleh para big man hebat, sebut saja Shaquille O'Neal yang memakai nomor ini ketika ia mempersembahkan tiga gelar beruntun bagi Los Angeles Lakers. Nama lain adalah Hakeem Olajuwon yang membuat Houston Rockets meraih dua titel NBA.

Selain mereka ada nama Charles Barkley, ia merupakan peraih MVP tahun 1993 sekaligus membawa Phoenix Suns mencapai babak final NBA di tahun yang sama. Bintang Milwaukee Bucks saat ini, Giannis Antetokounmpo juga memakai nomor 34.

5. Nomor 23

5 Nomor Punggung Ini Paling Banyak Digunakan oleh Bintang NBAMichael Jordan (parlons-basket.com)

Dari sekian banyak nomor, mungkin 23 adalah yang paling legendaris. Sebab nomor ini dipakai oleh dua orang yang sering disebut sebagai The Greatest of All Time, Michael Jordan dan LeBron James. Mereka berdua merupakan pemain terbaik pada era mereka masing-masing.

Jordan sendiri sukses mendominasi era '90-an dengan memenangkan enam gelar dan meraih lima kali MVP serta sepuluh scoring title. LeBron pun tak kalah hebat dengan empat gelar NBA dan MVP membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik NBA sepanjang sejarah.

 

Mungkin nomor hanyalah sebuah angka, namun bagi beberapa pemain tadi itu juga merupakan identitas bagi mereka. Dipensiunkannya nomor tersebut oleh beberapa tim juga menunjukkan betapa mereka telah memberikan banyak prestasi bagi timnya.

Baca Juga: Masih Muda, 7 Pebasket NBA Ini Siap Menjadi Bintang Masa Depan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya