Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson Kembali

Thompson diprediksi bermain pada Desember 2021

Klay Thompson telah absen membela Golden State Warriors dalam dua musim terakhir akibat cedera achilles. Namun, kabar baik datang ketika Thompson kembali menjalani latihan penuh.

Hal ini tentunya membuat asa Warriors merebut gelar juara makin terbuka. Apalagi kini mereka tengah berada di papan atas Wilayah Barat. Stephen Curry, jagoan Warriors, juga menampilkan permainan terbaiknya, sehingga dijagokan meraih gelar MVP musim ini.

1. Klay Thompson absen sejak NBA Finals 2019

Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson KembaliKlay Thompson mengalami cedera pada NBA Finals game 6 melawan Toronto Raptors. (skysports.com)

Klay Thompson terakhir kali tampil pada final NBA 2019 melawan Toronto Raptors. Kala itu, cederanya Thompson dan Kevin Durant membuat peluang Warriors meraih juara sirna seketika. Padahal Warriors merupakan pemuncak Wilayah Barat dan melaju mulus ketika memasuki babak playoff.

Momen heroik sempat diperlihatkan Thompson ketika dirinya kembali ke lapangan untuk melakukan tembakan free throw setelah terkena cedera. Namun, tembakan terakhir Thompson tersebut tak mampu menggagalkan Raptors yang akhirnya meraih gelar juara NBA pertama mereka.

Performa Thompson sendiri pada laga final tersebut bisa dibilang cukup baik. Ia menjadi pencetak angka terbanyak kedua di belakang Curry dengan 26 poin per game. Sepanjang musim reguler, ia juga mampu menciptakan 21 poin per game. Maka, tak heran Warriors begitu kehilangan sosok Thompson.

2. Golden State Warriors sempat mengalami performa buruk setelah absennya Klay Thompson

Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson KembaliDuet Stephen Curry dan Klay Thompson dikenal sebagai The Splash Brothers di NBA. (skysports.com)

Cedera Klay Thompson rupanya cukup parah sehingga membuatnya absen dua musim penuh. Hal ini membuat kondisi Warriors cukup sulit. Apalagi Kevin Durant, yang menjadi salah satu mesin poin, pergi ke Brooklyn Nets. Sementara, Stephen Curry sempat mengalami cedera. Alhasil, Warriors harus rela menjadi juru kunci Wilayah Barat dengan hanya meraih 15 kemenangan.

Semusim berselang, performa mereka lebih baik, tetapi tetap saja gagal melaju ke babak playoff. Padahal Stephen Curry tampil begitu gemilang dan sempat menjadi kandidat peraih MVP setelah mencatatkan 32 poin per game. Sayangnya, ia harus kehilangan salah satu rekan terbaiknya, Klay Thompson.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

3. Klay Thompson merupakan salah satu two-way player terbaik saat ini

Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson KembaliKlay Thompson tengah menjaga LeBron James di NBA. (sportsmanor.com)

Tanpa Klay Thompson, Warriors bisa saja tak mampu melangkah ke partai final dalam lima musim beruntun. Pada 2014/2015, yang merupakan kali pertama mereka menjadi juara, Thompson mampu mencetak 21,7 poin per game. Setelah itu, ia selalu membuat rata-rata di atas 20 poin sebelum mengalami cedera.

Tak hanya soal mencetak angka, Thompson juga sering disebut sebagai two-way player terbaik di posisi shooting guard. Pada musim terakhirnya sebelum cedera, ia mencatatkan rata-rata 1,1 steal dan 0,6 blok. Hal itu membuat namanya masuk dalam All-Defensive Second Team.

4. Klay Thompson didaftarkan ke Santa Cruz Warriors yang bermain di G-League

Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson KembaliKlay Thompson mulai kembali berlatih. (marca.com)

Dilansir CBS Sports, Warriors mendaftarkan Klay Thompson dan James Wiseman ke Santa Cruz Warriors di G League. Mereka ingin Thompson dan Wiseman berlatih penuh bersama tim satelit. Apalagi Thompson sudah tak bermain selama dua musim penuh.

Dilansir NBC Sports, Manajer Umum Golden State Warriors, Bob Myers, mengatakan bahwa Thompson akan kembali tampil di NBA pada Desember nanti. Menurut Myers, kecintaan Thompson kepada basket merupakan salah satu hal yang memotivasinya bisa tampil lagi di lapangan.

Namun, itu juga tergantung dari bagaimana perkembangan cedera yang dialaminya. Jika mereka memaksa Thompson untuk bermain dalam kondisi yang belum fit sepenuhnya, bukan tak mungkin cederanya akan bertambah parah. Itu bisa saja mengakhiri kariernya sebagai pemain basket. Maka dari itu, Warriors harus menunggu waktu yang tepat untuk memainkannya.

5. Warriors diharapkan kembali ke jalur juara ketika Thompson comeback

Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson KembaliKlay Thompson melakukan selebrasi usai mencetak angka. (skysports.com)

Seperti kebanyakan pemain hebat yang mengalami cedera parah, kita tak tahu apakah Klay Thompson akan bisa kembali ke performa terbaiknya seperti sebelum terkena cedera. Kita telah melihat para pemain top seperti Derrick Rose dan Penny Hardaway yang kariernya menurun setelah dilanda cedera.

Namun, jika Klay Thompson mampu mempertahankan permainan terbaiknya, bukan tak mungkin asa Warriors kembali merebut cincin juara makin terbuka. Apalagi musim ini mereka tengah dalam performa yang begitu impresif. Jika Warriors mampu menjaga performa ini ketika Thompson kembali, mereka akan menjadi salah satu tim paling menakutkan di NBA.

Kita memang masih belum tahu kapan pastinya Klay Thompson kembali ke lapangan. Setidaknya, jika ia kembali, itu merupakan sebuah kabar positif bagi pendukung Warriors yang ingin menyaksikan tim kesayangannya merengkuh titel juara.

Baca Juga: Robbie Hummel, Komentator yang Melejitkan Amerika Serikat di Dunia 3x3

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya